Jangan Mengaku Profesional Tanpa PTK


Admin jebidal.com pada kesempatan kali ini akan mencoba membahas tentang Jangan Mengaku Profesional Tanpa PTK

Silahkan langsung Copypaste saja, tetapi baiknya di teliti dulu barang kali ada yang salah ketik baik judul maupun isi postingan Jangan Mengaku Profesional Tanpa PTK, jika sudah yakin silahkan dipergunakan sebagaimana mestinya, jika anda beruntung ada link downloadnya, jangan ragu dan bimbang lansung download saja, semoga blog ini memberi manfaat.

Alangkah baiknya Anda membaca dengan teliti, supaya apa apa yang ada di blog ini bisa bermanfaat, jika hasil dari postingan di blog ini kurang memuaskan, silahkan cari di kotak pencarian [Search Here] atau [Search], kalau tidak salah admin taro di bawah artikel postingan [untuk view handphone/ smartphone atau sejenisnya] dan bagian samping kanan [untuk view via destop/ PC/ Laptop dan sejenisnya], dan semoga hasil dari pencarian blog ini dapat mempermudah Anda dalam menjelajah isi blog jebidal.com ini. selamat berselancar.

Postingan Lainnya yang berhubungan dengan Jangan Mengaku Profesional Tanpa PTK

  • Contoh Soal Anggaran Produksi dan Penyelesaiannya
  • Hadits Tentang Larangan Korupsi dan Kolusi
  • Faktor Penyebab Terjadinya Monopoli
  • makalah tentang pajak kendaraan bermotor
  • Makalah SUMBER-SUMBER HUKUM ISLAM
  • PENGERTIAN BERKAH
  • Makalah Manajemen Perpustakaan
  • Makalah Kecerdasan Matematis Logis
  • semoga dengan mengunjungi jebidal.com, anda mendapatkan informasi menarik dan dapat bermanfaat bagi anda, dalam situs jebidal.com menitik beratkan pembahasan yang berkaitan dengan pendidikasn, seperti makalah, materi pelajaran, contoh soal ujian dengan jawabannya, contoh skripsi, contoh tesis, dan info menarik serta unik lainnya. Anda sedang membaca postingan yang berjudul Jangan Mengaku Profesional Tanpa PTK
    Admin jebidal.com juga mempermudah pengunjung untuk mendapatkan manfaat dari blog jebidal.com, silahkan jelajahi setiap sudut dari blog ini, semoga menemukan yang Anda cari. Selamat menelusuri blog ini. Anda sedang membaca postingan yang berjudul Jangan Mengaku Profesional Tanpa PTK.

    Jika Anda ingin mendapatkan update dari blog jebidal.com, silahkan follow twitter @jebidal, ini link langsungnya @jebidal
    Jika Anda lebih suka mainan facebook jangan ragu untuk like fan page jebidal.com ini link langsungnya Jebidal.com on Facebook
    dan jika Anda lebih betah menggunakan akun Gplus Anda, jebidal.com juga punya silahkan follow saja, ini link langsungnya jebidal.com on Gplus

    Mari Kita simak lebih detailnya tentang Jangan Mengaku Profesional Tanpa PTK

    Jangan Mengaku Profesional Tanpa PTK

    Jangan Mengaku Profesional Tanpa PTK
    oleh : YATI KURNIAWATI (Guru SMP Negeri 7 Salatiga)

     

    Karya tulis, baik ilmiah atau populer, merupakan momok tersendiri bagi guru.Tercatat ratusan ribu guru terhenti di golongan IV/a karena tidak dapat memenuhi syarat pengembangan profesi ke IV/b yang berupa karya tulis.

    Karya tulis ilmiah terdiri dari berbagai jenis,salah satunya adalah laporan penelitian tindakan kelas (PTK).Membuat karya tulis dianggap sulit karena guru belum terbiasa. Minat menulis guru masih rendah. Menulis merupakan hal yang tidak mudah karena menulis terkait dengan kegiatan membaca, padahal minat membaca juga masih rendah. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa pendidik merupakan tenaga profesional. Guru yang profesional akan menghasilkan proses dan hasil pendidikan yang bermutu.

    Pasal 1 ayat 1 Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru menyebut bahwa setiap guru wajib memenuhi standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru yang berlaku secara nasional.Terdapat empat kompetensi utama, yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial,dan profesional. PTK merupakan salah satu jenis penelitian untuk memecahkan masalah pembelajaran. Guru mengidentifikasi masalah dalam pembelajaran dan merancang upaya memecahkan masalah tersebut dengan memperbaiki proses belajar mengajar melalui penggunaan berbagai metode, media, alat atau sumber belajar.

    Proses perbaikan tersebut terdiri dari beberapa siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,observasi dan refleksi. Hasil penelitian tindakan kelas itu kemudian dituliskan dalam bentuk laporan PTK, yangmerupakansalahsatujenis karya tulis ilmiah. Laporan PTK sebagai karya tulis ilmiah perlu dipublikasikan agar dapat digunakan sebagai rujukan bagi guru-guru lain dalam upaya memperbaiki proses pembelajaran di kelas yang pada ujungnya akan meningkatkan kualitas peserta didik dan pendidikan di Indonesia.

    Publikasi karya tulis ilmiah, baik melalui media atau forum ilmiah merupakan suatu keharusan untuk memenuhi kompetensi sosial. Dalam kompetensi sosial termuat kompetensi guru mata pelajaran berkomunikasi dengan teman sejawat, profesi ilmiah, dan komunitas ilmiah lainnya melalui berbagai media. Ini dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran, serta mengomunikasikan hasil-hasil inovasi pembelajaran kepada komunitas profesi sendiri secara lisandantulisanmaupunbentuk lain.

    Bila guru tidak melakukan penelitian tindakan kelas,maka guru belum memenuhi standar kompetensi guru sehingga belum disebut pendidik profesional.

     

    Other articles you might like;

    Postingan Lainnya;


Terimakasih sudah membaca postingan yang berjudul
Semoga isi dari postingan blog ini bisa bermanfaat, sekali lagi admin jebidal.com ucapkan terima kasih atas kunjungan Anda. Jangan sungkan dan jangan ragu untuk membagikan isi dari blog ini. Silahkan Share Postingan yang membahas tentang Jangan Mengaku Profesional Tanpa PTK

cari di kotak pencarian ini