Kontinuitas Dan Diskontinuitas Dalam Perkembangan

Kontinuitas Dan Diskontinuitas Dalam Perkembangan
Dalam suatu perkembangan ada yang menilai bahwa perkembangan merupakan proses yang terus menerus (continuitas) dan proses yang bertahap dan berbeda-beda (discontinue) sedangkan para penganut pahan environment perkembangan adalah proses yang berlangsung secara terus menerus (continue). Dalam proses perkembangan itu terjadi penyayaan penambahan,/pengurangan melalui pengalaman atau interaksi individu dengan lingkungan. Pada paham yang mempercayai bahwa pertumbuhan adalah proses yang terus menerus perkembangan diartikan sebagai perubahan kumulatif yang berlangsung terus menerus dari lahir hingga akhir hayat.
Para ahli kontinuitas meyakini bahwa perkembangan itu terjadi secara halus dan stabil melalui penambahan atau peningkatan bertahap dalam hal kemampuan, ketrampilan, dan pengetahuan baru pada suatu langkah yang relatif sama. Itulah sekelumit tentang teori kontinuitas dan diskontinuitas dalam perkembangan.
Disisi lain para ahli yang menekankan pada ketidaksinambungan dalam perkembangan menganggap bahwa proses pengembangan individu melibatkan tahapan-tahapan yang berbeda secara kualitas maupun kwantitas. Pada paham ini perubahan terjadi secara tiba-tiba dan masa transisinya relatif tajam dari satu tahap ketahap berikutnya. Para ahli diskontinuitas menyatakan bahwa beberapa aspek perkembagan muncul secara independent dari apa yang muncul sebelumnya dan tidak dapat diprediksi dari perilaku sebelumnya.

Wahab, H. Rochmat, dkk. 1999. Perkembangan Dan Belajar Peserta Didik. Jawa Tengah : Dikti.
Sobur,Alex,2009.Psikologi Umum,Bandung:Pustaka Setia.

Comments are closed.