contoh metode scamper


Admin jebidal.com pada kesempatan kali ini akan mencoba membahas tentang contoh metode scamper

Silahkan langsung Copypaste saja, tetapi baiknya di teliti dulu barang kali ada yang salah ketik baik judul maupun isi postingan contoh metode scamper, jika sudah yakin silahkan dipergunakan sebagaimana mestinya, jika anda beruntung ada link downloadnya, jangan ragu dan bimbang lansung download saja, semoga blog ini memberi manfaat.

Alangkah baiknya Anda membaca dengan teliti, supaya apa apa yang ada di blog ini bisa bermanfaat, jika hasil dari postingan di blog ini kurang memuaskan, silahkan cari di kotak pencarian [Search Here] atau [Search], kalau tidak salah admin taro di bawah artikel postingan [untuk view handphone/ smartphone atau sejenisnya] dan bagian samping kanan [untuk view via destop/ PC/ Laptop dan sejenisnya], dan semoga hasil dari pencarian blog ini dapat mempermudah Anda dalam menjelajah isi blog jebidal.com ini. selamat berselancar.

Postingan Lainnya yang berhubungan dengan contoh metode scamper

  • Kelemahan Matematika Tradisional
  • Metode Dakwah Pembahasan
  • Metode Dakwah – Kata Pengantar
  • Metode Dakwah – Cover
  • Metode Pengembangan Ide
  • semoga dengan mengunjungi jebidal.com, anda mendapatkan informasi menarik dan dapat bermanfaat bagi anda, dalam situs jebidal.com menitik beratkan pembahasan yang berkaitan dengan pendidikasn, seperti makalah, materi pelajaran, contoh soal ujian dengan jawabannya, contoh skripsi, contoh tesis, dan info menarik serta unik lainnya. Anda sedang membaca postingan yang berjudul contoh metode scamper
    Admin jebidal.com juga mempermudah pengunjung untuk mendapatkan manfaat dari blog jebidal.com, silahkan jelajahi setiap sudut dari blog ini, semoga menemukan yang Anda cari. Selamat menelusuri blog ini. Anda sedang membaca postingan yang berjudul contoh metode scamper.

    Jika Anda ingin mendapatkan update dari blog jebidal.com, silahkan follow twitter @jebidal, ini link langsungnya @jebidal
    Jika Anda lebih suka mainan facebook jangan ragu untuk like fan page jebidal.com ini link langsungnya Jebidal.com on Facebook
    dan jika Anda lebih betah menggunakan akun Gplus Anda, jebidal.com juga punya silahkan follow saja, ini link langsungnya jebidal.com on Gplus

    Mari Kita simak lebih detailnya tentang contoh metode scamper

    contoh metode scamper,contoh produk scamper,contoh model scamper,contoh teknik scamper,penjelasan scamper,metode scamper adalah,contoh metode penelitian makalah,contoh metode penelitian kuantitatif,contoh metode penelitian skripsi

    contoh metode scamper

    SCAMPER?
    Apa itu?
    SCAMPER merupakan sebuah metode yang bisa digunakan untuk mengembangkan ide yang luar biasa jenius yang terdiri dari akronim setiap huruf yang menggambarkan cara berbeda dari yang sudah dalam berinovasi. SCAMPER antara lain sebagai berikut :
    ·         S = Subtitute (Mengganti)
    ·         C = Combine(Menkombinasikan)
    ·         A = Adapt (Mengdaptasi)
    ·         M = Magnify (Memperbesar)
    ·         P = Put to Other Uses (Meletakkan ke Fungsi Lain)
    ·         E = Eliminate (Menghilangkan atau Mengecilkan)
    ·         R = Rearrange/Reverse (Mengatur ulang)
    Disini saya akan  menjelaskan satu per satu lengkap beserta contohnya agar lebih mudah dimengerti. Dalam artikel ini saya memakai perusahaan Apple sebagai contoh.
    Substitute
    Kita mencari pengganti dari suatu hal yang tidak dapat dicapai  atau mencari cara baru yang belum pernah ada tapi memiliki hasil yang sama bila menggunakan cara yang lama. Sesuatu tersebut bisa menyangkut komponen untuk membuatnya ,kegunaannya ,proses pembuatannya , dan lain-lain . What can you substitute? What can be used instead?
    “Instead of … I can …”

     

    Dalam kasus Apple, mereka mengenalkan produk Magic Trackpad yang dapat menggantikan fungsi Mouse yang sudah sangat umum dipakai. Trackpad yang biasanya hanya digunakan pada laptop, sekarang bisa digunakan pada komputer desktop. Alat ini terhubung dengan MacBook Pro (komputer desktop Apple) menggunakan teknologi bluetooth. Perangkat ini bekerja menggunakan tenaga dua baterai AA.
    Intinya, produk dari Apple ini bisa mempermudah aktivitas dari yang susah menjadi lebih mudah. Contoh lain, dulu kita mendengarkan musik masih menggunakan CD atau kaset, sekarang setelah Apple mengeluarkan iPod , kita tidak perlu repot membawa CD atau kaset, mempermudah bukan?
    Combine
    Kita  mengkombinasikan dua atau lebih hal menjadi suatu kesatuan yang memiliki nilai lebih bila digabungkan daripada secara terpisah. Atau dengan kata lain menggabung dua hal yang berbeda menjadi sesuatu yang baru. What can you combine or bring together somehow?
    “I can bring together … and … to …”
    Contoh dalam Apple adalah iTunes. Apple mengkombinasikan fungsi music player dan downloader lagu-lagu. Sehingga user tidak perlu bekerja dua kali untuk mencari lagu yang dicari di internet dan di download, lalu dimasukkan ke library aplikasi music player. iTunes memberikan memberikan kenyamanan bagi user. Terlebih lagi lagu-lagu yang ada di iTunes adalah asli dan bukan bajakan.
    Adapt
    Kita mengadaptasi, menyadur atau menyesuaikan suatu fungsi dengan kebutuhan dan kondisi  kita. Hal ini bisa dilakukan dengan mempelajari keunggulan pesaing dan mencermati keadaan global kemudian diterapkan pada produk. What can you adapt for use as a solution? What else is like this?
    “I can adapt … in this way … to …”
    Dalam produk iPad, terdapat aplikasi iBook. Aplikasi ini mengadaptasi buku secara fisik sebagai media baca menjadi data yang bisa disimpan di iPad dan bisa dibaca layaknya membca sebuah buku.
    Produk yang dikeluarkan Apple selalu mengadaptasi dari setiap aktivitas manusia. Contohnya untuk para pecinta olahraga, Apple menciptakan software yang dapat membantu kita dalam olahraga, terutama olahraga lari. Dalam hal ini, Apple juga bekerja sama dengan perusahaan Nike.
                                                                                                         
    Modify
    Kita memodifikasi sesuatu menjadi baru dan lebih bermanfaat , atau menjadikan sesuatu tersebut berbeda dengan sebelumnya. Can you change the item in some way? Change meaning, colour, motion, sound, smell, form, shape?
    “I can change … in this way … to …”

     

     

    Apple selalu memodifikasi produk iPod nya agar dapat dinikmati oleh berbagai kalangan. Beberapa modifikasi pada umumnya adalah merubah ukuran atau penggunaan teknologi touchscreen yang kemudian berpengaruh pada perbedaan harga. Hingga akhirnya Apple memiliki beberapa versi produk iPod : iPod nano, iPod shuffle, iPod touch, dan iPod classic. Yang paling jelas terlihat dari produk Apple adalah modifikasi iPod menjadi iPod Touch, teknologi baru dengan layar sentuh (touch screen)
    Put to other use
    Kita menerapkan suatu fungsi yang dimiliki terhadap fungsi lain. Bisakah suatu hal/produk digunakan untuk kegunaan lain?
    “I can re-use … in this way …  by …”

     

    Seperti produsen telepon genggam lainnya, Apple menggunakan aplikasi telefon dan kamera menjadi video call.  Aplikasi kamera dikembangkan yang akhirnya bisa digunakan sebagai fungsi video call.
    Contoh lain yakni iPod, sebenarnya targeting brand Apple yang satu ini adalah para pencinta musik. Namun ternyata tidak hanya para pecinta musik saja yang membeli produk Apple ini. Karena adanya iPod touch, sebuah produk yang dihadirkan inovasi baru, dimana pengguna tidak hanya sekedar mendengar musik saja, tapi juga disediakan banyak aplikasi menarik, baik itu games, news, software editing dan aplikasi-aplikasi lainnya.
    Elliminate
    Kita mengeliminasi hal-hal yang kurang efektif atau kurang dibutuhkan menjadi lebih sederhana atau justru menghilangkan fungsi tersebut sehingga menjadi lebih maksimal dalam menggunakan suatu fungsi.
    “I can eliminate … by …”

     

    Apple sekarang mengeluarkan produk Time Capsule, suatu device sebagai media back up semua data yang ada di Mac kita. Time Capsule ini bekerja menggunakan teknologi wireless dan secara otomatis. Jadi kita tidak perlu mem-back up data kita sendiri. Cukup dengan ada Time Capsule, kita dipermudah untuk memback up data dan tidak perlu khawatir kalau data yang di Mac akan hilang atau terhapus. Device ini mengeliminasi kerumitan dan waktu yang terbuang yang harus dilakukan setiap pengguna notebook untuk membackup datanya.
    Rearrrange
    Kita merubah susunan komponen, urutan pengerjaan, atau apapun untuk memperoleh fungsi yang diinginkan.
    “I can rearrange … like this … such that …”
    Apple melakukan re-arrange iPod classic yang bentuknya kecil  menjadi iPod touch dengan sisi layar yang lebih lebar dan ditambah dengan berbagai fitur tambahan. Dengan fitur /aplikasi yang dimiliki oleh iPod ataupun produk Apple lainnya, dapat merubah sesuatu yang tadinya ribet dan susah menjadi mudah dan simple.
    Nah itulah sedikit penjelasan mengenai metode SCAMPER . Semoga dengan ini bisa membantu kalian untuk lebih mampu mengolah ide dan kreatifitas yang ada ,
    contoh metode scamper,contoh produk scamper,contoh model scamper,contoh teknik scamper,penjelasan scamper,metode scamper adalah,contoh metode penelitian makalah,contoh metode penelitian kuantitatif,contoh metode penelitian skripsi

    Other articles you might like;

    Postingan Lainnya;


Terimakasih sudah membaca postingan yang berjudul
Semoga isi dari postingan blog ini bisa bermanfaat, sekali lagi admin jebidal.com ucapkan terima kasih atas kunjungan Anda. Jangan sungkan dan jangan ragu untuk membagikan isi dari blog ini. Silahkan Share Postingan yang membahas tentang contoh metode scamper

cari di kotak pencarian ini