Ciri-ciri Kreatif dan Pro aktif


Admin jebidal.com pada kesempatan kali ini akan mencoba membahas tentang Ciri-ciri Kreatif dan Pro aktif

Silahkan langsung Copypaste saja, tetapi baiknya di teliti dulu barang kali ada yang salah ketik baik judul maupun isi postingan Ciri-ciri Kreatif dan Pro aktif, jika sudah yakin silahkan dipergunakan sebagaimana mestinya, jika anda beruntung ada link downloadnya, jangan ragu dan bimbang lansung download saja, semoga blog ini memberi manfaat.

Alangkah baiknya Anda membaca dengan teliti, supaya apa apa yang ada di blog ini bisa bermanfaat, jika hasil dari postingan di blog ini kurang memuaskan, silahkan cari di kotak pencarian [Search Here] atau [Search], kalau tidak salah admin taro di bawah artikel postingan [untuk view handphone/ smartphone atau sejenisnya] dan bagian samping kanan [untuk view via destop/ PC/ Laptop dan sejenisnya], dan semoga hasil dari pencarian blog ini dapat mempermudah Anda dalam menjelajah isi blog jebidal.com ini. selamat berselancar.

Postingan Lainnya yang berhubungan dengan Ciri-ciri Kreatif dan Pro aktif

  • Pengertian Masyarakat dan Ciri-Ciri Masyarakat, Lengkap!
  • Pengertian Cerpen, Struktur Cerpen, Ciri-Ciri Cerpen, Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Cerpen
  • semoga dengan mengunjungi jebidal.com, anda mendapatkan informasi menarik dan dapat bermanfaat bagi anda, dalam situs jebidal.com menitik beratkan pembahasan yang berkaitan dengan pendidikasn, seperti makalah, materi pelajaran, contoh soal ujian dengan jawabannya, contoh skripsi, contoh tesis, dan info menarik serta unik lainnya. Anda sedang membaca postingan yang berjudul Ciri-ciri Kreatif dan Pro aktif
    Admin jebidal.com juga mempermudah pengunjung untuk mendapatkan manfaat dari blog jebidal.com, silahkan jelajahi setiap sudut dari blog ini, semoga menemukan yang Anda cari. Selamat menelusuri blog ini. Anda sedang membaca postingan yang berjudul Ciri-ciri Kreatif dan Pro aktif.

    Jika Anda ingin mendapatkan update dari blog jebidal.com, silahkan follow twitter @jebidal, ini link langsungnya @jebidal
    Jika Anda lebih suka mainan facebook jangan ragu untuk like fan page jebidal.com ini link langsungnya Jebidal.com on Facebook
    dan jika Anda lebih betah menggunakan akun Gplus Anda, jebidal.com juga punya silahkan follow saja, ini link langsungnya jebidal.com on Gplus

    Mari Kita simak lebih detailnya tentang Ciri-ciri Kreatif dan Pro aktif

    Ciri-ciri Kreatif dan Pro aktif

    Ciri-ciri Kreatif dan Pro aktif,pengertian proaktif,contoh sikap proaktif,pengertian proaktif dan reaktif,contoh sikap proaktif dalam kehidupan sehari-hari,proaktif adalah wikipedia,pengertian proaktif dan contohnya,proaktif kbbi,sikap dan perilaku proaktif

    Contoh Soal PKn dan jawabannya

    Dari artinya sendiri reaktif adalah sifat cenderung, tanggap, atau segera bereaksi thd sesuatu yg timbul atau muncul. Sikap reaktif adalah sikap seseorang yang gagal membuat pilihan respon ketika mendapatkan rangsangan (stimulus).

    Yang gampang contohnya adalah, bila seseorang selalu menjadi marah kalau dihina, maka orang tersebut dikatakan “reaktif” karena selalu memberikan tanggapan (respon) yang sama terhadap suatu rangsangan (stimulus).

    Kunci Jawaban Soal PKN Halaman 101

    Binatang secara umum adalah makhluk yang reaktif. Bila Anda pukul, reaksinya hanya dua, takut atau marah. Suatu tanggapan yang mudah diduga sebelumnya. Itu contoh gampangnya ya, ga usah jadi ribut kalo gw pake contohnya binatang. Kalo pake contoh manusia yang ada tar ada yang ngerasa tersinggung lagi.*peace, saya cinta damai*
    Lagi2 nanti gw akan pakai contoh binatang dan manusia ya. Jadi tolong sekali lagi ini ga ditujukan untuk siapa2, kalo ada yang ngerasa ya maaf, sekedar buat warning aja buat gw supaya segala sesuatu bisa dihadapi dengan sikap PROAKTIF.

    Proaktif bertolak belakang dengan reaktif. Bila reaktif tidak mampu memilih respon atau tanggapan, bersikap langsung menyerang tanpa pikir panjang,  maka proaktif adalah kemampuan seseorang untuk memilih respon. Sikap proaktif adalah sikap seseorang yang mampu membuat pilihan dikala mendapatkan rangsangan (stimulus).

    Kunci Jawaban Soal PKN Halaman 105

    Bila dibandingkan dengan binatang yang senantiasa reaktif, manusia bisa bersikap proaktif. Misalnya saat dipukul binatang akan memberi reaksi dengan lari karena takut atau balas menyerang karena marah. Misalnya anjing, kalo kita lewat bawa kayu panjang otomatis anjing itu lari karna takut dipukul, atau macan yang ga ada takutnya langsung bersikap nyerang kita, diliatnya kita sebagai mangsa.

    Kunci Jawaban Soal PKN Kelas 12 Halaman 75

    Manusia berbeda, saat dipukul rekasinya bisa lebih beragam, ada yang diam berpikir kenapa nih orang ko tiba2 mukul gw?sambil mikirin tindakan apa yang harus diambil, atau justru tersenyum dan mengatakan, “ah elo, coba sekali lagi”  (kata cowok kepada cewek pacarnya) atau bisa berlagak pura-pura tidak tahu (karena tidak ingin menimbulkan pertengkaran). Manusia punya kendali untuk memilih respon terhadap stimulus tertentu, itulah kenapa manusai makhluk paling istimewa dibandingkan ciptaan Tuhan lainnya. Inilah yang disebut sikap proaktif.

    Sikap proaktif sangat berguna bagi manusia terutama dalam menghadapi rintangan maupun dalam berinteraksi dengan manusia lain. Sikap proaktif menunjukkan tingkat kecerdasan emosi (EQ) yang tinggi. Seseorang bisa bertahan saat menghadapi musibah, bisa menumbuhkan motivasi saat kondisi tidak menyenangkan, juga bisa memberikan respon positif yang disesuaikan dengan situasi, semua itu merupakan sikap proaktif yang menunjukkan pengelolaan emosi secara baik.

    Kunci Jawaban Soal PKN Halaman 72

    Jadilah Proaktif

    Jadilah proaktif merupakan prinsip visi pribadi. Saat ini kata proaktif umum digunakan de-ngan pengertian inisiatif. Kata PROAKTIF yang dimaksudkan dalam 7 kebiasaan manusia yang sangat efektif lebih dari inisiatif. Proaktif yang dimaksud disini adalah sebagai manusia kita bertanggung jawab atas hidup kita sendiri, sikap kita merupakan keputusan yang kita pilih berdasarkan nilai-nilai yang kita anut tidak dipengaruhi oleh kondisi, perasaan atau lingkungan kita.

    Ciri-ciri Manusia Proaktif :

    1. Merespon sesuai dengan nilai-nilai yang dianut
    2. Menerima tanggung jawab atas perilakunya
    3. Berfokus dalam lingkaran pengaruh mereka

    Ada beberapa hal yang akan kita kenal dalam kebiasaan yang satu ini.

    PERILAKU REAKTIF

    Orang-orang yang reaktif membiarkan pengaruh-pengaruh luar (suasana hati, perasaan, situasi yang ada) mengendalikan respon- respon mereka.

    Determinisme Genetis

    Determinisme genetis mengatakan bahwa kakek, nenek atau nenek moyang adalah yang berbuat begitu kepada Anda sehingga Anda mempunyai sifat seperti ini. Misalnya nenek mo-yang Anda pemarah, sifat ini diturunkan dari generasi ke gene-rasi, dan diwariskan kepada An- da. Apabila Anda menghadapi masalah, Anda selalu menjadi pemarah karena Anda merasa “dari sananya” saya pemarah.

    Determinisme Psikis

    Determinisme psikis mengatakan orangtua Andalah yang berbuat begitu kepada Anda. Pendidikan dan pengasuhan selama masa kanak-kanak mem- bentuk kecenderungan pribadi dan karakter Anda. Pengalaman masa kanak-kanak tertanam da-lam alam bawah sadar Anda. Apabila yang tertanam merupakan hal-hal buruk maka hal ini akan berpengaruh pada masa dewasa, dan dalam mengha-dapi masalah yang berhubung- an dengan hal tersebut maka Anda akan berkata orang tua saya mendidik saya seperti itu.

    Determinisme Lingkungan

    Determinisme mengatakan atasan Anda, pasangan Anda, anak-anak Anda, situasi ekono-mi, yang membuat Anda se- perti saat ini. Anda merasa tidak bertanggung jawab terhadap hal-hal yang terjadi karena lingkungan Anda.

    Kunci Jawaban Soal PKN Halaman 98 Kelas 12

    PERILAKU PROAKTIF

    Manusia proaktif menggunakan ruang kebebasan yang dimilikinya untuk membuat pilihan-pilihan yang paling sesuai dengan nilai-nilai yang dianutnya dan bertanggung jawab atas pilihannya.

    Dalam ruang kebebasan itu manusia proaktif berpikir menggunakan 4 anugerah manusiawi. Mengapa manusiawi? Oleh karena 4 anugerah ini hanya di- berikan Tuhan kepada manusia, tidak kepada hewan atau ma-khluk hidup lainnya.

    Kunci Jawaban PKN Halaman 77 Kelas 12

    ANUGERAH MANUSIAWI

    Kesadaran Diri

    Memungkinkan kita memisahkan diri dan memeriksa cara kita “melihat” diri sendiri. Hal ini mempengaruhi sikap dan pe-rilaku kita juga mempengaruhi bagaimana kita melihat orang lain.

    Imajinasi

    Kemampuan untuk membayangkan hal-hal diluar pengalaman maupun realitas yang ada.

    Hati Nurani atau Suara Hati

    Kesadaran batin tentang hal benar dan hal salah, tentang prin- sip-prinsip yang kita yakini dan tindakan yang selaras dengan prinsip tersebut.

    KEHENDAK BEBAS

    Kemampuan bertindak berdasarkan kesadaran diri, bebas dari pengaruh luar.

    Ciri ketiga dari manusia proaktif adalah berfokus pada

    LINGKARAN PENGARUH,

    apabila kita membahas lingkaran pengaruh maka kitapun akan membahas lingkaran ke-pedulian, karena keduanya tidak dapat dipisahkan.

    Kunci Jawaban PKN Halaman 206 Kelas 12

    Lingkaran Kepedulian

    Hal-hal yang berada diluar diri kita yang tidak dapat kita kontrol misalnya kondisi eko-nomi saat ini, bahaya alam (angin topan La Nina), utang negara, situasi politik.

    Lingkaran Pengaruh

    Hal-hal yang dapat kita kontrol, hal-hal yang kita dapat lakukan sesuatu terhadapnya. Manusia proaktif berfokus pada lingkaran pengaruh, me-reka melakukan hal-hal yang terhadapnya mereka dapat ber- buat sesuatu. Sifat energinya adalah positif, yang mengakibatkan lingkaran pengaruh mereka meningkat.

    Manusia yang reaktif berpusat pada lingkaran kepedulian dengan mengatakan:

    “Seandainya saja saya mempunyai atasan yang penuh pengertian …” “Seandainya saja saya mempunyai harta yang lebih banyak …” “Seandainya saja saya mempunyai istri yang lebih bijaksana …” “Seandainya saja saya mempunyai lebih banyak waktu …” Banyak angan-angan disana tetapi tidak melakukan sesuatu, dipenuhi oleh mimpi namun tidak berusaha mewujudkan mimpi.Manusia proaktif berpusat pada lingkaran pengaruh, dipe-nuhi dengan MENJADI. Saya dapat menjadi lebih sabar, menjadi bijaksana, menjadi penuh kasih, menjadi pendengar yang baik. Manusia proaktif tidak hanya berangan-angan atau peduli terhadap sesuatu tetapi melakukannya dan mewujudkannya, berusaha MENJADI diperlukan inisiatif dan keinginan yang kuat.

    Kunci Jawaban PKN Halaman 155 Kelas 12

    Jadilah proaktif adalah perubahan dari dalam keluar, untuk menjadi berbeda dan dengan menjadi berbeda dapat mengadakan perubahan se-hingga saya dapat menjadi lebih rajin, saya menjadi lebih kreatif, saya menjadi lebih dapat bekerja sama.

    Proaktif, ada ruang untuk berpikir dan memilih respon setelah stimulus datang. Akan tetapi walaupun kita bebas untuk memilih tindakan kita, kita tidak bebas untuk memilih konsekuensi dari tindakan itu, karena konsekuensi diatur oleh hukum alam.

    SKRIPSI IMPROVING STUDENTS READING SKILL

    Kon- sekuensi berada dalam lingkaran kepedulian. Oleh karena itu hiduplah selaras dengan prinsip agar membawa konsekuensi positif, melanggar prinsip akan menghasilkan konskuensi negatif. Sekali lagi manusia proaktif bertanggung jawab atas pilihannya, apabila yang dipilih berakibat negatif/kesalahan maka akuilah dan belajar darinya karena “Keberhasilan berada pada ujung lain dari kegagalan”

    arti dan makna lambang IBI

    So, bisa di simpulkan sebagai berikut;

    Ciri Kreatif:
    • Mampu menghasilkan ide yang banyak dalam waktu yang singkat
    • Mampu menghubungkan dan menggabungkan ide yang berbeda menjadi ide yang utuh
    • Mampu mengembangkan hal sederhana menjadi sesuatu yang lengkap
    • Mampu bekerja secara detail dan kompleks
    • Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi
    • Berani mengambil risiko
    • cepat tanggap dan mandiri
    • Suka mencari ide-ide tang unik

    Ciri Pro aktif:

    • Mampumengabil inisiatif yang diyakini kebenarannya
    • Mampu mengenali berbagai hal yang mempengaruhi pekerjaan atau organisai, baik yang bersifat intern maupun ekstern
    • Mampu memberikan reaksi positif terhadap masalah yang diambil

    *) Diambil dari Berbagai sumber bacaan

    Other articles you might like;

    Postingan Lainnya;


Terimakasih sudah membaca postingan yang berjudul
Semoga isi dari postingan blog ini bisa bermanfaat, sekali lagi admin jebidal.com ucapkan terima kasih atas kunjungan Anda. Jangan sungkan dan jangan ragu untuk membagikan isi dari blog ini. Silahkan Share Postingan yang membahas tentang Ciri-ciri Kreatif dan Pro aktif

cari di kotak pencarian ini