Dinul Islam



Dinul islam

 

Kata “dinul islam” berasal dari bahasa arab : د ين dan ا لا سلام.yang mengandung 2 makna, yaitu

a.Secara Etimologi/lugoh adalah selamat/sejahtera dan menyerahkan diri/patuh.

b.Secara istilah/terminologi adalah Agama yang berasal dari allah yang di bawa oleh nabi Muhammad SAW,untuk di sampaikan kepada seluruh umat manusia agar memperoleh kebahagiaan di dunia dan akhirat.Dasarv pengertian ini sesuai dengan Firman Allah SWT :

ان الد ين ءند الله الا سلا م
“Sesungguhnya agama (yang diridhoi) Allah adalah agam Islam”(Qs Alimran :19).juga hadist Nabi :

(من ير د الله به خيرا يفقهه فى الد ين (البخا رى
“Barang siapa yang dikehendaki Allah menjadi orang yang baik maka allah memberikan kepadanya kefahaman Agama” (HR Bukhori).

1. Islam sebagai agama Wahyu (samawi).

Maksudnya adalah Agama islam itu merupakan agama yang berasal dari allah swt yang diwahyukan pada Nabinya Muhammad Rosulalloh, untuk disampaikan pada seluruh umat manusia.Dalam perbandingan agama,islam adalah agama samawi yang berasal dari Allah swt,bukannya berasal dari hasil pemikiran manusia (agama thabiat atau agama alam ).Adapun wahyu Allah yang diterima dan diturunkan kepada nabi Muhammad SAW adalah berupa Al-Qur’an al-kariim,yang artinya Bacaan yang mulia.

Kitab inilah yang menjadi sumber ajaran-ajaran agama islam yang mencakup segala aspek kehidupan manusia,baik di dunia maupun di akhirat,yang selalu sesuai terhadap keadaan serta tempat mulai dari diturunan sampai hari kiamat.Karena di dalamnya juga mengandung nilai-nilai yang sejalan dengan fitrah manusia,jika diibaratkan Al-Qur’an adalah seperti sebuah buku panduan barang, yang didalamnya terdapat suatu rangkaian,mulai dari diciptakannya barang itu dengan penjelasan kekurangan serta kelebihan dan bagaimana merawat nya agar tidak rusak.

2.Islam sebagai Agama Tauhid.

Ketika Islam di si’arkan oleh nabi Muhammad,kondisi masyarakat pada saat itu sudah mempu nyai agama serta kepercayaan dari nenek moyang mereka ,yaitu agama yang menyembah banyak tuhan (polyteisme).

mereka  menyembah beberapa berhala yang dianggap dapat sebagai tuhan dan menurut kebutuhan mereka serta kemauan mereka sendiri, misalnya, untuk mendapatkan rezeki yang banyak mereka menyembah berhala yang dianggap dapat memberi rizki, ingin sehat mereka menyembah berhala yang dapat menyembuhkan penyakit mereka, demikian seterusnya.

inilah zaman “jahiliyah” yaitu jaman kebodohan karena tidak megenal kepada tuhan yang sebenarnya.  Maka sangat berat bagi nabi Muhammad dalam menyampaikan (mengajarkan) agama  islam pada waktu itu, karena berbeda dengan agama dan kepercayaan nenek moyang mereka. sedangkan ajaran islam adalah ajaran yang menyembah satu tuhan, Yakni ALLAH SWT.

Ha l inlah yang menjadikan timbulnya banyak pertentangan dari orang-orang kafir Quraisy, terutama para tokoh ( pemuka ) diantara mereka. Sedangkan konsep agama islam sendiri adalah agama tauhid, yang diturunkan allah Swt pada semua utusannya, dari Nabi Adam sampai nabi muhammad, yakni menyeru manusia untuk manyembah hanya  satu tuhan, yakni ALLAH saja. seperti yang diterangkan dalam surat Al-anbiya  ayat 25 :

“Dan kami tidak mengutus seorang rosul pun sebelum kamu, melainkan kami wahyukan kepadanya, bawasanya tidaak ada tuhan melainkan aku, maka sembahlah olehmu sekalian akan aku. dan untuk membuktukan kebenaran agam islam adalah agama tauhid, dapat dilihat dalam surat Al ikhlas ayat 1-4: “

1. Katakanlah ialah Allah yang maha Esa.

2. Allah adalah tuhan yang bergantung kepada NYA segala sesuatu.

3. D i atidak beranak dan tidak pula di peranakan.

4. dan tidak ada seorang pun yang setara dengan Dia.

 

Dinul Islam

Incoming search terms:

Comments are closed.