Korelasi Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa (Studi Kasus di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT) Al Multazam Kuningan)


Admin jebidal.com pada kesempatan kali ini akan mencoba membahas tentang Korelasi Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa (Studi Kasus di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT) Al Multazam Kuningan)

Silahkan langsung Copypaste saja, tetapi baiknya di teliti dulu barang kali ada yang salah ketik baik judul maupun isi postingan Korelasi Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa (Studi Kasus di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT) Al Multazam Kuningan), jika sudah yakin silahkan dipergunakan sebagaimana mestinya, jika anda beruntung ada link downloadnya, jangan ragu dan bimbang lansung download saja, semoga blog ini memberi manfaat.

Alangkah baiknya Anda membaca dengan teliti, supaya apa apa yang ada di blog ini bisa bermanfaat, jika hasil dari postingan di blog ini kurang memuaskan, silahkan cari di kotak pencarian [Search Here] atau [Search], kalau tidak salah admin taro di bawah artikel postingan [untuk view handphone/ smartphone atau sejenisnya] dan bagian samping kanan [untuk view via destop/ PC/ Laptop dan sejenisnya], dan semoga hasil dari pencarian blog ini dapat mempermudah Anda dalam menjelajah isi blog jebidal.com ini. selamat berselancar.

Postingan Lainnya yang berhubungan dengan Korelasi Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa (Studi Kasus di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT) Al Multazam Kuningan)

  • kumpulan judul skripsi sejarah kebudayaan islam
  • PERNIKAHAN DIBAWAH UMUR DI KECAMATAN KURANJI DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NO 1 TAHUN 1974 DAN KOMPILASI HUKUM ISLAM (STUDI DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN KURANJI)
  • SKRIPSI TENTANG PELAYANAN KESEHATAN PASIEN PESERTA JAMKESMAS
  • SKRIPSI HUBUNGAN FAKTOR LINGKUNGAN FISIK RUMAH DENGAN KE JADIAN PENYAKIT MALARIA DI DESA X
  • SKRIPSI ANALISIS PENGARUH EKSPOR SEKTOR INDUSTRI DAN PENANAMAN MODAL ASING SEKTOR INDUSTRI TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA
  • SKRIPSI PTK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE PADA KONSEP PENGENALAN HARDWARE (MATA PELAJARAN : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI) – (KELAS VII)
  • SKRIPSI IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI TAMAN KANAK-KANAK
  • SKRIPSI PENGARUH METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS ANAK
  • semoga dengan mengunjungi jebidal.com, anda mendapatkan informasi menarik dan dapat bermanfaat bagi anda, dalam situs jebidal.com menitik beratkan pembahasan yang berkaitan dengan pendidikasn, seperti makalah, materi pelajaran, contoh soal ujian dengan jawabannya, contoh skripsi, contoh tesis, dan info menarik serta unik lainnya. Anda sedang membaca postingan yang berjudul Korelasi Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa (Studi Kasus di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT) Al Multazam Kuningan)
    Admin jebidal.com juga mempermudah pengunjung untuk mendapatkan manfaat dari blog jebidal.com, silahkan jelajahi setiap sudut dari blog ini, semoga menemukan yang Anda cari. Selamat menelusuri blog ini. Anda sedang membaca postingan yang berjudul Korelasi Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa (Studi Kasus di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT) Al Multazam Kuningan).

    Jika Anda ingin mendapatkan update dari blog jebidal.com, silahkan follow twitter @jebidal, ini link langsungnya @jebidal
    Jika Anda lebih suka mainan facebook jangan ragu untuk like fan page jebidal.com ini link langsungnya Jebidal.com on Facebook
    dan jika Anda lebih betah menggunakan akun Gplus Anda, jebidal.com juga punya silahkan follow saja, ini link langsungnya jebidal.com on Gplus

    Mari Kita simak lebih detailnya tentang Korelasi Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa (Studi Kasus di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT) Al Multazam Kuningan)

    KORELASI KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN

    DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

    (Studi Kasus di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT)

    Al Multazam Kuningan)

    SKRIPSI

    Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat

    Untuk Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I)

    Pada Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah

    IAIN Syekh Nurjati Cirebon

      

    AFIF BAHTIAR

    NIM : 07450715


     

    KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA

    INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SYEKH NURJATI CIREBON

    2011

     

    IKHTISAR

     

    Afif Bahtiar,    Korelasi Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa (Studi Kasus di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT) Al Multazam Kuningan)

     

    Dalam realita yang terjadi sekarang, dunia pendidikan sering dikritik masya­rakat karena disebabkan adanya sejumlah pelajar dan lulusan yang menun­jukan sikap kurang terpuji. Salah satu usaha untuk menanggulangi permasalahan tersebut adalah dengan sentuhan Al-Qur’an. Sedemikian erat hubungan antara pen­­di­dikan dan Al-Qur’an, terasa tidak mungkin sampai pada sasaran jika berbi­ca­ra pendidikan tanpa Al-Qur’an. Salah satu sekolah yang mempunyai program tah­fizh­ul qur’an adalah SMAIT Al Multazam Kuningan. Selama hampir empat tahun peneliti mengamati perlombaan Liga Matematika Sejawa Barat (LIM@S JA­­BAR), yang diselenggarakan oleh Himpunan Maha­siswa Matematika (HIM­KA) IAIN Syekh Nurjati Cirebon, peneliti menyimpulkan bahwa peserta lomba dari Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT) Al Multazam Ku­ning­an selalu menampilkan prestasi matematika yang baik di saat berlomba. Hal itu ter­bukti karena hampir setiap tahun peserta dari SMAIT Al Multazam Kuningan masuk ke babak final dari lomba tersebut. Selain itu berdasarkan wawancara awal dengan beberapa siswa yang menjadi sampel penelitian bahwa mereka merasa terbantu dalam proses pembelajaran setelah menghafal Al-Qur’an. Peneliti tertarik untuk membahas ini dalam skrip­si yang berjudul “Korelasi Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Dengan Prestasi Be­la­jar Matematika Siswa (Studi Kasus di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT) Al Multazam Kuningan)”.

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMA­IT) Al Multazam di Pondok Pesantren Terpadu Al Multazam Kuningan, untuk mengetahui prestasi belajar matematika siswa SMAIT Al Multazam Kuningan, dan untuk mengetahui korelasi kemampuan menghafal Al-Qur’an dengan prestasi belajar matematika pada siswa SMAIT Al Multazam Kuningan.

    Idealnya ketika orang telah berhasil untuk menghafal Al-Qur’an seharus­nya dalam mempe­lajari ilmu-ilmu lain akan lebih mudah diresapkan ke dalam ot­ak. Orang yang terbiasa menghafal Al-Qur’an, akan terlatih dengan konsentrasi tinggi. Orang yang terbiasa menghafal, maka sel-sel otak dan badannya ak­tif, dan menjadi lebih kuat dari orang yang tidak menghafalkan­. Belahan otak kiri yang bekerja keras ketika mengha­fal Al-Qur’an. Mate­ma­tika merupa­kan il­mu yang me­mer­lu­kan kinerja otak maksimal dan konsentrasi tinggi dal­am mempela­jarinya. Tidak sedikit konsep dari materi-ma­te­ri matematika yang di­ang­gap perlu untuk di­ingat dan dihafal agar bisa dipergunakan kembali di sa­at diper­lukan.  Matematika dominan mendayagunakan fungsi otak kiri dalam pros­es berfi­kir.

    Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode expost facto. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumen­tasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dan XII SMAIT Al Multazam Kuningan yang berjumlah 168 siswa. Dengan teknik cluster samp­ling, sampel yang diambil adalah 118 siswa. Setelah data diperoleh, data dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi. Adapun uji prasyaratnya adalah uji norm­al­itas. Alat bantu (software) komputasi statistik yang digunakan adalah SPSS 16.

    Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pada umumnya siswa SMAIT Al Multazam Kuningan memiliki kemampuan menghafal Al-Qur’an yang baik. Prestasi belajar matematika siswa SMAIT Al Multazam menunjukkan hasil baik. Dari hasil analisis korelasi, diperoleh koefisien korelasi 0.58. Angka ini menunjukan korelasi yang kuat. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa pada taraf nyata (signifikansi) 1%, korelasi dinyatakan signifikan.

     

     

     

    Kata kunci:  Al-Qur’an, Matematika, Kemampuan Menghafal, Pretasi Belajar, Al-Multazam

     

    BAB I

    PENDAHULUAN

    1. 1.        Latar Belakang Masalah

    Pendidikan merupakan suatu metode ampuh untuk memanusiakan manu­sia. Artinya setiap manusia harus menyadari bahwa pendidikan itu wajib ditem­puh oleh siapapun, karena dengan pendidikan kualitas hidup manusia akan me­ning­kat dan lebih bermakna. Pendidikan merupakan jalan untuk mengembangkan potensi-potensi yang ada dalam diri manusia, karena setiap manusia pasti memi­liki potensi yang berbeda. Apabila potensi itu dibimbing dan diarahkan kepada jal­an yang tepat dan benar, maka akan menghasilkan manusia-manusia yang ber­kualitas dalam hidup. Dalam UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 dikatakan bahwa pen­didikan nasional bertujuan untuk mengem­bang­kan potensi peserta didik agar men­jadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, ber­akhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Nega­ra yang demokratis serta bertanggung jawab (M. Sukardjo dan Ukim Komarudin, 2009: 14).

    Dalam realita yang terjadi sekarang, dunia pendidikan sering dikritik oleh masyarakat yang disebabkan karena adanya sejumlah pelajar dan lulusan pendidikan yang menunjukan sikap kurang terpuji (Abudin Nata, 2008:37). Selain itu menurut Amr Hasan Ahmad Badran (2011: 12) industrialisasi yang melanda kita menyebabkan  pergeseran cara kita berpikir dan bersikap, bahkan pandangan hidup kita dikondisikan sedemikian rupa agar sesuai dengan nalar industrialisasi. Pandangan hidup, gaya hidup, ukuran kesuksesan, kebahagiaan dan lain-lain diukur dengan nalar materialistik. Akibatnya, sisi spiritual atau rohaniah terabaikan. Segala penyelesaian persoalan hidup pun didekati dengan pendekatan tunggal, materialistik-jasmaniah.

    Salah satu usaha untuk mengasah kecerdasan emosional adalah dengan sentuhan Al-Qur’an. Al-Qur’an telah memeberikan kontribusi besar dalam mendorong manusia untuk belajar dan menimba ilmu (M. Utsman Najati, 2005: 14). Sedemikian erat hubungan antara pendidikan dan Al Qur’an, maka terasa tidak mungkin sampai pada sasaran jika berbicara pendidikan tanpa menying­gung Al-Qur’an. Berbicara pendidikan tanpa Al-Qur’an sama artinya berbicara tentang membangun manusia tanpa petunjuk dan arah, maka akan mengalami kesesatan. Hal itu terlihat seperti yang terjadi pada saat ini, berbicara pendidikan hanya sampai pada upaya mengantarkan peserta didik menjadi berpikiran cerdas dan terampil. Selanjutnya, apakah dengan cerdas dan terampil sekaligus mereka akan berbudi pekerti luhur, adil, jujur dan peduli pada lingkungan, ternyata belum tentu. Sebab, kenyataan sehari-hari yang dapat dilihat menunjukkan bahwa tidak sedikit orang berhasil menjadi pintar, tetapi lupa akan orang lain dan bahkan juga lupa pada dirinya sendiri (http://ikhbarkyai­dachlan.wordpress.com­/2010/11/07/al-qur%E2%­80­%­­99an-dan-pendidikan/ ).

    Menghafal Al-Qur’an (Tahfizhul Qur’an) merupakan salah satu cara untuk berinterksi dengan Al-Qur’an. Menurut Setiyo Purwanto (2007: 74) beberapa kasus membuktikan bahwa bila anak dilatih menghafal Al Quran, prestasi belajarnya juga akan meningkat. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata prestasi belajar peserta didik antara mereka yang menghafal Al-Qur’an dengan yang tidak menghafal Al-Qur’an. Misalnya di Pondok Pesantren Krapyak ternya­ta rata-rata prestasi belajar peserta didik Madrasah Aliyah yang menghafal Al-Qur’­an lebih tinggi dibanding peserta didik yang tidak menghafal Al-Qur’an. Fenomena ini sesuai dengan pendapat Ahsin (1995) dalam Setiyo Purwanto (2007: 74) bahwa orang yang menghafal Al-Qur’an akan selalu mengasah otaknya, dengan demikian maka otaknya akan semakin kuat untuk menampung berbagai informasi, sehingga anak yang menghafal Al-Qur’an memiliki tingkat kemajuan dalam pelajarannya dibanding dengan teman-teman yang lain.

    Dalam pembelajaran matematika, materi tersusun secara heirarki di mana konsep yang satu berkaitan dengan konsep yang lain, maka untuk memahami materi tersebut sis­wa harus memperhatikan dan mengingatnya agar tidak terjadi kesalahan, khususnya pa­da kon­sep­nya. Misalnya untuk mengetahui luas dan keliling bangun datar dengan benar hal yang paling penting adalah dalam proses pembelajaran matematika,  latihan mengerja­kan soal­­-soal adalah suatu cara yang tepat untuk meningkatkan daya ingat siswa, karena banyak latihan yang dikerjakan dengan sendirinya siswa akan dapat menghafal konsep dan rumus-rumus dengan mudah. Sehingga dengan hasil pengerjaan yang benar itu maka dapat diindi­kasi­kan bahwa daya ingat siswa meningkat.

    Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti ke Sekolah Meneng­ah Atas Islam Terpadu (SMAIT) Al Multazam Kuningan, sekolah ini merupakan bagian dari sistem pendidikan yang diterapkan oleh Pondok Pesantren Terpadu Al Multazam Kuningan. Dalam aplikasinya Pondok Pesantren Terpadu Al Mul­ta­zam diartikan sebagai lembaga  yang menerapkan pendekatan penyelenggaraan pendidikan dengan memadukan pendidi­kan umum dan pendidikan agama men­jadi satu bangunan kurikulum. Dengan pen­dekatan ini, semua mata pelajaran dan semua kegiatan sekolah formal tidak lepas dari bingkai ajaran dan pesan nilai-nilai Islam. Salah satu program unggulan yang diterapkan oleh Pondok Pesantren Terpadu Al Multazam ini adalah program tahfizhul qur’an, di mana setiap siswa diwajibkan untuk menghafal Al-Qur’an setiap harinya. Ditargetkan setelah lulus dari tingkat SMA, siswa mampu menghafal Al Qur’an minimal 10 juz.

    Selain hal tersebut di atas, selama hampir empat tahun peneliti mengamati perlombaan Liga Matematika Sejawa Barat (LIM@S JABAR), yang diseleng­garakan oleh Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMKA) IAIN Syekh Nurjati Cirebon, peneliti menyimpulkan bahwa peserta lomba dari Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT) Al Multazam Kuningan selalu menampilkan pres­tasi matematika yang sangat baik di saat berlomba. Hal itu terbukti karena hampir setiap tahun peserta dari SMAIT Al Multazam Kuningan masuk ke babak final dari lomba tersebut.

    Dalam rangka lebih meyakinkan mengenai penelitian yang akan dilaksanakan, peneliti melakukan wawancara awal dengan beberapa siswa yang menjadi sampel penelitian. Di antaranya adalah Figur Huma­ni, Muham­mad Fahmi, Jundi Rabbani. Peneliti menanyakan beberapa hal berikut:

    1)  Sudah bera­pa juz yang anda hafal?

    2)  Apakah setelah menghafal Al-Qur’an daya ingat menjadi meningkat?

    3) Apakah daya ingat yang diperoleh membantu dalam proses pembelajaran mate­ma­tika?

    Figur Humani mengatakan, “Sampai saat ini saya baru mampu menghafal empat setengah juz. Yang saya rasakan ada pengaruhnya terhadap daya ingat saya, karena tiap hari kan diulang-ulang terus. Dalam mempelajari matematika pun terasa manfaatnya, karena saya lebih mudah menyerap pelajaran yang disampaikan”.

    Muhammad Fahmi mengatakan, “Kalo saya baru tiga setengah juz. Ketika saya mulai menghafal Al-Qur’an, sampai saat ini saya merasakan peningkatan daya ingat. Saya juga merasa dalam mempelajari bidang studi matematika lebih mudah dicerna setelah sering berinteraksi dengan Al-Qur’an dengan cara menghafalnya”.

    Jundi Robbani mengatakan, “Saya baru mampu menghafal tiga juz. Terasa sekali daya ingat saya meningkat setelah saya menghafal Al-Qur’an. Oleh karenanya dalam mempelajari matematika terasa mudah, karena sangat membantu terutama dalam mengingat konsep-konsep matematika”.

    Menyadari fenomena tersebut di atas, peneliti merasa tertarik untuk menye­lidiki lebih jauh mengenai korelasi antara kemampuan menghafal Al Qur’an dengan prestasi belajar matematika siswa Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT) Al Multazam kuningan. Oleh karena itu peneliti mengangkat skripsi yang berjudul Korelasi Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa (Studi Kasus di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT) Al Multazam Kuningan)”.

    Other articles you might like;

    Postingan Lainnya;


Terimakasih sudah membaca postingan yang berjudul
Semoga isi dari postingan blog ini bisa bermanfaat, sekali lagi admin jebidal.com ucapkan terima kasih atas kunjungan Anda. Jangan sungkan dan jangan ragu untuk membagikan isi dari blog ini. Silahkan Share Postingan yang membahas tentang Korelasi Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa (Studi Kasus di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT) Al Multazam Kuningan)

cari di kotak pencarian ini