Kunci Jawaban Bahasa Indonesia


Admin jebidal.com pada kesempatan kali ini akan mencoba membahas tentang Kunci Jawaban Bahasa Indonesia

Silahkan langsung Copypaste saja, tetapi baiknya di teliti dulu barang kali ada yang salah ketik baik judul maupun isi postingan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia, jika sudah yakin silahkan dipergunakan sebagaimana mestinya, jika anda beruntung ada link downloadnya, jangan ragu dan bimbang lansung download saja, semoga blog ini memberi manfaat.

Alangkah baiknya jika anda membaca dengan saksama, sehingga apa yang ada di blog ini bisa bermanfaat, jika hasil posting di blog ini kurang memuaskan, silahkan cari di kotak pencarian [Search Here] atau [Search], jika tidak salah talas di bawah posting artikel [untuk tampilan handphone / smartphone atau sejenisnya] dan sisi kanan [untuk tampilan via desktop / PC / Laptop dan sejenisnya], dan semoga hasil pencarian blog ini bisa memudahkan anda dalam mengeksplorasi isi dari ini. jebidal.com blog selamat berselancar

Postingan Lainnya yang berhubungan dengan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia

  • Kumpulan Kunci Jawaban Matematika, PKn, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
  • kunci jawaban halaman 150 tugas 1 memahami struktur dan ciri kebahasaan teks iklan halaman
  • Tugas Bahasa Indonesia kelas XII halaman 18 – 19 buku paket
  • Tugas Bahasa Indonesia kelas XII halaman 30 buku paket kurikulum 2013
  • kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 2 halaman 8
  • Pengertian Akomodasi, Bentuk-Bentuk Akomodasi, dan Tujuannya
  • Sejarah Bahasa Indonesia dan Perkembangannya, Lengkap!
  • Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 103 Kelas 12 Semester 2
  • semoga dengan mengunjungi jebidal.com, anda mendapatkan informasi menarik dan dapat bermanfaat bagi anda, dalam situs jebidal.com menitik beratkan pembahasan yang berkaitan dengan pendidikasn, seperti makalah, materi pelajaran, contoh soal ujian dengan jawabannya, contoh skripsi, contoh tesis, dan info menarik serta unik lainnya. Anda sedang membaca postingan yang berjudul Kunci Jawaban Bahasa Indonesia
    Admin jebidal.com juga mempermudah pengunjung untuk mendapatkan manfaat dari blog jebidal.com, silahkan jelajahi setiap sudut dari blog ini, semoga menemukan yang Anda cari. Selamat menelusuri blog ini. Anda sedang membaca postingan yang berjudul Kunci Jawaban Bahasa Indonesia.
    >
    Jika Anda ingin mendapatkan update dari blog jebidal.com, silahkan follow twitter @jebidal, ini link langsungnya @jebidal
    Jika Anda lebih suka mainan facebook jangan ragu untuk like fan page jebidal.com ini link langsungnya Jebidal.com on Facebook
    dan jika Anda lebih betah menggunakan akun Gplus Anda, jebidal.com juga punya silahkan follow saja, ini link langsungnya jebidal.com on Gplus

    Mari Kita simak lebih detailnya tentang Kunci Jawaban Bahasa Indonesia

    Kunci Jawaban Bahasa Indonesia

    kunci jawaban bahasa indonesia,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 6,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 9,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 8,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 7 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kurikulum 2013

    kunci jawaban bahasa indonesia,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 6,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 9,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 8,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 7 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kurikulum 2013,contoh tugas terstruktur bahasa indonesia smp,kunci jawaban bahasa indonesia,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 18,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 87 kelas 11,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 9,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 88,kunci jawaban buku mandiri bahasa indonesia kelas 7 penerbit erlangga,tugas bahasa indonesia halaman 88,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 76,contoh soal bahasa indonesia kelas 10 semester 2 beserta jawabannya,jawaban bahasa indonesia kelas 11 semester 2 halaman 60,tugas terstruktur bahasa indonesia kelas 9,format tugas terstruktur bahasa indonesia smp,kunci jawaban tugas bahasa indonesia kelas 12 kurikulum

    Baca Juga:

    Kunci Jawaban Bahasa Indonesia halaman 28-35 kelas 12 semester 2

    (1) Menurut kalian, bagaimanakah berbahasa yang baik dan benar itu?

    Jawaban : Secara sederhana, bahasa yang baik dan benar dapat dijelaskan sebagai berikut. Bahasa yang baik adalah bahasa yang digunakan sesuai dengan situasi pemakaiannya, sedangkan bahasa yang benar adalah bahasa yang digunakan sesuai dengan kaidah (aturan) bahasa. Karena ditentukan oleh banyak hal (seperti tempat, topik, dan tujuan pembicaraan serta kawan/lawan bicara), yang dapat memunculkan banyak ragam bahasa, ukuran bahasa yang baik (sesuai dengan situasi pemakaian bahasa) sering dipahami secara salah oleh banyak orang.

    (2) Teks opini berisi gagasan pribadi atau usulan mengenai sesuatu. Menurut kalian, pada teks “Tentang Baik dan Benar”, gagasan apa yang hendak diungkapkan penulis?

    Jawaban : Gagasan yang hendak di ungkapkan oleh penulis pada teks opini “ Tentang Baik dan Benar “ adalah mengenai tata penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar beserta penggunaannya.

    (3) Baca dan cermati kembai teks tersebut. Argumentasi apa saja yang diutarakan penulis untuk mendukung gagasannya? Tuliskanlah argumentasi yang kalian temukan ke dalam kolom berikut

    Argumentasi

    1. Bahasa yang baik adalah bahasa yang digunakan sesuai dengan situasi pemakaiannya, sedangkan bahasa yang benar adalah bahasa yang digunakan sesuai dengan kaidah (aturan) bahasa.

    2. Banyak orang yang menganggap bahwa bahasa Indonesia hanya memiliki satu warna/ ragam. Mereka tidak (mau) menyadari bahwa bahasa Indonesia memiliki banyak ragam, identik dengan keanekaragaman masyarakat penggunanya.

    3. sesungguhnya orang tidak perlu berbahasa baku saat tawar-menawar di pasar atau sedang mengobrol dengan tetangga saat ronda.

    4. sangatlah tidak pantas jika ada orang menggunakan bentuk-bentuk tidak baku itu dalam sebuah seminar, dengan teman akrabnya sekalipun.

    5. Dalam batas-batas tertentu, pelanggaran atas penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar mungkin masih dapat dimaklumi.

    6. Konon, setiap jengkal ruang (karakter) di surat kabar bernilai bisnis. Oleh karena itu, permakluman yang sama seharusnya tidak diberikan kepada penyiar yang membacakan tulisan itu untuk pendengar/pemirsanya.

    7. Tidak berbeda dengan ragam bahasa yang lain, ukuran baik dan benar tetap dapat diterapkan pada dua ragam (iklan dan sastra) itu.

    8. “Keanehan” berbahasa dalam iklan dan sastra (kalau memang ada) harus dipandang sebagai kreativitas berbahasa pembuat/pengarang selama tidak bertentangan dengan kaidah bahasa yang berlaku.

    9. Keanehan berbahasa, karena sudah berlangsung lama dan berterima, sering tidak dianggap sebagai kesalahan.

    10. Padahal, jika ditanya siapa yang memberi perhatian dan siapa yang memberi ucapan, pasti tidak ditemukan jawaban yang benar karena –nya dan di mengacu kepada orang ketiga: bukan orang pertama dan kedua yang sedang berdialog, baik dalam surat maupun pidato.

    (4) Teks opini memuat argumentasi satu sisi, dan jumlah argumentasi tidak ditentukan. Selain merupakan milik pencipta teks, argumentasi dapat dikembangkan dari pendapat umum yang diambil dari sumber lain, sepanjang sumber itu disebutkan sebagai referensi. Bacalah kembali kedua teks opini di muka, kemudian carilah argumentasi yang dikembangkan dari pendapat lain.

    No.

    Argumentasi

    Referensi

    1.

    Tahun lalu, menurut catatan Badan Pusat Statistik, hanya ada 8 juta wisatawan asing yang datang berkunjung ke Indonesia.

    Catatan Badan Pusat Statistik

    2.

    Konon, setiap jengkal ruang (karakter) di surat kabar bernilai bisnis.

    Pendapat masyarakat

    3.

    Selama ini pemerintah hanya menjual Bali dan Bali, atau—kalau mau dikatakan agak berpandangan luas sedikit—bergesernya pun paling-paling hanya ke Yogyakarta dan Danau Toba. Padahal tempat-tempat itu tidak perlu “dijual” lagi dan sebaiknya dibiarkan jalan sendiri.

    Riset Pariwisata

    4.

    Semua orang mungkin sepakat bahwa iklan yang berbunyi: Terus terang, … terang terus, misalnya, adalah contoh kreativitas berbahasa yang berestetika tinggi

    Pendapat masyarakat

    5.

    Dalam surat menyurat atau dalam pidato-pidato, misalnya, kalimat yang berbunyi Atas perhatiannya, diucapkan terima kasih seolah-olah sudah menjadi baku dan dianggap benar.

    Surat Penting/ Pidato

    (5) Ada dua macam opini, yaitu opini analitis dan opini hortatoris. Tugas kalian adalah membandingkan teks “Menjual Sembari Menjaga Nirwana” dan “Tentang Baik dan Benar”. Setelah kalian membaca dengan cermat, apakah masing-masing teks tersebut termasuk teks opini analitis atau hortatoris? Sebutkanlan alasan kalian.

    (a) Teks “Menjual Sembari Menjaga Nirwana” termasuk jenis teks opini Hortatoris.

    Alasannya adalah karena teks opine tersebut berisi beberapa argumentasi yang mana mengarah pada suatu tindakan atau kebijakan yang perlu dibuat.

    (b) Teks “Tentang Baik dan Benar” termasuk jenis teks opini Analitis.

    Alasannya adalah karena ia atau penulis dalam teks opini tersebut menggambarkan suatu konsep atau mnejelaskan mengenai suatu teori yaitu tata cara berbahasa Indonesia yang baik dan benar.

    (6) Teks opini mencakup penggunaan verba material, relasional, dan mental sekaligus. Cari dan identifikasikanlah verba yang ada dalam teks “Tentang Baik dan Benar”, lalu tuliskan verba yang kalian temukan ke dalam kolom berikut.

    No.

    Kalimat

    Verba

    Jenis Verba

    1.

    Sebagai akibatnya, tidak jarang orang (Indonesia) merasa tidak memiliki kemampuan untuk berbahasa Indonesia dengan baik dan benar.

    Merasa

    Verba Mental

    2.

    Bahkan, banyak pula orang yang kemudian berantipati pada slogan itu karena merasa telah dibelenggunya.

    Merasa

    Verba Mental

    3.

    Begitulah, berbahasa dengan baik dan benar ternyata tidak hanya dapat memperlancar komunikasi, tetapi juga dapat meluruskan cara berpikir(berlogika) dan sekaligus mengajarkan cara bertanggung jawab.

    Berpikir

    Verba Mental

    Menganggap bahasa Indonesia yang baik dan benar sama dengan bahasa Indonesia baku adalah sebuah kekeliruan.

    Menganggap

    Verba Mental

    4.

    Menganggap bahasa Indonesia yang baik dan benar sama dengan bahasa Indonesia baku adalah sebuah kekeliruan.

    Adalah

    Verba Relasional
    Identifikatif

    5.

    Bahasa yang baik adalah bahasa yang digunakan sesuai dengan situasi pemakaiannya, sedangkan bahasa yang benar adalah bahasa yang digunakan sesuai dengan kaidah (aturan) bahasa.

    Adalah

    Verba relasional Identitikatif

    5.

    Sebagai akibatnya, tidak jarang orang (Indonesia) merasa tidak memilikikemampuan untuk berbahasa Indonesia dengan baik dan benar.

    Memiliki

    Verba Relasional Atributif

    6.

    Penghilangan imbuhan (awalan) pada judul tulisan di surat kabar, misalnya, masih dapat dimaklumi karena surat kabarmemiliki keterbatasan ruang.

    Memiliki

    Verba Relasional Atributif

    7.

    Karena penyiar tidak terikat oleh ruang. Kalaupun penyiar terikat oleh waktu, sesungguhnya ia tetap memilikikebebasan untuk menyiasatinya: dengan mempercepat tempo, misalnya.

    Memiliki

    Verba Relasional Atributif

    8.

    Rupanya, di sinilah letak persoalannya. Banyak orang yang menganggap bahwa bahasa Indonesia hanya memiliki satu warna/ ragam.

    Memiliki

    Verba Relasional Atributif

    9.

    Semua orang mungkin sepakat bahwa iklan yang berbunyi: Terus terang, … terang terus, misalnya, adalah contoh kreativitas berbahasa yang berestetika tinggi.

    Adalah

    Verba Relasional
    Identifikatif

    10.

    Rupanya, di sinilah letak persoalannya. Banyak orang yang menganggap bahwa bahasa Indonesia hanya memiliki satu warna/ ragam.

    Menganggap

    Verba Mental

    11.

    Sudah menjadi rahasia umum bahwa masyarakat (Indonesia) gemar melanggaraturan, tak terkecuali aturan bahasa yang meliputi tata bunyi/lafal, tatatulis/ejaan, tatakata, tatakalimat, dan tatamakna itu.

    melanggar

    Verba Material

    12.

    Mereka tidak (mau) menyadari bahwa bahasa Indonesia memiliki banyak ragam, identik dengan keanekaragaman masyarakat penggunanya.

    menyadari

    Verba Mental

    13.

    Ibarat berpakaian, di mana pun dan kapan pun mereka selalu memakai pakaian yang sama.

    memakai

    Verba Material

    14.

    Atas dasar itu, sesungguhnya orang tidak perlu berbahasa baku saat tawar-menawar di pasar atau sedang mengobroldengan tetangga saat ronda.

    Menawar, mengobrol

    Verba Material

    15.

    Mengapa? Karena bunyi iklan yang terakhir itu, di samping tidak mengajariorang berlogika dengan baik, juga dapat mengecoh dan membodohi konsumen

    mengajari

    Verba Material

     

    (7) Konjungsi apa saja yang kalian temukan dalam teks “Tentang Baik dan Benar”? Tuliskan jawaban kalian ke dalam kolom berikut.

    No.

    Kalimat

    Konjungsi

    1.

    Sebagai akibatnya, tidak jarang orang (Indonesia) merasa tidak memiliki kemampuan untuk berbahasa Indonesia dengan baik dan benar.

    akibat

    2.

    Mungkin karena secara terminologis kata baik dan benar itu sudah menyaran pada hal yang sempurna, tanpa cacat sehingga orang pun tidak segansegan memaknai slogan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar itu sama dengan bahasa Indonesia baku

    karena

    3.

    Bahkan, banyak pula orang yang kemudian berantipati pada slogan itu karena merasa telah dibelenggunya

    karena

    4.

    Karena ditentukan oleh banyak hal (seperti tempat, topik, dan tujuan pembicaraan serta kawan/lawan bicara), yang dapat memunculkan banyak ragam bahasa, ukuran bahasa yang baik (sesuai dengan situasi pemakaian bahasa) sering dipahami secara salah oleh banyak orang.

    Karena

    5.

    Pada umumnya, karena tidak memiliki kesadaran itu, mereka hanya menguasai satu ragam bahasa sehingga di mana pun dan kapan pun selalu menggunakan ragam bahasa yang dikuasainya itu.

    karena

    6.

    Penghilangan imbuhan (awalan) pada judul tulisan di surat kabar, misalnya, masih dapat dimaklumi karena surat kabar memiliki keterbatasan ruang.

    karena

    7.

    Oleh karena itu, permakluman yang sama seharusnya tidak diberikan kepada penyiar yang membacakan tulisan itu untuk pendengar/pemirsanya.

    karena

    8.

    Mengapa? Karena penyiar tidak terikat oleh ruang.

    Karena

    9.

    Tak dapat dimungkiri bahwa dalam berbahasa (Indonesia), ukuran baik dan benar masih seringmenjadi perbalahan. Sekalipun mudah didefinisikan, ukuran baik dan benar itu acap kali bias dalam implementasinya.

    menjadi

    10.

    Sudah menjadi rahasia umum bahwa masyarakat (Indonesia) gemar melanggar aturan, tak terkecuali aturan bahasa yang meliputi tata bunyi/lafal, tatatulis/ejaan, tatakata, tatakalimat, dan tatamakna itu.

    menjadi

    (8) Teks opini/editorial mengandung modalitas untuk membangun opini yang mengarah kepada saran atau anjuran. Modalitas merupakan cara seseorang menyatakan sikap dalam sebuah komunikasi. Beberapa bentuk modalitas antara lain: memang, niscaya, pasti, sungguh, tentu, tidak, bukan, bukannya, dan sebagainya (untuk menyatakan kepastian); iya, benar, betul, sebenarnya, malahan, dan sebagainya (untuk menyatakan pengakuan); agaknya, barangkali, entah, mungkin, rasanya, rupanya, dan sebagainya (untuk menyatakan kesangsian); semoga, mudah-mudahan, dan sebagainya (untuk menyatakan keinginan); baik, mari, hendaknya, kiranya, dan sebagainya (untuk menyatakan ajakan); jangan (untuk menyatakan larangan); serta mustahil, tidak masuk akal, dan sebagainya (untuk menyatakan keheranan).

    Cari dan identifikasilah modalitas yang ada pada kedua teks tersebut, lalu tentukan fungsi masing-masing modalitas itu.

    No.

    Kalimat Dalam Teks

    Modalitas

    Fungsi Modalitas

    1.

    Indonesia memang surga

    sekaligus kisah nyata.

    memang

    Untuk menyatakan

    kepastian

    2.

    Padahal, dalam kehidupan sehari-hari, kebanyakan orang lebih sering berada dalam situasi tidak resmi sehingga tuntutan untuk selalu berbahasa Indonesia

    ragam baku itu memang tidak ada.

    memang

    Untuk menyatakan

    kepastian

    3.

    Padahal, jika ditanya siapa yang memberi perhatian dan siapa yang memberi ucapan, pasti tidak ditemukan jawaban yang benar karena –nya dan di mengacu kepada orang ketiga: bukan orang pertama dan kedua yang sedang berdialog, baik dalam surat maupun pidato.

    pasti

    Untuk menyatakan

    kepastian

    4.

    Jangankan membuat program wisata yang kreatif, membangun prasarananya saja kerap tidakdilakukan pemerintah.

    tidak

    Untuk menyatakan

    kepastian

    5.

    Indonesia adalah surga sekaligus kisah nyata, bukan isapan jempol belaka atau romantisme dari masa lalu.

    bukan

    Untuk menyatakan

    kepastian

    6.

    Mungkin ini merupakan bentuk “protes” mereka kepada pemerintah daerah yang tidak serius membangun prasarana wisata di sana.

    Mungkin

    Untuk menyatakan kesangsian

    7.

    Rupanya, di sinilah letak persoalannya.

    Rupanya,

    Untuk menyatakan kesangsian

    8.

    Padahal tempat-tempat itu tidak perlu “dijual” lagi dan sebaiknya dibiarkan

    jalan sendiri.

    baik

    untuk menyatakan ajakan

    9.

    Jangankan dibandingkan dengan Prancis yang mampu mendatangkan 83 juta turis tahun lalu, jumlah wisatawan asing ke Indonesia masih jauh dari Malaysia, yang menurut United Nations World Tourism Organization kedatangan 25 juta pelancong pada 2012.

    Jangan

    untuk menyatakan larangan

    10.

    misalnya, kalimat yang berbunyi Atas perhatiannya, diucapkan terima kasih seolah-olah sudah menjadi baku dan dianggapbenar.

    benar

    untuk menyatakan pengakuan

    Baca Juga:

    Contoh Soal UKK Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP dan Kunci Jawabannya

    Contoh Soal UKK Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP dan Kunci Jawabannya

    Contoh Soal UKK Bahasa Indonesia Kelas VII SMP / MTs

    Prito Windiarto, S,Pd.

     

    Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan memilih a, b, c atau d!

    1. Bacalah penggalan wawancara berikut!
    Jurnalis : “Selamat siang. Saya Prian dari Tabloid Prestatif. Hendak bertanya apa kiat yang Adrian lakukan untuk menjadi juara lomba debat?”
    Adrista : “Selamat siang. Saya banyak menonton tayangan video debat, mempelajari teknik-tekniknya.’
    Jurnalis : “Selain itu? “
    Adrista : “Saya juga mencari referensi / materi untuk bahan debat. Baik dari buku maupun internet.
    Topik penggalan wawancara di atas adalah…
    a. Tetap berprestasi di tengah kesibukan menjadi pelajar.
    b. Membahas prestasi Adrista.
    c. Kiat menjadi juara lomba debat.
    d. Cara tetap berprestasi di tengah kesibukan belajar.

    Bacalah penggalan wawancara berikut!(untuk soal nomor 2 dan 3)
    Siswa : “Selamat pagi, Bu. Kami ingin menanyakan perihal persiapan kegiatan Peringatan Hari Pendidikan.”
    Kepala Sekolah : “Selamat pagi. Silakan.”
    Siswa : “Sudah berapa persen kegiatan Peringatan Hari Pendidikan, Bu?”
    Kepala Sekolah : “Alhamdulillah, persiapannya sudah 90%.”
    Siswa : “ ….”
    Kepala Sekolah: “Wah, bermacam-macam. Ada lomba bca puisi, lomba paduan suara, lomca cerdas cermat, bahkan fashion show.”

    2. Topik penggalan wawancara di atas adalah …
    a. Pentingnya Peringatan Hari Pendidikan
    b. Persiapan Kegiatan Peringatan Hari Pendidikan
    c. Macam-macam kegiatan Hari Pendidikan
    d. Pertemuan dengan kepala sekolah

    3. Pertanyaan yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang pada teks wawancara di atas adalah …
    a. “Apa saja yang akan ditampilkan dalam kegiatan Peringatan Hari Pendidikan, Bu?”
    b. “Apa saja jenis kegiatan Peringatan Hari Pendidikan, Bu?”
    c. “Siapa saja yang ikut serta dalam kegiatan tersebut?”
    d. “Di mana kegiatan panggung tersebut akan dilaksanakan, Bu?”

    4. Andri merasa kepanasan dalam ruangan.
    Makna imbuhan ke-an pada kata kehujanan adalah…
    a. Menyatakan mirip
    b. Menyatakan hampir
    c. Menyatakan keadaan
    d. Menyatakan akibat

    5. Prian Alfan adalah penulis yang berharap karyanya menginspirasi banyak orang.
    Kalimat berimbuhan pe- yang bermakna sama dengan kalimat di atas adalah …
    a. Susi adalah contoh pribadi nan penyabar.
    b. Laras mendapatkan peringkat pertama di kelasnya.
    c. Andika dikenal sebagai pria yang pemaaf.
    d. Sulastri menjadi perawat di RSUD Ciamis.
    Kutipan biografi berikut untuk soal nomor 6 dan 7 .
    Vino G Bastian, adalah putra bungsu dari Bastian Tito, yang merupakan penulis terkenal dengan cerita silat Wiro Sableng. Vino lahir di Jakarta, 24 Maret 1982, dia adalah aktor film dan sinetron yang terkenal, karena telah banyak membintangi berbagai judul film, sinetron, bahkan FTV.
    Awal mula Vino terjun di dunia hiburan tanah air adalah menjadi seorang model, padahal waktu di bangku SMP dia suka ngeBand sebagai drumer, dan di tahun 2004 dia memulai karir sebagai aktor di film 30 Hari mencari Cinta bersama sederet bintang seperti Nirina Zubir, Maria Agnes, Dinna Olivia dan Revaldo Fifaldi, lewat arahan sutradara Upi avianto.
    Nama suami dari Marsha Timothy ini mulai terkenal lewat film Serigala Terakhir, yang membuat direktur Rexinema, Erwin Arnada tertarik dengan aktingnya dan ingin memesang kembali vino dalam film Catatan Akhir Sekolah (2005) arahan sutradara Hanung Bramantyo. Di tahun 2006 nama Vino dipercaya kembali untuk bermain di film Realita Cinta dan Rock’n Roll. Beberapa penghargaan yang pernah diraihnya adalah Indonesia Choice Awards NET.TV Actor of the year, Indonesian Movie Awards Pemeran Utama Aktor Terfavorit, Festival Film Bandung Pemeran Utama Sinetron Serial Terpuji dalam sinetron Hanya Tuhanlah Yang Tahu.
    Sumber : szaktudas.com/vino-g-bastian-29678.html

    6. Di bawah ini yang merupakan identitas Vino G. Bastian adalah …
    a. Vino G. Bastian adalah putra sulung dari Bastian Tito penulis cerita silat Wiro Sableng yang lahir pada tanggal 24 Maret 1982 di Jakarta.
    b. Nama suami dari Marsha Timothy ini mulai terkenal lewat film Serigala Terakhir
    c. Awal mula Vino terjun di dunia hiburan tanah air adalah menjadi seorang model.
    d. Vino G. Bastian lahir di Jakarta, 24 Maret 1982. Ia adalah putra bungsu dari Bastian Tito.
    7. Keistimewaan tokoh pada teks biografi di atas adalah …
    a. Pada tahun 2006 nama Vino dipercaya kembali untuk bermain di film Realita Cinta dan Rock’n Roll.
    b. Aktor film dan sinetron yang terkenal.
    c. Tahun 2004 dia memulai karir sebagai aktor di film 30 Hari mencari Cinta.
    d. Vino G. Bastian berhasil mendapatkan beberapa penghargaan, salah satunya adalah Indonesian Movie Awards sebagaiPemeran Utama Aktor Terfavorit

    8. Berikut merupakan urutan tata cara bertelepon yang benar adalah …
    a. Salam, permintaan maaf, ucapan terimakasih, menyampaikan tujuan, mengenalkan diri.
    b. Salam, ucapan terimakasih, mengenalkan diri, berbicara singkat, sapaan hormat.
    c. Salam, sapaan hormat, mengenalkan diri, menyampaikan tujuan, ucapan terimakasih.
    d. Salam, mengenalkan diri, berbicara singkat, sapaan hormat, ucapan terimaksih.

    Perhatikan percakapan melalui telepon di bawah ini! (untuk soal nomor 9 dan 10)
    Budi : “Selamat siang. Bisa bicara dengan Restu?”
    Restu : “Selamat siang. Ya, saya sendiri.”
    Budi : “Restu, saya mau bertanya. Apa benar hari Rabu depan kita ulangan bahasa Inggris?”
    Restu : “Iya Restu, benar.
    Budi : “ ….”
    Restu : “Sama-sama. Siang.”

    9. Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog yang rumpang pada percakapan melalui telepon di atas adalah …
    a. “Sip, terima kasih. Wassalamuallaikum.”
    b. “Oke, terima kasih banyak.”
    c. “Oke, terima kasih ya. Selamat siang.”
    d. “Sampai jumpa, Restu.”

    10. Isi percakapan melalui telepon di atas adalah …
    a. Budi menanyakan rumah Restu.
    b. Budi bertanya pada Restu.
    c. Budi menanyakan kebenaran informasi tentang ulangan bahasa Inggris.
    d. Budi berterimaksih kepada Restu karena memberitahu informasi ulangan bahasa Inggris.

    11. …………………………….
    …………………………………
    Jangan durhaka pada orang tua
    Supaya hidup tentram dan berkah
    Sampiran yang tepat untuk pantun tersebut adalah…
    a. Ke Ciloa membeli Kelapa c. Kota Banjar Kota Idaman
    Kelapa muda enak di makan Kota Tasik Kota Resik
    b. Jalan-jalan ke Pasar Ketra d. Beli sayur di pasar
    Beli sayur beserta buah Beli baju di toko

    12. Pergi ke Sumedang membeli tahu
    Tahu dibeli untuk dimakan
    …………………………………….
    ……………………………………
    Isi yang tepat untuk melengkai pantun tersebut adalah…
    a. Ingat selalu nasihat guru c. Jadilah hidup penuh teladan
    Jadikan pedoman kehidupan Agar hidup kian berwarna
    b. Jadi anak harus berbakti d. Belajarlah dengan sungguh-sungguh
    Agar hidup sukses selalu Masa depan cerah di hadapan

    13. Jalan-jalan ke Kota Balikpapan
    Jangan lupa membawa muntu
    Jika ingin banyak pengetahuan
    Banyak-banyak membaca ilmu
    Berdasarkan pantun di atas, rima pantun adalah…
    a. Aa bb b. Ab cd c. Ab cd d. Ab ab

    14. Saya akan hadir …. kamu mengundangku.
    Kata penghubung (konjungsi) yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah…
    a. Sebelum
    b. Sesudah
    c. Seandainya
    d. Dengan

    15. Kalimat manakah yang menggunakan kata sapaan yang tepat?
    a. Bukankah Ibumu akan membelikanmu mainan?
    b. Ia pergi bersama saudaraku.
    c. Dapatkah Anda membantuku membacakan tulisan ini?
    d. Kapankah Kakakmu diwisuda?
    16. Andira naik pitam saat tahu Resti membohonginya?
    Makna ungkatan naik pitam adalah…
    a. Darah tinggi
    b. Makan darah
    c. Tidak peduli
    d. Marah
    Bacalah paragraf berikut dengan saksama kemudian kemudian kerjakan soal nomor 17 dan 18!

    Di usianya yang belum genap 18 tahun, tepatnya 17 tahun 11 bulan, Riana diwisuda sebagai dokter dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Ia menyelesaikan kuliah dalam waktu tiga tahun enam bulan dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) sangat memuaskan, yaitu 3,67 dan. Ia meraihnya dengan waktu kuliah tercepat dibandingkan mahasiswa kedokteran di mana pun. Meskipun begitu, ia tetap gadis yang rendah hati, ramah, dan tidak sombong dengan prestasi yang diraihnya.

    17. Keistimewaan tokoh tersebut adalah ….
    a. Menjadi mahasiswa kedokteran di UGM
    b. Remaja Banda Aceh kuliah di kedokteran
    c. Remaja kelahiran Banda Aceh diwisuda
    d. Lulus dokter sebelum usia 18 tahun

    18. Sifat yang baik untuk diteladani pada tokoh tersebut adalah ….
    a. tinggi hati dan ramah c. sombong dan rendah hati
    b. rendah hati dan ramah d. tinggi hati dan sombong

    19. Libur panjang bulai Mei tahun ini menjadi berkah tersendiri bagi pedagang kuliner di Bandung. Salah seorang pedagang yang kebanjiran order adalah penjual tahu susu di daerah Lembang. Pada hari biasa omset penjualan mencapai 7-9 juta/hari. Namun, pada libur panjang ini omsetnya bisa mencapai 15 juta/hari.
    Ide pokok paragraf di atas adalah …
    a. Omset pedagang tahu susu di Lembang pada libur panjang bulan Mei mencapai 15 juta/hari.
    b. Pedagang kuliner di Bandung kebanjiran order pada libur panjang bulan Mei.
    c. Libur panjang bulan Mei 2016 menaikan omset penjualan kuliner di Bandung.
    d. Libur panjang bulan Mei 2016 menjadi berkah tersendiri bagi pedang kuliner di Bandung.

    20. Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tenggara menyurvei dua satwa endemik Sulawesi, yakni anoa dan burung maleo. Aktivitas itu dimaksudkan untuk mengetahui jumlah pasti populasi kedua hewan dilindungi tersebut. Survei menggunakan metode sampling di kawasan suaka margasatwa Tanjung Peropa dan Buton Utara.

    Gagasan utama paragraf tersebut adalah ….
    a. tujuan survei satwa endemik Sulawesi
    b. survei satwa endemik Sulawesi
    c. metode survei satwa endemik
    d. tempat survei satwa endemik

    21. Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam (SDA) (1). Baik SDA terbarukan maupun takterbarukan (2) SDA terbarukan antara lain hutan, sungai, danau, dll. (3). Sementara SDA takterbarukan seperti minyak bumi, gas, dan batu bara (4).
    Kalimat utama paragraf di atas terletak pada kalimat nomor …
    a. (4) b. (3) c. (2) d. (1)

    22. Lingkungan hidup yang sehat memberikan dampak yang signifikan terutama bagi kesehatan kita dan keluarga. Alam dan lingkungan dewasa ini perlu kita gunakan semaksimal mungkin untuk kesejahtaraan kita bersama. Sebagai contoh kita bisa memanfaatkan lingkungan untuk menunjang perkonomian kita.
    Menurut kalimat utamanya, paragraf tersebut merupakan jenis paragraf …
    a. Induktif b. naratif c. deduktif d. deskriptif

     

     

    Tabel berikut untuk soal nomor 22 dan 23.

    No Daerah Masjid Gereja Wihara Pura
    1 Kota Jakarta 8.132 5.423 67 71
    2 Kota Bandung 5.345 3.451 89 45
    3 Kota Yogyakarta 6.278 1.158 58 15
    4 Kota Surabaya 7.319 1.341 68 18
    5 Kota Denpasar 200 155 73 5.697

    23. Tabel di atas berisi tentang …
    a. Jumlah pengunjung tempat ibadah di Pulau Jawa dan Bali.
    b. Keanekaragaman tempat beribadah di Indonesia.
    c. Jumlah tempat beribadah di Pulau Jawa dan Bali.
    d. Kebutuhan akan tempat ibadah di Pulau Jawa dan Bali.

    24. Pernyataan yang sesuai dengan isi tabel adalah …
    a. Kota Yogyakarta merupakan daerah yang paling banyak memiliki wihara.
    b. Di Kota Surabaya terdapat 5.697 masjid
    c. Kota Denpasar memiliki jumlah pura paling bayak dibandingkan kota lain.
    d. Gereja di Kota Surabaya lebih sedikit di banding dengan Kota Yogyakarta.

    25. Perhatikan tabel berikut!
    Jumlah buku di Perpustakaan Kampung Buku

     

    No. Jenis Judul Eksemplar
    1 Cerita anak-anak 50 134
    2 Novel remaja 38 80
    3 Roman 19 42
    4 Dongeng 64 70
    Jumlah 171 326

    Simpulan isi tabel tersebut adalah …
    a. Roman setiap judul berjumlah 80 buku.
    b. Jumlah eksemplar terbanyak adalah buku cerita anak-anak.
    c. Jumlah jenis semua buku lebih banyak daripada jumlah judulnya.
    d. Buku cerita anak-anak terbanyak judulnya.
    Perhatikan grafik berikut! (Soal nomor 25-26)
    Grafik Penjualan Terong dari Pondok Pesantren Miftahul Falah
    Tahun 2016

    26. Penjelasan sesuai isi grafik di atas adalah …
    a. Penjualan terong setiap bulan mengalami kenaikan.
    b. Penjualan terong pada bulan Maret mengalami kenaikan sebanyak 50 kg.
    c. Penjualan terong pada bulan Maret paling tinggi.
    d. Penjualan terongpada tahun 2016 mengalami fluktuasi.

    27. Pernyataan yang sesuai dengan grafik di atas, kecuali …
    a. Penjualan terong pada bulan Januari lebih tinggi dari bulan Februari.
    b. Penjualan terong bulan Maret sama dengan bulan Januari.
    c. Penjualan terong paling tinggi pada bulan Mei.
    d. Penjualan terong paling rendah pada bulan Februari.

    Perhatikan teks wawancara berikut! (untuk soal nomor 28 dan 29)
    Jurnalis : “Hebat sekali adik ini. Adik berhasil menjadi juara olimpiade matematika tingkat provinsi. “
    Siswa : “Terima kasih”
    Jurnalis : “Berapa lama adik mempersiapkan diri guna mengikuti olimpiade tersebut?”
    Siswa : “Yah, kira-kira setahun.”

    28. Narasi yang tepat untuk teks wawancara di atas adalah …
    a. Seorang pelajar telah berhasil menjadi juara pertama Olimpiade Matematika. Persiapan yang dibutuhkan untuk mengikuti lomba tersebut selama setahun.
    b. Adik telah berhasil menjadi juara pertama Olimpiade Matematika. Persiapan yang Adik butuhkan untuk mengikuti lomba tersebut selama setahun.
    c. Seorang Jurnalis menyatakan hebat kepada Adik karena Adik telah berhasil menjadi juara pertama Olimpiade Matematika yang dipersiapkan selam atu tahun.
    d. Seorang Jurnalis menyatakan hebat kepada Adik. Adik telah berhasil menjadi juara pertama Olimpiade Matematika yang dipersiapkan selam satu tahun.

    29. “Habat sekali! Adik telah berhasil menjadi juara pertama lomba Olimpiade Matematika.”
    Pengubahan kalimat langsung tersebut menjadi kalimat tak langsung yang benar adalah …

    a. Jurnalis menyatakan bahwa pelajaran tersebut hebat karena telah berhasil menjadi juara pertama Olimpiade Matematika.
    b. Jurnalis menanyakan bahwa Adik hebat karena telah berhasil menjadi juara pertama Olimpiade Matematika.
    c. Jurnalis menyatakan bahwa Adik hebat karena telah berhasil menjadi juara pertama Olimpiade Matematika.
    d. Jurnalis menyatakan hebat bahwa ia telah berhasil menjadi juara pertama Olimpiade Matematika.

    30. Ayah mengatakan kepadaku agar berhati-hati ketika mengendarai sepeda motor.
    Kalimat langsung yang tepat dari kalimat tersebut adalah …
    a. Ayah berkata; “Kamu harus berhati-hati ketika mengendarai sepeda motor.”
    b. Ayah berkata,”Hati-hati ketika mengendarai sepeda motor, Nak.”
    c. Ayah berkata: “Kamu hati-hati mengendarai seped motor, Nak.”
    d. Ayah berkata “Mengendarai sepeda motor harus hati-hati.”

    Kunci Jawaban Soal UKK Kelas 7 SMP / MTs

    Kunci jawaban ini belum final, jika pembaca menemukan kesalahan, mohon bantu koreksi, terima kasih.

    1 C
    2 B
    3 B
    4 C
    5 D
    6 D
    7 D
    8 C
    9 C
    10 C
    11 B
    12 A
    13 D
    14 C
    15 C
    16 D
    17 D
    18 B
    19 D
    20 B
    21 A
    22 C
    23 C
    24 C
    25 B
    26 D
    27 B
    28 A
    29 C
    30 B

    Baca Juga:

     

    Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas XI Halaman 69-72
    v Hal 62

    1.
    no
    Film”Rumah Tanpa Jendela”
    pujian
    kritikan
    1
    Jendela dalam film “Rumah Tanpa
    Jendela” merupakan sebuah
    metafora yang mengena
    Sayang, sebagai sebuah film musikal, tidak
    banyak yang disumbangkan oleh lagu-lagu
    yang dinyanyikan dan ditarikan dalam film
    ini, kecuali penekanan dramatis belaka.
    2
    Dalam hal ini film musikal mengalami konsep film yang menghibur sebagai utopia sendiri
    Namun pertanyaanya adalah utopia menurut siapa
    3
    kemiskinan Rara sehingga membuat
    kemiskinan ternaturalisasikan lewat logika pemahaman yang sama
    film ini menggambarkan kemiskinan sebagai bagian dari takdir manusia
    v Hal 64
    no
    kosa kata
    Arti Kosakata
    1
    adaptasi
    penyesuaina terhadap lingkungan, pekerjaan, dan pelajaran
    2
    akses
    jalan masuk
    3
    bioskop
    gedung pertunjukan film cerita
    4
    borjuis
    kelas masyarakat dr golongan menengah ke atas
    5
    destruktif
    merusak, memusnahkan, atau menghancurkan
    6
    eksploitasi
    pemanfaatan untuk keuntungan sendiri; pengisapan; pemerasan
    7
    fragmentasi
    pencuplikan (cerita dsb)
    8
    gender
    gamelan Jawa yg dibuat dr bilah-bilah logam berjumlah empat belas buah dng penggema dr bambu
    9
    harmonis
    bersangkut paut dng (mengenai) harmoni; seia sekata;
    10
    inspirasi
    ilham
    11
    klasik
    mempunyai nilai atau mutu yg diakui dan menjadi tolok ukur kesempurnaan yg abadi; tertinggi
    12
    kolektif
    secara bersama; secara gabungan
    13
    koma
    keadaan tidak sadar sama sekali dan tidak mampu memberi reaksi thd suatu rangsangan (krn keracunan, sakit parah, dsb)
    14
    kompensasi
    ganti rugi
    15
    kutub
    ujung poros atau sumbu bum
    16
    logika
    jalan pikiran yg masuk akal
    17
    metafora
    pemakaian kata atau kelompok kata bukan dng arti yg sebenarnya, melainkan sbg lukisan yg berdasarkan persamaan atau perbandingan
    18
    model
    pola (contoh, acuan, ragam, dsb) dr sesuatu yg akan dibuat atau dihasilkan
    19
    obsesi
    gangguan jiwa berupa pikiran yg selalu menggoda seseorang dan sangat sukar dihilangkan
    20
    oposisi biner
    berpaku pada hal-hal yang berlawanan
    21
    paradoks
    pernyataan yg seolah-olah bertentangan (berlawanan) dng pendapat umum atau kebenaran, tetapi kenyataannya mengandung kebenaran
    22
    protektif
    bersangkutan dng proteksi; bersifat melindungi
    23
    ras
    golongan bangsa berdasarkan ciri-ciri fisik; rumpun bangsa:
    24
    realita sosial
    Kehidupan nyata/ fakta dalm kehidupan sosial
    25
    sindrom
    himpunan gejala atau tanda yg terjadi serentak (muncul bersama-sama) dan menandai ketidaknormalan tertentu; hal-hal (spt emosi atau tindakan) yg biasanya secara bersama-sama membentuk pola yg dapat diidentifikasi
    26
    sekolah singgah
    Tempat belajar yang hanya menumpang
    27
    temperamen
    sifat batin yg tetap mempengaruhi perbuatan, perasaan, dan pikiran (periang, penyedih, dsb)
    28
    tradisi
    adat kebiasaan turun-temurun (dr nenek moyang) yg masih dijalankan dl masyarakat;
    29
    utopia
    sistem sosial politik yg sempurna yg hanya ada dl bayangan (khayalan) dan sulit atau tidak mungkin diwujudkan dl kenyataan
    30
    villa
    rumah mungil di luar kota atau di pegunungan; rumah peristirahatan (digunakan hanya pada waktu liburan)
    2.
    no
    istilah asing
    arti
    1
    leisure activity
    Aktivitas yang menyenangkan, dilakukan pada waktu
    senggang
    2
    opposite attracks
    attracks berlawanan
    3
    privilege
    hak istimewa
    4
    self- reference
    referensi diri
    5
    scene
    tempat kejadian
    6
    taken-for-granted
    diambil-untuk-diberikan
    3.
    Kata dasar
    Verba
    Nomina
    Ulas
    Mengulas
    Ulasan
    Nilai
    Menilai
    Penilaian
    Evaluasi
    Mengevaluasi
    Pengevaluasi
    Kritik
    mengkritik
    Kritikan
    Ukur
    Mengukur
    Ukuran
    Komentar
    mengomentari
    Pengomentar
    Tafsir
    Menafsirkan
    Tafsiran
    Kupas
    mengupas
    kupasan
    4.
    Kata
    antonim
    Keterbatasan
    Kelebihan
    Ketidakadilan
    Keadilan
    Pertemanan
    Permusuhan
    Ketakutan
    Keberanian
    Penolakan
    Penerimaan
    Pertemuan
    Perpisahan
    Kemewahan
    Kesederhanaan
    Perusak
    Perbaikan
    Ketenangan
    Kegaduhan
    Pemenuhan
    Pengosongan
    Perbedaan
    Persamaan
    Si- kaya
    Si-Miskin
    penyederhanaan
    Penjabaran
    kenyamanan
    kegelisahan
    5.
    Kata dasar
    Verba aktif
    Verba pasif
    Kembang
    Mengembangkan
    Dikembangkan
    Acu
    Mengacukan
    Diacuhkan
    Paku
    mempakukan
    Dipakukan
    Lawan
    Melawan
    Dilawan
    Utama
    Mengutamakan
    Diutamakan
    Kaitan
    Mengaitkan
    Dikaitkan
    Adaptasi
    Mengadaptasikan
    Diadaptasikan
    Inspirasi
    Mengispirasikan
    Diinspirasikan
    Alami
    Mengalamikan
    Dialamikan
    Jendela
    Belajar
    mengajarkan
    diajarkan
    Mukim
    Memukimkan
    dimukimkan
    Obsesi
    Mengobsesikan
    diobsesikan
    Gambar
    Menggambarkan
    digambarkam
    Jalan
    Menjalankan
    Dijalankan
    Rusak
    Merusakan
    dirusakkan
    Tenang
    Menenangkan
    ditenangkan
    mewah
    memewahkan
    dimewahkan
    6.
    Nomina dasar
    Nomina umum
    Nomina khusus
    Film
    sanggar
    Rumah
    Hollywood
    Impian
    Aldo
    Keluarga
    Rara
    Majalah
    Si mbok
    Buku
    Komunitas
    Jendela
    Mobil
    Negara
    Krayon
    Polisi
    Kolam renang
    Villa
    Kamera
    jakarta
    Bioskop
    7.
    Nomina turunan
    Pe+N
    Peng+N+an
    N+an
    Per+an
    Ke+N+an
    penanda
    Penolakan
    impian
    permukiman
    Kecenderungan
    Penerimaaan
    pemenuhan
    rangkaian
    Pertemanan
    Kemewahan
    penyederhanaan
    Kalangan
    persahabatan
    kebutuhan
    pelajaran
    hiburan
    permasalahan
    kecelakaan
    Pemaknaan
    perbedaan
    kepemilikan
    penawaran
    kenyamanan
    8.
    pronomina
    Contoh kalimat
    Orang ketiga:
    ia dan -nya
    1) Namun, keinginan Rara itu dimaknai sebagai keinginan yang berlebihan ketika ia “dihukum” dengan kompensasi yang harus ia bayar.
    2) Logika pemaknaan tersebut bekerja ketika Rara yang larut dalam kesenangan borjuis (pesta ulang tahun kakak Aldo) pulang untuk menemukan rumahnya habis terbakar, Si Mbok tergeletak koma dan ayahnya meninggal dunia.
    3) Keinginan Rara untuk memiliki sesuatu, alih-alih dimaknai sebagai hasrat kepemilikan yang lumrah dimiliki semua orang, justru dianggap sebagai sesuatu yang menyalahi/mengingkari takdirnya sebagai orang yang tidak berpunya.
    4) Kondisi rumah tersebut membuat Rara terobsesi untuk memiliki sebuah rumah berjendela. Sebuah impian yang harus ia bayar mahal di kemudian hari.
    9.
    adjektive
    Prosa adjektival
    Kumuh
    Pemukiman kumuh
    Kering
    Jiwanya kering
    Dramatis
    Penekanan dramatis
    Cilik
    Gadis cilik
    Destruktif
    perilaku destruktif
    Berlebihan
    Fisiknya berlebihan
    Dilema
    Mengakibatkan dilema personal
    Baik
    Keadaan baik
    utuh
    Keluarga yang utuh

     

    Baca Juga:

    latihan soal UN dan kunci jawaban bahasa indonesia

    Soal

    Hatta dan Drajad adalah dua pribadi dengan latar belakang yang berbeda. Hatta adalah praktisi, sedangkan Drajad adalah intelektual. Hatta kompromistis, Drajad kritis. Dengan demikian, cara penuangan nilai-nilai idealisme mereka kadang-kadang berbeda.

    Gagasan utama paragraf tersebut adalah ….

    1. perbedaan pribadi Hatta dan Drajad
    2. latar belakang kepribadian Hatta
    3. latar belakang kepribadian Drajad
    4. nilai-nilai idealisme Hatta dan Drajat

     

    Kunci Jawaban : A

    Pembahasan

    Gagasan utama atau gagasan pokok merupakan pernyataan umum yang terdapat pada kalimat utama.Kalimat tersebut bersifat umum dengan ditandai kata yang merujuknya. Biasanya terdapat pada awal atau akhir pargraf

    Kata kunci: Hatta dan Drajad adalah dua pribadi dengan latar belakang yang berbeda …. (perbedaan Hatta dan Drajad). Kata yang merujuknya: … sedangkan … (kalimat kedua); Hatta kompromistis, Drajad kritis. (kalimat ketiga)

     

    1. Kemampuan yang Diuji : Menentukan isi dan bagian suatu paragraf

    Indikator Soal : Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan kalimat utama utama paragraf tersebut

     

    Soal

    (1) Berbagai pihak mulai sibuk menyongsong Ujian Nasional SMP 2010. (2) Salah satunya adalah kesibukan Direktorat Pembinaan SMP menyelenggarakan kegiatan Pendalaman Materi UN bagi Tim Pengembang Kurikulum. (3) Dinas Pendidikan di daerah-daerah juga sibuk melakukan sosialisasi ke satuan pendidikan tentang pelaksanaan UN yang akan dilaksanakan akhir Maret . (4) Begitu juga, sekolah-sekolah mulai giat mengadakan kegiatan belajar tambahan untuk siswa kelas IX.

    Kalimat utama paragraf tersebut ditandai dengan nomor ….

    1. (1) C. (3)
    2. (2) D. (4)

     

    Kunci Jawaban : A

    Pembahasan :

    Kalimat utama merupakan kalimat yang isinya bersifat umum dan didukung kalimat penjelas. Dalam paragraf, kalimat utama biasanya terletak pada awal atau akhir paragraf.

    Pada paragraf tersebut kalimat utama dirujuk dengan kata kunci: Berbagai pihak sibuk …. (kalimat pertama). Didukung kalimat penjelas yang ditandai kata “…Direktorat Pembinaan SMP menyelenggarakan … (kalimat kedua) Dinas Pendidikan … sibuk melakukan ….(kalimat ketiga), sekolah-sekolah giat mengadakan …. (kalimat keempat).

     

    1. Kemampuan yang Diuji : Menentukan kritik terhadap isi bacaan

    Indikator Soal : Disajikan sebuah bacaan yang terdiri atas satu paragraf, siswa dapat menentukan kritikan terhadap isi bacaan tersebut

     

    Soal

     

    Akibat terlambatnya pasokan BBM dari Pertamina, kerepotan masyarakat seputar bahan bakar terus berlangsung. Kelangkaan premium dan pertamax di stasiun pengisian bahan bakar untuk umum (SPBU) sejak sebulan lalu kian meluas. Tidak hanya di Surakarta dan sekitarnya, kondisi itu kian meluas ke beberapa wilayah di Tanah Air. Sejauh pemantauan penulis, solar pun mulai menghilang. Pengumuman “Premium Habis” atau “Bensin Habis” banyak dijumpai di sejumlah SPBU. Akibatnya, terjadi antrean kendaraan yang ingin mengisi bahan bakar.

    Kritik yang tepat terhadap pihak Pertamina sesuai dengan teks berita di atas adalah…

     

    1. Sebaiknya Pertamina menjaga komitmennya untuk menjamin kelancaran pasokan BBM sehingga tidak meresahkan warga.
    2. Dalam urusan distribusi, keterlambatan pasokan merupakan hal yang sudah biasa karena kondisi cuaca yang tidak mendukung.
    3. Masyarakat sebaiknya bisa memaklumi terlambatnya pasokan BBM dan tetap bersabar serta tidak menyalahkan Pertamina.
    4. Sebagai badan usaha milik negara, Pertamina harus bertanggung jawab terhadap kekacauan dalam pasokan bahan bakar minyak (BBM).

     

    Kunci Jawaban : A

    Pembahasan

    Dalam KBBI kata kritik berarti kecaman atau tanggapan, kadang-kadang disertai uraian dan pertimbangan baik buruk terhadap suatu hasil karya, pendapat, dsb. Kritikan terhadap isi paragraf berarti memberikan tanggapan terhadap isi paragraf tersebut

    Kritikan berupa perbaikan (koreksi) terhadap perilaku negatif. Kata yang menyiratkan perilaku negatif: “terlambatnya pasokan BBM … kerepotan masyarakat…, Kelangkaan premium… kian meluas“ (kalimat kedua), solar pun …menghilang (kalimat ketiga), premiun habis…(kalimat keempat), terjadi antrean kendaraan…(kalimat kelima).

     

    1. Kemampuan yang Diuji : Menentukan isi dan penyajian teks berita, opini/tajuk

    Indikator Soal : Disajikan dua kutipan teks berita, siswa dapat menentukan persamaan isi kedua teks berita tersebut

     

     

     

     

     

     

     

     

    Soal :

    Cermati kutipan teks berita berikut!

    Teks Berita 1 Teks Berita 2
    AS menambah 30 ribu tentara tambahan ke Afghanistan dengan misi mengakhiri kekerasan Taliban dan Alqaidah. Misi pasukan tambahan ini berlangsung selama 1,5 tahun dan setelah itu akan ditarik kembali. Meskipun demikian, banyak pihak meragukan penambahan pasukan ini bisa menghentikan perlawanan Taliban dan Alqaidah. Konflik berkepanjangan antara pasukan Taliban dan Alqaidah di satu pihak melawan pasukan AS terus berlanjut. Pasukan AS terus memburu milisi yang diduga lari ke Yaman. Puluhan ribu pasukan terus ditambah dan dikerahkan. Namun, banyak pihak tidak yakin penambahan jumlah pasukan AS akan mampu memadamkan perlawanan Taliban dan Alqaidah.

     

    Kesamaan informasi kedua teks tersebut adalah …

    1. Amerika Serikat mengirim 30 ribu pasukan tambahan ke Afghanistan.
    2. Misi pasukan Amerika Serikat akan menjalankan tugas selama 1,5 tahun.
    3. Pasukan Amerika Serikat terus memburu milisi yang diduga lari ke Yaman.
    4. Banyak pihak meragukan kemampuan Amerika Serikat menghentikan perlawanan milisi.

     

    Kunci Jawaban : D

    Pembahasan

    Kesamaan informasi pada teks berita didasarkan pada isi berita yang berpedoman dari ADIKSIMBA (apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, bagaimana).

     

    Teks 1: … banyak pihak meragukan …. (kalimat ketiga) … banyak pihak tidak yakin …. (kalimat ketiga)

     

    1. Kemampuan yang Diuji : Menentukan isi dan penyajian teks berita, opini/tajuk

    Indikator Soal : Disajikan kutipan berita, siswa dapat menentukan isi berita tersebut.

    Soal

    Senin (16/1) tadi pagi bus penumpang dari Medan – Banda Aceh masuk paret di wilayah Saree. Kecelakaan diduga disebabkan terlepasnya ban depan sehingga bus menabrak pengaman jalan dan masuk parit. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.Karena benturan bus tidak begitu kuat. Saat ditemui di lokasi kejadian, Kepala Organda Cabang Banda Aceh menuturkan, penyebab pasti kecelakaan itu ada beberapa kemungkinan, antara lain faktor Bus, pemasangan ban depan, dan faktor teknis lainnya.

     

    Informasi yang merupakan isi teks berita tersebut adalah …

    1. Bus penumpang Banda Aceh mengalami kecelakaan pada hari Senin yang telah menimbulkan korban jiwa akibat ban depannya lepas.
    2. Kecelakaan telah terjadi pada bus penumpang sehingga masuk parit dan tidak menimbulkan korban jiwa di wilayah Saree.
    3. Bus penumpang telah mengalami kecelakaan pada hari Senin di Sare akibat terlepasnya ban depan dan tidak ada korban jiwa.
    4. Pada hari Senin Bus penumpang dari Banda Aceh-Medan mengalami kecelakaan di Saree akibat terlepasnya ban depan dan tidak ada korban jiwa.

     

    Kunci jawaban D

    Pembahasan:

    Isi berita berpedoman pada pertanyaan 5W+H yang memberikan gambaran isi berita yaitu (apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, bagaimana).

     

    6.Kemampuan yang Diuji : Menentukan isi dan penyajian teks berita, opini/tajuk

    Indikator Soal : Disajikan dua kutipan berita, siswa dapat menentukan perbedaan penyajian kutipan tersebut

     

    Soal

    Bacalah kedua teks berita berikut!

     

    Berita 1 Berita 2
    Gempa bumi berkekuatan 8,9 Skala Richter telah mengguncang Banda Aceh. Peristiwa itu terjadi pada hari Minggu (26/12) pukul 08.00 WIB selama 15 menit. Berdasarkan laporan bahwa peristiwa tersebut disertai dengan gelombang tsunami yang sangat dahsyat yang telah menimbulkan kerusakan yang sangat parah serta menelan korban jiwa sangat banyak. Kepala Badan Metrologi dan Geofisika Banda Aceh mengatakan pusat gempa pada 3,71 Lintang Selatan dan 100,74 Bujur Timur. Sumber gempa berada pada kedalaman 146 kilometer Barat daya, Banda Aceh. Minggu (26/12) pagi Banda Aceh diguncang gempa. Gempa bumi yang berkekuatan 8.9 Skala Richter mengguncang Banda Aceh. Informasi yang diterima telah terjadi kerusakan dan korban jiwa akibat terjangan gelombang tsunami yang meluluhlantakkan wilayah pesisir Banda Aceh. Sumber gempa berada pada kedalaman 146 kilometer barat daya, pada pada 3,71 Lintang Selatan dan 100,74 Bujur Timur Banda Aceh. Pernyataan ini disampaikan oleh Kepala Badan Metrologi dan Geofisika Banda Aceh.

     

    Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah …

     

    Berita 1 Berita 2
    A Apa-kapan-bagaimana-di mana-siapa Kapan-apa-bagaimana-siapa-di mana
    B Apa-kapan-siapa-bagaimana- di mana di mana-kapan-apa-bagaimana-siapa
    C Apa-kapan-bagaimana-siapa- di mana Kapan-apa-bagaimana-di mana-siapa
    D Apa-bagaimana-kapan-siapa- di mana Kapan-di mana-apa-bagaimana-siapa

     

    Kunci jawaban C

     

    Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut biasanya sangat bergantung kepada hal apa yang lebih dipentingkan dalam berita tersebut. Pada teks berita 1 dengan strukturapa ( gempa bumi ..)-kapan (pada hari Minggu..)- bagaimana (gelombang tsunami..),-siapa (Kepala badan Metrologi..) – di mana (di barat daya kota Banda Aceh..), sedangkan struktur berita 2 adalah kapan, apa, bagaimana, di mana, dan siapa.

     

    1. Kemampuan yang Diuji : Menentukan kalimat fakta/pendapat

    Indikator Soal : Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan kalimat pendapat pada paragraf tersebut.

     

    Soal

    . (1) Setiap kali musim hujan, kota Banda Aceh selalu banjir.( 2) Banjir yang terjadi merusak 100 rumah. (3) Seandainya masyarakat kota tidak membuang sampah sembarangan, hal ini tidak akan terjadi. (4) Sebenarnya anjuran tidak membuang sampah sembarangan ini sudah lama didengung-dengungkan pemerintah kota Banda Aceh tetapi tampaknya berlalu begitu saja.

     

    Kalimat yang berisi pendapat dalam paragraf tersebut ditandai dengan nomor ….

    A. (1) dan (3) C. (1) dan (4)

    1. (2) dan (3) D. (3) dan (4)

     

    Kunci jawaban D

    Pembahasan:

    Kata kunci dari pendapat yang menjadi acuan jawaban tersebut adalah kata seandainyanomor (3) dan kata sebenarnya ..dan tampaknya pada kalimat nomor (4) yang merupakan pendapat seseorang, sedangkan nomor (1) dan (2) berisi fakta karena kebenaran tidak terbantahkan kenyataannya yaitu Kota banda Aceh selalu banjir pada musim hujan. Di samping itu, Banjir yang terjadi merusak 100 rumah.

     

    1. Kemampuan yang Diuji : Menyimpulkan isi paragraf

    Indikator Soal : Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan simpulan paragraf tersebut

     

    Soal

    . Peristiwa besar tidak pernah berhenti di negeri kita. Gempa di Sumatera Barat berganti dengan kasus Bank Century. Kehebohan tentang bank yang konon melibatkan pejabat teras negeri ini masih bergulir, disusul pula dengan kasus Prita Mulyasari. Lalu, bangsa kita dirundung duka. K.H. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur meninggalkan kita ketika bangsa ini dikepung beragam persoalan yang pelik. Oleh karena itu, sudah saatnya kita merenung dan kembali pada ajaran-Nya.

    Simpulan paragraf tersebut yang tepat adalah …

    1. Bangsa kita tidak pernah berhenti dari persoalan besar sehingga kita perlu merenung dan kembali pada ajaran-Nya.
    2. Berbagai peristiwa besar mewarnai kehidupan bangsa kita seperti gempa, kasus bank, kasus Prita Mulyasari hingga wafatnya Gus Dur.
    3. Berbagai peristiwa duka menimpa bangsa kita, kini saatnya kita merenung dan kembali pada ajaran-Nya.
    4. Peristiwa duka tidak pernah berhenti menimpa bangsa kita, dari gempa hingga Gus Dur wafat.

     

    Kunci Jawaban : A

    Pembahasan:

    Simpulan merupakan pendapat akhir dari data yang terdapat pada isi teks bacaan. Simpulan paragraf dirumuskan berdasarkan pada hubungan sebab-akibat kalimat yang membentuk paragraf tersebut. Bangsa kita saatnya untuk merenung dan kembali pada ajaran-Nya (kalimat 6) merupakan bagian akibat. Kalimat 1, 2, 3, 4, dan 5 merupakan penyebabnya.

     

    1. Kemampuan yang Diuji : Menentukan isi tajuk

    Indikator Soal : Disajikan sebuah tajuk, siswa dapat menentukan gagasan utama tajuk tersebut

     

    Soal

    Bacalah kutipan tajuk berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 9 s.d. 12!

    Soal:

    Satu lagi budaya Indonesia yang dicuri Malaysia yaitu tari pendet. Tari pendet yang sangat dicintai masyarakat Bali telah digunakan negeri jiran itu untuk promosi pariwisatanya. Manuver ini menambah panjang daftar pencaplokan budaya Indonesia. Sebelumnya, negeri serumpun itu mengakui lagu “Rasa Sayange”, batik, musik angklung, dan reog Ponorogo sebagai budayanya. Kita marah dan menuntut Malaysia menyampaikan permohonan maaf serta menarik kembali iklan itu.

    Ketika kasus tari pendet ramai dipersoalkan Indonesia, seorang produser iklan pariwisata Malaysia dengan enteng menjawab,”Tidak ada salahnya kami mempromosikan tarian Indonesia. Karena tema yang kami angkat adalah The Truly Asia.” Akan tetapi, si produser itu lupa bahwa triknya terlalu mudah dibaca. Penjelasan tentang tari pendet berasal dari Indonesia tidak ada di bawah iklan.

    Kita sebagai bangsa besar dengan kekayaan budaya tiada tara boleh saja kesal dan marah, tetapi itu semua tidak menyelesaikan masalah. Besok atau lusa, hanya soal waktu, Malaysia akan mengklaim lagi budaya Indonesia sebagai budayanya. Jika Indonesia ribut, mereka tinggal melayangkan permohonan maaf. Yang penting, citra sebagai The Trully Asia sudah terbentuk.

    Indonesia harus menyikapi pengakuan tari pendet oleh Malaysia dengan serius, sistematis, dan komprehensif. Pariwisata harus dikelola dengan lebih gencar, memanfaatkan semua sumber daya yang dimiliki, terutama kekayaan budaya. Tiada guna kita berang terhadap ulah si Trully Asia tanpa langkah nyata untuk membangun martabat bangsa.
    Gagasan utama tajuk tersebut adalah ….

    1. Indonesia kurang serius dalam menyikapi pendakuan Malaysia terhadap tari pendet.
    2. Malaysia mendaku lagu Rasa Sayange, batik, musik angklung, dan reog Ponorogo
    3. Keributan Indonesia ketika Malaysia dengan enteng meminta maaf kepada Indonesia
    4. Kita adalah bangsa yang besar dengan kekayaan yang tiada tara boleh marah

     

    Kunci Jawaban : A

    Pembahasan :

    Tajuk atau tajuk rencana adalah tulisan opini dari redaktur suatu surat kabar.

    Gagasan utama tajuk merupakan inti persoalan yang dikemukakan oleh penulis dalam sebuah tajuk. Untuk mengenali gagasan utama sebuah tajuk kita harus tahu gagasan-gagasan pada setiap paragraf yang dikemukakan penulis.

    Ciri-ciri gagasan utama tajuk adalah:

    1. Persoalan yang paling umum dari sebuah tajuk
    2. Menjadi rincian persoalan dalam setiap paragraf
    3. Kata kuncinya sering muncul

     

    Pada tajuk di atas kita akan menemukan rincian gagasan:

    • Tari pendet khas Indonesia dicuri Malaysia (paragraf I).
    • Tari pendet ramai dipersoalkan di Indonesia (paragraf II).
    • Kesal dan marah tidak dapat menyelesaikan masalah (paragraf III)
    • Indonesia harus menyikapi pengakuan tari pendet oleh Malaysia dengan serius, sistematis, dan komprehensif (paragraf IV)

     

    Kata kunci dalam tajuk tersebut adalah tari pendet. Paragraf keempat merupakan sikap yang harus diambil oleh Indonesia terhadap persoalan yang diutarakan pada paragraf I,II, dan III. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa gagasan yang paling umum dari keempat paragraf tersebut adalah pilihan A, sedangkan pilihan B,C, dan D merupakan salah satu gagasan rincian paragraf yang lingkupnya sempit.

     

    1. Kemampuan yang Diuji : menentukan isi tajuk

    Indikator Soal : Disajikan sebuah tajuk, siswa dapat menentukan letak kalimat fakta pada tajuk tersebut

     

    Soal

    Letak kalimat fakta pada tajuk tersebut adalah ….

    1. paragraf pertama kalimat kedua
    2. paragraf kedua kalimat kedua
    3. paragraf ketiga kalimat kedua
    4. paragraf keempat kalimat kedua

     

    Kunci Jawaban: A

    Pembahasan:

    Fakta adalah peristiwa yang tidak diragukan lagi kebenarannya.

    Salah satu ciri kalimat fakta adalah peristiwa yang dikemukakan telah berlangsung.

    Fakta yang terdapat pada tajuk tersebut terdapat pada paragraf pertama kalimat kedua. Kata kuncinya adalah telah.

    Bukti fakta: Tari pendet yang sangat dicintai masyarakat Bali telah digunakan negeri jiran itu untuk promosi pariwisatanya. (paragraf pertama kalimat kedua) .

     

    1. Kemampuan yang Diuji : menentukan isi tajuk

    Indikator Soal : Disajikan sebuah tajuk, siswa dapat menentukan keberpihakan penulis dalam tajuk tersebut.

     

    Soal :

    Penulis pada tajuk tersebut berpihak pada….

    1. rakyat Indonesia
    2. negeri jiran Malaysia
    3. masyarakat Bali
    4. produser iklan

     

    Kunci Jawaban : C

    Pembahasan :

    Bukti keberpihakan penulis: Tari pendet yang sangat dicintai masyarakat Bali telah digunakan negeri jiran itu untuk promosi pariwisatanya (paragraf kesatu kalimat kedua).

     

    1. Kemampuan yang Diuji : Menentukan isi tajuk

    Indikator Soal : Disajikan sebuah tajuk, siswa dapat menentukan simpulan isi tajuk tersebut.

     

    Soal :

    Simpulan isi tajuk tersebut adalah…

    1. Malaysia telah membuat marah rakyat Indonesia karena telah beberapa kali mencuri budaya Indonesia.
    2. Indonesia hanya bisa ribut ketika Malaysia dengan enteng meminta maaf melalui surat kepada Indonesia.
    3. Sebagai bangsa yang besar dengan kekayaan yang tiada tara, tidak boleh kesal dan marah terhadap bangsa Malaysia.
    4. Pengakuan Malaysia terhadap tari pendet perlu disikapi Indonesia secara serius, sistematis, dan komprehensif.

     

    Kunci Jawaban: D

    Pembahasan:

    Simpulan tajuk adalah akhir dari suatu pendapat dari sebuah tajuk. Simpulan isi tajuk selalu berkorelasi dengan gagasan utamanya. Simpulan isi tajuk dapat dinyatakan penulis secara eksplisit (tersurat) maupun implisit (tersirat). Pada tajuk tersebut, simpulannya dinyatakan secara eksplisit, yaitu terdapat pada paragraf keempat kalimat pertama (pilihan D). Sedangkan pilihan A, B, C tidak berkorelasi dengan gagasan utama (lihat pembahasan soal nomor 9).

     

    1. Kemampuan yang Diuji : Menyimpulkan isi grafik, tabel, bagan, peta, denah

    Indikator Soal : Disajikan grafik, siswa dapat menentukan simpulan isi grafik tersebut

     

    Soal :

    Grafik Perolehan Nilai Rata-rata Bermain Drama di Kelas IX.A SMP Merah Putih

     

    \s

     

    Simpulan isi grafik tersebut adalah …

    1. Perolehan nilai rata-rata siswa kelas IX.A dalam bermain drama tampak sangat bervariasi.
    2. Kenaikan perolehan nilai rata-rata dalam penghayatan dan pelafalan dalam bermain drama di kelas IX.A untuk setiap siklus adalah sama.
    3. Perolehan nilai rata-rata kemampuan siswa kelas IX.A berekspresi saat bermain drama sangat menggembirakan.
    4. Perolehan nilai rata-rata siswa kelas IX.A dalam bermain drama mengalami kemajuan setiap siklus.

     

     

    Kunci Jawaban : D

    Pembahasan:

    Simpulan grafik diperoleh dari data yang ada pada grafik kemudian disertai dengan pendapat . Data pada grafik tersebut yaitu perolehan nilai rata-rata siswa kelas IX.A bermain drama pada tiga kali pembelajaran (siklus). Aspek yang dinilai adalah ekspresi, penghayatan, volume suara (pelafalan), dan penguasaan naskah. Dari data yang ada menunjukkan bahwa terjadi kenaikan perolehan nilai dari satu siklus ke siklus beriukutnya.

     

    14. Kemampuan yang Diuji : Menyimpulkan isi grafik, tabel, bagan, peta, denah

    Indikator Soal : Disajikan tabel, siswa dapat menentukan pertanyaan isi tabel tersebut

     

     

     

     

     

     

     

     

    Soal :

    Cermatilah tabel berikut!

    Harga Sembako Di Empat Kota

     

    Sembako Pusat Pasar

    Medan
    (Rp/Kg)

    Pasar Beringharjo

    Yogyakarta

    (Rp/Kg)

    Pusat Pasar

    Pekanbaru

    (Rp/Kg)

    Pasar Legi

    Solo

    (Rp/Kg)

    Beras Aries 6.000,00 7.000,00 8.500,00 6.500,00
    Minyak Goreng 7.000,00 7.500,00 8.500,00 7.800,00
    Cabe Merah 12.000,00 12.000,00 17.500,00 13.500,00
    Gula Pasir 7.000,00 7.300,00 8.000,00 7.500,00
    Tepung Terigu 15.000,00 16.000,00 17.000,00 15.500,00

     

    Pertanyaan yang jawabannya paling sesuai dengan tabel tersebut adalah …

    1. Berapakah selisih harga cabe merah di Medan dengan di Yogyakarta?
    2. Di kota manakah harga sembako yang lebih tinggi dibandingkan dengan kota lainnya?
    3. Berapa kali lipatkah harga sembako lebih tinggi di Pekanbaru dibandingkan dengan Solo?
    4. Mengapa harga tepung terigu lebih tinggi di Yogyakarta?

     

     

    Kunci Jawaban : B

    Pembahasan:

    Jawaban pertanyaan yang ditemukan pada tabel yaitu harga sembako lebih tinggi di Pekanbaru dibandingkan kota yang lainnya.

     

    15. Kemampuan yang Diuji : Pernyataan sesuai isi grafik, tabel, bagan, denah

    Indikator Soal : Disajikan sebuah diagram, siswa dapat menentukan pernyataan yang merupakan isi diagram tersebut

     

    Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 50 Kelas 12 Semester 2

    No.

    Akronim

    Kepanjangan

    Contoh Dalam Kalimat

    1.

    Puskesmas

    pusat kesehatan masyarakat

    Pada hari senin dan selasa Puskesmas itu ramai dikunjungi oleh pasien yang sakit.

    2.

    Tilang

    Bukti Tilang

    Minggu lalu saya terkena pelanggaran oleh polisi di Mangga Dua, namun saya tidak diberikan tilang oleh polisi tersebut, hanya memberikan selembar lima puluh ribu saja.

    3.

    Rudal

    Peluru Dalam

    Ia tak bisa berkutik karena ia dibawah tekanna rudal polisi tersebut.

    4.

    ITS

    Institut Teknologi Surabaya

    Ita sedang menempuh pendidikan selanjutnya setelah tamat SMA di ITS.

    5.

    HAM

    Hak Asasi Manusia

    Telah tertulis dan juga terdapat peraturan yang mana menegaskan bahwa HAM adalah milik semua manusia.

    6.

    Capres

    Calon Presiden

    Capres kita kali ini adalah seorang yang berbudi luhur karena ia gemar memberikan santunan pada rakyat yang kurang mampu juga pada mereka yang berada di panti asuhan.

    7.

    Wartel

    Warung Telepon

    Jaman dahulu di tahun awal 2000an, handphone adalah barang langka untuk setiap orang, untuk itu dahulu banyak orang yang membuka usaha wartel atau warung telepon dengan menerapkan tariff atau biaya telfon perpanggilan serta sesuai dengan waktu.

    8.

    MUI

    Majelis Ulama Indonesia

    Untuk mendapatkan atau mengetahui bahwa masakan itu halal atau tidak kita harus tahu dari lebel MUI. Karena kini di Indonesia pemerintah telah menerapkan kebijakan tersebut.

    9.

    SIM

    Surat Izin Mengemudi

    Hingga umur Lina mencapai 29 tahun , ia belum juga mau mengurus SIM, bahkan untuk naik motor pun juga ia enggan.

    10.

    PNS

    Pegawai Negeri Sipil

    Ketika guru bahasa Indonesia tadi bertanya apakah cita-cita saya? Saya pun menjawab menjadi PNS atau Guru PNS.

    SOAL LATIHAN DAN KUNCI JAWABAN UKK BAHASA INDONESIA KELAS 8 ( VIII ) SMP/ MTS

     

    Bacaan
    Perang
    Diponegoro
    Pangeran
    Diponegoro, yang semula bernama Raden Mas Ontowiryo, adalah putra Siltan
    Hamengku Buwono III dari ibu yang bukan permaisri, R.A. Mangkarawati, seorang
    putri berdarah Madura. Pangeran Diponegoro dilahirkan di Yogyakarta tanggal 11
    November 1785. Sejak kecil diash nenknya, Kanjeng Ratu Ageng, yang terkenal
    saleh, bermukim di Tegalrejo.
    Campur
    tangan Belanda dalam persoalan Yogyakarta semakin merongrongkewibawaan raja.
    Diponegoro sangat marah ketika melihattingkah laku Belanda yang tidak
    menyenangkan.
    Tanggal
    20 Juli 1825 Pangeran Diponegoro mengangkat senjata melawan Bekanda dengan
    bantuan beberapa orang bangsawan yang antu penjajah.
    Beberapa
    hal yang mendorong Diponegoro mengangkat senjata adalah kerja paksa membuat
    jalan Merak sampai Panarukan yang banyak memakan korban, rasa anti penjajah
    yang ditananmkan oleh Sri Sultan I dan II, sistem pajak tanah yang merugikan
    penduduk timbulnya tuan tanah yang diberikan kepada orang asing, di samping
    rongrongan kewibawaan raja oleh beberapa punggawa yang pro Belanda.
    Soal
    1. Pikiran
    utama paragraf pertama wacana diatas adalah …………….
    a. Pangeran
    Diponegoro semula bernama Raden Mas Ontowiryo.
    b. Pangeran Diponegoro
    adalah putra Sultan Hamengku Buwono III.
    c. Pangeran
    Dponegoro adalah putra RA. Mangkarawati.
    d. Pangeran Diponegoro
    di masa kecilnya.
    2. Mengapa
    Pangeran Diponegoro memusuhi Belanda?
    a. Karena
    Pangeran Diponegoro orang Indonesia.
    b. Karena Belanda
    bertempat tinggal di Indonesia.
    c.&nbsnbsp; Karena
    Diponegoro didukung beberapa bangsawan.
    d. Karena Belanda
    merongrong kewibawaan raja.
    3. Simpulan
    isi teks di atas adalah ……….
    a. Tanggal 20
    Juli 1825 Diponegoro mengangkat senjata.
    b. Perlawanan
    Diponegoro terhadap penjajah Belanda.
    c. Kerja paksa
    membuat jalan antara Merak sampai Panarukan.
    d. Timbulnya tuan
    tanah yang diberikan kepada orang asing.
    4. Kedisiplinan
    para siswa dapat dtingkatkan melalui beberapa upaya. Melalui kegiatan
    ekstrakurikuler misalnya upacara bendera, latihan baris berbaris, kepramukaan
    atau kegiatan paskibraka.
    Tanggapan
    yang baik sesuai dengan pernyataan di atas adalah …………….
    a. Disiplin
    sangat diperlukan untuk membina mentalitas yang tangguh
    b. Kedisiplinan
    sebenarnya akan terbentuk langsung secara alami
    c. Melalui
    kegiatan ekstrakurikuler itulah akan terbina kedisiplinan yang matang dan
    semangat saling menghargai
    d. Dengan jiwa yang
    disiplin, maka terbentuklah jiwa yang tangguh
    5. Penyebab
    kecelakaan lalu lintas di jalan raya adalah kesalahan pengemudi. Pengemudinya
    biasanya kurang sabar. Mereka saling mengebut dan ingin mendahului. Mengantuk
    juga sering menjadi penyebab kecelakaan. Jarak yang ditempuh kendaraan
    terlalujauh akan mengakibatkan sopir lelah dan mengantuk sehinga mudah tabrakan
    dengan kendaraan lain.
    Kalimat
    tanggapan yang sesuai dengan paragraf tersebut adalah …….
    a. Jarak terlalu
    jauh mengakibatkan pengemudi kurang sabar.
    b. Bila sopir,
    berhati-hati maka kecelakaan tidak akan terjadi.
    c. Para
    pengemudi biasanya mengebut dan saling mendahului.
    d. Tabrakan terjadi
    karena pengemudi sering mengantuk.
    6. Kalimat
    berikut yang merupakan pendapat adalah …….
    a. Pada musim
    layangan langit dipenuhi layangan adu dengan berbagai bentuk.
    b. Belum jelas benar
    hilangnya layangan adu itu sehingga panitia akan mencarinya.
    c. Yang jelas,
    layangan hias dapat menentramkan hati yang menerbangkannya.
    d. Mereka bisa
    rekreasi, sekaligus melepas stres dengan layang-layang.
    7. 1.
    Setelah puas berkeliling, kami berkumpul untuk makan siang bersama.
    2. Meskipun
    kelelahan, kami merasa puas karena sudah melihat Candi Borobudur di Jawa Tengah
    secara langsung.
    3. Tepat pukul 17.00
    kami bersiap pulang ke Kediri.
    4. Sebelum berangkat
    kami mendapatkan pengarahan.
    5. Kami berangkat
    bersama dari sekolah.
    6. Sesampainya di
    Candi Borobudur, kami melihat-lihat relief-relief candi.
    Kalimat-kalimat
    tersebut akan menjadi laporan yang sistematisbila di susun dengan urutan …..
    a. 4, 5, 6, 1, 3,
    2
    b. 5, 4, 6, 3, 2,
    1
    c. 4, 6, 5, 3, 1,
    2
    d. 5, 6, 4, 1, 3, 2
    8. Carilah
    permasalahan untuk didiskusikan ! Setiap anggota kelompok mencari permasalahan
    untuk diskusi (1) Jangan lupa, agar diskusi berjalan lancar,
    tentukan moderator (2) dan notulen (3) Bahaslah
    bersama-sama permasalahn itu ! Setiap kelompok diskusi dan berargumentasi (4).
    Istilah-istilah
    pada paragraf tersebut bila disusun menjadi kamus kecil, yang tepat adalah
    …..
    a. 1, 2, 3,
    4
    b. 2, 3, 4,
    1
    c. 4, 3, 2,
    1
    d. 4, 1, 2, 3
    9. Kecintaan
    ayah dan ibu kepada anaknya betul-betul cinta yang tulus dan ikhlas tanpa
    kepalsuan. Ungkapan yang tepat untuk pernyataan tersebut adalah …
    a. Cinta yang
    murni
    b. Cinta yang
    buta
    c. Cinta segitiga
    d. Cinta keluarga
    10. Sejak
    dulu dia mempunyai cita-cita berkarir di dunia musik. Dia membentuk group musik
    dengan teman-temannya. Pada awalnya orang tuanya tidak mengijinkan dia berkarir
    di dunia musik. Akan tetapi, sekarang orang tuanya sudah mengijinkan dan
    mendukung ihtiarnya.
    Kata-kata
    tidak baku yang terdapat dalam paragraf tersebut adalah ….
    a. Cita-cita,
    karir, musik,
    ihtiar
    b. Karir, group, ijin,
    ihtiar
    c. Musik, ijin, orang tua, ihtiar
    d. Sejak, lahir, sekarang, awal
    11. Kalimat
    berikut menggunakan kata berhomonim adalah ….
    a. Bang Ali
    kemarin menabung di bank Jatim.
    b. Bisa ular bisa
    dijadikan obat kulit
    c. Setelah apel
    pagi dia membeli apel
    d. Saya sangsi
    terhadap sanksi yang diberikan
    12. Kegemaran akan
    bersepeda bukan main besarnya. Sambutan masyarakat terhadap lomba sepeda gembira yang
    di gelar setiap bulan tidak kepalang tanggung. Kalau setiap lomba pesertanya
    tidak dibatasi, penyelenggara di Kediri akan mengalami kerepotan.
    Sinonim
    kata-kata yang terecetak miring dalam paragraf di atas adalah ….
    a. Keinginan,
    santai,
    kesulitan
    b. Kesenangan, suka
    ria,
    kesulitan
    c. Kebiasaan, kebanggaan, keresahan
    d. Kesukaan, riang, kesusahan
    13. Kalimat
    yang saudara susun kurang sesuai dengan struktur bahasa.
    Kalimat
    logis untuk menanggapi pernyataan di atas adalah ……
    a. Maaf, saya
    tidak menerima kritik Saudara !
    b. Terima kasih atas
    kritik Saudara, akan saya perhatikan
    c. Tanggapan
    Saudara tidak tepat disampaikan dalam diskusi ini
    d. Maaf, bukan saya
    yang menyusun, saya hanya menyampaikan
    14. Tetapi
    apa boleh buat, nasi sudah menjadi bubur.
    Makna
    peribahasa dalam kalimat di atas adalah ….
    a. Segala
    sesuatu ada resikonya
    b. Pada awalnya baik,
    namun akhirnya jelek
    c. Karena tidak
    mengerti, akhirnya merugi
    d. Perbuatan yang
    terlanjur tidak dapat kita sesali
    15. Kalimat
    yang menggunakan kata tidak baku adalah …..
    a. Polisi
    memberi isyarat agar kami segera menepi
    b. Orang tua harus
    bisa menjadi suri teladan bagi anak-anaknya
    c. Jangan
    khawatir, persediaan barang masih banyak
    d. Kita berdo’a agar
    Indonesia tetap aman dan damai
    16. Kalimat
    yang dapat kita pakai dalam menyanggah pendapat dalam diskusi antara lain :
    a. Saya kurang
    setuju
    b. Pendapat anda tidak
    tepat
    c. Dangkal sekali pengetahuan anda
    d. Pendapatmu tidak masuk akal
    17. Kesantunan
    seorang pemimpin diskusi tertera dibawah ini, kecuali …..
    a. Mengetahui
    aturan permainan diskusi
    b. Berpegang teguh
    pada faham tertentu
    c. Membuka dan menutup diskusi
    d. Menerangkan setiap pendapat peserta
    18. Cara-cara
    yang baik untuk menjadi pembawa acara seperti berikut ini, kecuali ….
    a. Carilah
    informasi akutal dari berbagai media agar wawasan luas
    b. Gunakan ragam
    bahasa yang sesuai dengan acara
    c. Tampillah
    dengan percaya diri
    d. Buatlah susunan
    acara pada saat akan dimulai
    19. Kalimat
    yang diucapkan oleh seorang pembawa acara yang benar adalah ….
    a. Bapak Kepala
    Sekolah saya persilahkan untuk memberikan sambutan
    b. Waktu dan tempat
    saya persilahkan
    c. Kepada beliau
    waktu dan tempat saya haturkan
    d. Bapak Kepala
    Sekolah saya mohon memberikan sambutan
    20. Apabila
    kita menjadi pembawa acara kita harus berkonsultasi dengan ….
    a. Panitia
    penyelenggara
    b. Penonton
    c. Penata penggung
    d. Katering
    21. Wabah
    penyakit demam berdarah melanda perkampungan. Beberapa anak terpaksa di bawa ke
    rumah sakit karena wabah itu. Penyebar penyakit itu adalah nyamuk. Oleh karena
    itu, pemberantasan terhadap perkembangbiakan nyamuk itu dilaksanakan
    besar-besaran.me
    Kalimat
    poster yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ….
    a. Biasakanlah
    pola hidup sehat setiap saat
    b. Jangan biarkan
    nyamuk ada di sekitar kita
    c. Demam
    berdarah merupakan penyakit berbahaya
    d. Berantaslah sarang
    nyamuk dimanapun berada
    22. Untuk
    megingatkan warga agar menjaga kebersihan lingkungan demi kenyamanan hidup,
    ketua RT. 01/01 mengajak sekretarisnya untuk memasangkan slogan di setiap gang
    di wilayah Rt tersebut.
    Slogan
    yang sesuai dengan ilutasi tersebut adalah ….
    a. Kebersihan
    mohon selalu dijaga bersama.
    b. Mari menjaga
    kebersihan untuk kenyamanan hidup
    c. Lingkungan
    bersih menyebabkan hidup penuh kebahagiaan
    d. Bersih lingkunganku
    nyaman hidupku
    23. Kalimat
    yang cocok dijadikan poster adalah ….
    a. Ayo kita
    belajar setap
    hari
    b. Belajarlah
    sepanjang
    hayat
    c. Tidak belajar menjadikan kita bodoh
    d. Belajarlah dirumah saja jika tidak ke sekolah
    24. Setiap
    hari Soni bermain-main saja. Buku pelajarannya tidak pernah dibuka, apalagi
    dipelajari. Tiap kali ayah dan ibunya mengingatkan Soni bahwa ujian sudah
    dekat. Akan tetapi, Soni tidak mau menurut. Ia msih saja tak mau mengubah
    sikap. Akhirnya, Soni tidak lulus ujian.
    Watak
    Soni dalam kutipan cerpen tersebut adalah ….
    a. Nakal
    b.
    Pembangkang
    c.
    Pemberani
    d. Pemalas
    25.
    (1) matahari membara, tepat di atas kepala, panas menyerang tanpa ampun, aspal
    meleleh, perutku kosong, kerongkongan kering. (2)aku melangkah seperti kerangka
    kayu yang reyot, pandangan berkunang-kunang. (3) kami kehausan dan menderita
    dehidrasi, bahkan sudah tidak lagi berkeringat.(4) aku tak sanggup, apalagi
    waktu melewati danau, aku ingin sekali membatalkan puasaku, tapi saat aku
    menoleh kepada Arai, ia tersenyum menggeleng….”bertahanlah Ika!”
    Bukti
    bahwa watak Arai tidak mudah menyerah terlihat pada kalimat nomor…….
    a.
    1
    b.2
    c.
    3
    d. 4
    26.
    Hari ini Mia kecelakaan. Bus yang ditumpanginya menabrak truk yang melaju
    sangat cepat. Padahal kemarin Mia sudah mempersiapkan semua keperluannya. Baju
    wisuda, topi toga, dan segala peralatanlainnya. Mia selalu bercerita untuk
    menjadi sarjanaia telah relakan waktu bermain dan bercandauntuk bekerja cari
    biaya kuliah.
    Cerita
    di atas disusun menggunakan alur….
    a.
    Maju
    b.
    Regresif
    b.
    Linier
    d.
    Progresif
    27.
    Pesan penyair yang disampaikan kepada pembaca melalui kalimat-kalimat dalam
    pisi di sebut….
    a.
    Setting
    b.
    Amanat
    c.
    Tema
    d.
    Alur
    28.
    Ibu : (Dengan penuh
    kesabaran)sudahlah, nak. Nanti juga kelihatan siapayang benar dalam peristiwa
    itu.

    Anak : Tidak, Bu! Aku tetap tidak terima
    atas perlakuan ini!
    Dalam
    cuplikan dialog di atas ucapan anak itu disertai perasaan……
    a.
    Gembira
    b.
    Sedih
    c.
    Jengkel
    d. Menyesal
    29.
    Teks berita sebaiknya ditulis secara…..

    a. Panjang, lebar, dan
    jelas
    c. Jelas dan singkat

    b. Padat dan
    singkat
    d. Jelas, padat, dan singkat
    30.
    Kami bicara padamu dalam hening di malam sepi. Jika dada rasa hampa dan
    jam dinding yang berdetak.
    Kata
    yang tercetak miring dalam penggalan puisi di atas mengandung citraan…..
    a.
    Pendengaran
    b.
    Penglihatan
    c.
    Penciuman
    d.
    Perasaan
    31.
    Di bawah ini adalah peserta diskusi, kecuali……
    a.
    Pimpinan
    diskusi
    b.
    Peserta
    diskusi
    c.
    Penulis diskusi
    d.
    Penonton diskusi
    32.
    Slogan yang cocok untuk pelajar adalah…

    a. Aku mau hidup selama-lamanya

    b. Tidak ada yang lebih penting selain mencintai

    c. Belajar hari ini untuk hidup seribu tahun di masa depan

    d. Merokok sangat berbahaya bagi kesehatan sendiri dan orang lain
    33.
    Dan ada nasihat-nasihat ayahnya terlalu datar seperti air bengawan di musim
    kemarau, akupun telah mulai bosan. Setiap keadaan yang mungkin membawa ayah memberikannasihat-nasihatnya.
    Sifat
    aku pada penggalan cerpen di atas adalah ……
    a.
    Patuh
    b.
    Penurut
    c.
    Disiplin
    d.
    Pembangkang
    34.
    Meski
    kini

    Mampu aku berdiri, berjalan sendiri

    Tetapi aku anakmu

    Butuh kasihmu

    Ibu…….

    Pernyataan yang merupakan isi puisi tersebut adalah ….
    a. Sesukses
    apapun seorang anak tetap membutuhkan kasih sayang ibu.
    b. Meskipun
    bisa berdiri dan berjalan, seorang anak tetap membtuhkan ibunya.
    c. Kasih
    sayang ibu mampu membuat anaknya berdiri dan berjalan.
    d. Seorang
    ibu tetap membutuhkan kasih sayang dari anaknya.
    35.
    Citraan puisi di atas adalah …..
    a.
    Penglihatan
    b.
    Pendengaran
    c.
    Perasaan
    d.
    Penciuman
    36.
    Persamaan bunyi pada akhir baris di sebut ….
    a.
    Lagu
    b.
    Irama
    c.
    Rima
    d.
    Ritme
    37.
    Pemilihan kata yang tepat dalam menulis puisi di sebut ……

    a.
    Diksi
    b.
    Imajinasi
    c.
    Mimik
    d.
    Rima
    38.
    Kalau kita akan menulis puisi kita harus memperhatikan hal-hal berikut ini,
    kecuali ….
    a.
    Diksi
    b.
    Imajinasi
    c.
    Majas
    d.
    Vokal
    39.
    Dalam membacakan puisi kita harus memperhatikan hal-hal berikut ini,
    kecuali…..
    a.
    Suara harus
    keras
    b.
    Mimik
    c.
    Tekanan
    d.
    Intonasi
    40.
    Fungsi judul puisi secara umum adalah …….

    a. menarik perhatian dan mengetahui isi puisi

    b. menulis isi puisi dan tema puisi
    c.
    menentukan tema dan diksi puisi
    d.
    memilih diksi dan bait puisi
    B.
    Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar !
    1. Apa
    yang di maksud dengan slogan? Buatlah contoh!
    2. Mereka
    yang terkena musibah banjir menanti uluran tangan para dermawan.

    Apakah makna ugkapan uluran tangan?
    3.
    Apakah yang dimaksud alur flash back?
    4.
    Tuliskan singkatan nama gelarnya !

    Siti Rahayu Sarjana Pendidikan Islam.
    5.
    Buatlah sebuah contoh memberikan pendapat dalam sebuah diskusi dengan disertai
    alasan yang logis!
    KUNCI
    JAWABAN SOAL BHS. INDONESIA
    BAGIAN A
    1
    A
    11
    B
    21
    B
    31
    D
    2
    D
    12
    D
    22
    D
    32
    C
    3
    B
    13
    B
    23
    B
    33
    D
    4
    C
    14
    D
    24
    B
    34
    A
    5
    B
    15
    C
    25
    D
    35
    A
    6
    C
    16
    A
    26
    B
    36
    C
    7
    A
    17
    B
    27
    B
    37
    A
    8
    D
    18
    D
    28
    C
    38
    D
    9
    A
    19
    A
    29
    D
    39
    A
    10
    B
    20
    A
    30
    A
    40
    A


    KUNCI
    JAWABAN
    BAGIAN B
    1. Slogan
    adalah pernyataan yang tidak terlalu panjang, dibuat menarik dan mudah diingat
    yang berfungsi untuk memberitakan kepada kelompok umum

    Contoh : Hemat pangkal kaya
    2.
    Bantuan
    3.
    Flash back adalah alur sorot balik yaitu alur cerita yang dimulai dari
    peristiwa akhir dilanjutkan peristiw awal ke peristiwa tengah.
    4.
    Siti Rahayu, S.Pd.I
    5.
    Saya kurang setuju dengan pendapat saudara karena dari beberapa konsep yang
    diajukan mengenai tata tertib sekolah masih perlu disempurnakan.

    Kebijaksaan korektor.

     

    Berikut ini Soal dan Kunci Jawaban Pengayaan persiapan UN SMP tahun
    2016
    .mapel Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan IPA produk
    Direktorat Pembinaan SMP Kemendikbud

     

    Soal Matematika, Download
    Soal Bahasa Indonesia, Download
    Soal Bahasa Inggris, Download
    Soal IPA, Download



    kunci jawaban bahasa indonesia,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 6,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 9,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 8,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 7 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kurikulum 2013,contoh tugas terstruktur bahasa indonesia smp,kunci jawaban bahasa indonesia,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 18,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 87 kelas 11,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 9,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 88,kunci jawaban buku mandiri bahasa indonesia kelas 7 penerbit erlangga,tugas bahasa indonesia halaman 88,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 76,contoh soal bahasa indonesia kelas 10 semester 2 beserta jawabannya,jawaban bahasa indonesia kelas 11 semester 2 halaman 60,tugas terstruktur bahasa indonesia kelas 9,format tugas terstruktur bahasa indonesia smp,kunci jawaban tugas bahasa indonesia kelas 12 kurikulum
    Kumpulan Link Download Soal Latihan UN SMP /MTS 2016




    Berikut ini contoh Prediksi
    atau latihan Soal UN tahun 2016 atau
    tahun Pelajaran 2015/2016
    yang diharapkan dapat membantu mempersiapkan para siswa SMP menghadapi UN tahun
    2016 atau tahun Pelajaran 2015/2016



    Prediksi
    atau latihan Soal dan Kunci Jawaban UN IPA SMP tahun 2016 atau tahun Pelajaran
    2015/2016

    1. Download Prediksi Soal UN IPA SMP
    tahun 2016 atau tahun Pelajaran 2015/2016
    Paket 1 ( KlikDisini )
    2. Download Prediksi Soal UN IPA SMP
    tahun 2016 atau tahun Pelajaran 2015/2016
    Paket 1 ( KlikDisini )
    3. Download Kunci dan Pembahasan Soal Prediksi
    UN IPA SMP tahun 2016 atau tahun Pelajaran 2015/2016
    ( KlikDisini )



    Prediksi Soal
    dan Kunci Jawaban UN Bahasa Indonesia
    SMP tahun 2016 atau tahun Pelajaran 2015/2016:
    1. Download Prediksi Soal UN Bahasa
    Indonesia
    SMP tahun 2016 atau tahun
    Pelajaran 2015/2016
    Paket 1 ( KlikDisini )
    2. Download Prediksi Soal UN Bahasa
    Indonesia
    SMP tahun 2016 atau tahun
    Pelajaran 2015/2016
    Paket 2 ( KlikDisini )
    3. Download Kunci jawaban dan Pembahasan Prediksi Soal UN Bahasa Indonesia SMP tahun 2016 atau tahun Pelajaran 2015/2016
    ( KlikDisini )

    Prediksi Soal dan Kunci Jawaban UN
    Bahasa Inggris SMP
    tahun 2016 atau
    tahun Pelajaran 2015/2016

    1. Download Prediksi Soal dan Kunci Jawaban UN Bahasa Inggris SMP tahun 2016 atau tahun Pelajaran 2015/2016 Paket 1( KlikDisini )
    2. Download Prediksi Soal dan
    Kunci Jawaban UN Bahasa Inggris SMP
    tahun
    2016 atau tahun Pelajaran 2015/2016
    Paket 2( KlikDisini )
    3. Download Kunci jawaban dan pembahasa Prediksi Soal UN Bahasa Inggris SMP tahun
    2016 atau tahun Pelajaran 2015/2016
    ( KlikDisini )



    Kumpulan Soal dan Pembahasan UN SMP/MTS 2016

    Prediksi Soal dan Kunci Jawaban UN Matematika SMP
    tahun 2016 atau tahun Pelajaran
    2015/2016

    1. Download Prediksi Soal dan Kunci
    Jawaban UN Matematika SMP
    tahun 2016
    atau tahun Pelajaran 2015/2016
    Paket 1 ( KlikDisini )
    2. Download Prediksi Soal dan Kunci
    Jawaban UN Matematika SMP
    tahun 2016
    atau tahun Pelajaran 2015/2016
    Paket 2 ( KlikDisini )
    3. Download Kunci Jawaban Prediksi Soal
    dan Kunci Jawaban UN Matematika SMP
    tahun
    2016 atau tahun Pelajaran 2015/2016
    ( KlikDisini )

     

    Berikut Latihan Soal UN SMP Terbaru (Sesuai Kisi-kisi UN SMP 2016)
    Berikut ini link download
    Soal Dan Kunci Jawban Latihan Ujian Nasional Smp Sesuai Kisi-Kisi UN SMP 2016
    yang saya ambil dari Uji Coba Ujian Nasional (UCUN) DKI Jakarta tahap 1 dan
    tahap 2. Karena berdasarkan pengalaman Soal Uji Coba Ujian Nasional (UCUN) DKI Jakarta sangat mendekati Soal UN yang
    sesungguhnya
    Pelaksanaan Uji Coba Ujian
    Nasional (UCUN) Tahap 1 di gelar
    mulai hari Senin, 25 Januari 2016 hingga Kamis, 28 Januari 2016, Sedangkan Pelaksanaan Uji
    Coba Ujian Nasional (UCUN) Tahap 2 di gelar mulai hari Senin, 22 februari 2016hingga Kamis,
    25 februari 2016
    Berikut Latihan Soal UN SMP
    berdasarkan Uji Coba Ujian Nasional (UCUN) Tahun 2016 Tahap 1
    Download Soal dan pembahasan
    Latihan Ujian Nasional (UCUN) Tahun 2016 mata Pelajaran Bahasa Indonesia
    (1) KlikDisini
    Download Soal dan pembahasan
    Latihan Ujian Nasional (UCUN) Tahun 2016 mata Pelajaran Bahasa Indonesia
    (2) KlikDisini
    Download Soal dan pembahasan
    Latihan Ujian Nasional (UCUN) Tahun 2016 mata Pelajaran Matematika
    (1) KlikDisini
    Download Soal dan pembahasan
    Latihan Ujian Nasional (UCUN) Tahun 2016 mata Pelajaran Matematika (2) KlikDisini
    Download Soal dan pembahasan
    Latihan Ujian Nasional (UCUN) Tahun 2016 mata Pelajaran Bahasa Inggris
    (1) KlikDisini
    Download Soal dan pembahasan
    Latihan Ujian Nasional (UCUN) Tahun 2016 mata Pelajaran Bahasa Inggris
    (2) KlikDisini
    Download Soal dan pembahasan
    Latihan Ujian Nasional (UCUN) Tahun 2016 mata Pelajaran IPA (1) KlikDisini
    Download Soal dan pembahasan
    Latihan Ujian Nasional (UCUN) Tahun 2016 mata Pelajaran IPA (2) KlikDisini
    Berikut Latihan Soal UN SMP
    berdasarkan Uji Coba Ujian Nasional (UCUN) Tahun 2016 Tahap 1

     

    1. BAHASA INDONESIA
    a. Paket A ( Download )
    b. Paket B ( Download )
    c. Kunci Jawaban ( Download )

    2. Matematika
    a. Paket A ( Download )
    b. Paket B ( Download )
    c. Kunci Jawaban ( Download )

    3. BAHASA INGGRIS
    a. Paket A ( Download )
    b. Paket B ( Download )
    c. Kunci Jawaban ( Download )

    4. IPA
    a. Paket A ( Download )
    b. Paket B ( Download )
    c. Kunci Jawaban ( Download )

    Semoga bermanfaat Soal Latihan dan Kunci
    Jawaban UN Matematika SMP
    tahun 2016
    atau tahun Pelajaran 2015/2016.



     

    Silahkan digunakan sebagai bahan belajar INGAT JANGAN DIJADIKAN sebagai BAHAN CONTEKAN YAH…

    Other articles you might like;

    Postingan Lainnya;


Terimakasih sudah membaca postingan yang berjudul
Semoga isi dari postingan blog ini bisa bermanfaat, sekali lagi admin jebidal.com ucapkan terima kasih atas kunjungan Anda. Jangan sungkan dan jangan ragu untuk membagikan isi dari blog ini. Silahkan Share Postingan yang membahas tentang Kunci Jawaban Bahasa Indonesia

Related Posts

search By keyword:


  1. Basic Yoga Postures and their Variations 
  2. Basic Sitting Postures with Benefits  
  3. Astanga Vinyasa Yoga 
  4. Applications in Cancer Treatment  
  5. An All-Around Yoga Exercise: 12-Step Salute to the Sun  
  6. Pregnancy:  Your Birth Control Options  
  7. Pregnancy:  The Importance of Prenatal Care  
  8. Pregnancy:  Should You Take Parenting Classes?  
  9. Pregnancy:  Are You Ready to Have a Baby?  
  10. Pregnancy:  After Birth: Should You Return to Work? 
buku paket ekonomi kelas 10 kurikulum 2013,kunci jawaban matematika kelas 12 halaman 101,kunci jawaban matematika kelas 12 halaman 91,latihan 2.1.2 matematika kelas 12,jawaban matematika kelas 12 halaman 101,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 168,syair nyanyian anak,latihan 1.5 matematika kelas 12,buku ekonomi kelas x kurikulum 2013,contoh soal anggaran produksi,kunci jawaban tugas bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 halaman 119 s/d 124,contoh soal limit barisan dan penyelesaiannya,mengonversi teks cerita sejarah huruf braille menjadi cerpen,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 112 semester 1,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 94,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 101,kunci jawaban matematika kelas 12 halaman 64,kunci jawaban sejarah halaman 102,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 102,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 112,kunci jawaban matematika kelas 12 halaman 190,download buku paket ekonomi kelas 10 kurikulum 2013,contoh soal dan jawaban anggaran produksi,kunci jawaban matematika kelas 12 halaman 197,buku ekonomi kelas x kurikulum 2013 esis,laporan hasil observasi pedagang kaki lima,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 77,jawaban latihan 1.5 matematika kelas 12,kunci jawaban matematika kelas 12 kurikulum 2013 halaman 101,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 65,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 112-114,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 135,contoh soal anggaran perusahaan,kunci jawaban tugas bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 106 sampai 112,contoh soal anggaran penjualan dan anggaran produksi,latihan 2.1 2 matematika kelas 12,makalah kecerdasan kinestetik,kunci jawaban sejarah halaman 46,download buku ekonomi kelas x kurikulum 2013 penerbit erlangga,contoh soal penganggaran produksi,konversikan teks cerita sejarah huruf braille,buku paket ekonomi kelas x kurikulum 2013,buku ekonomi kelas 10 kurikulum 2013 pdf,makalah anggaran produksi,nilai moral gurindam dua belas,kontinuitas dan diskontinuitas dalam perkembangan,ruang lingkup strategi pembelajaran,pdf ekonomi kelas x kurikulum 2013,kunci jawaban matematika kelas 12 kurikulum 2013 halaman 91,buku ekonomi kelas x kurikulum 2013 pdf,buku paket ekonomi kelas x,faktor faktor yang menimbulkan monopoli,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 98,buku ekonomi kelas 10 kurikulum 2013 esis,kunci jawaban pkn kelas 12 hal 126,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 29,contoh soal penganggaran,buku ekonomi kelas 10 k13,buku ekonomi kelas 10 erlangga,buku esis ekonomi kelas 10,salam pramuka full,buku ekonomi kelas 10 esis,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 102-103,tugas kelompok 3.1 pkn kelas 12,kunci jawaban matematika kelas 12 halaman 190-192,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 28,faktor kematangan dan pengalaman dalam perkembangan anak,

  1. Health:  Weight Loss Products You May Want to Try  
  2. Health: Weight Loss:  How and Why You Shouldn’t Have to Go Though It Alone  
  3. Health:  Three Reasons Why You Should Lose Weight  
  4. Health:  The Importance of Healthy Eating and Regular Exercise  
  5. Health:  Do You Need to Lose Weight?  
  6. Finances:  The Importance of Staying on the Same Page with Your Family  
  7. Finances:  The Importance of Creating a Budget for Yourself  
  8. Finances:  How Your Debt Doesn’t Have to Be the End of You  
  9. Finances: How to Pay Off Your Old College Debt ASAP  
  10. Finances:  How to Afford the Cost of a New Home 

download buku paket ekonomi kelas x kurikulum 2013,buku ekonomi kelas x k13,isi buku ekonomi kelas x kurikulum 2013,contoh soal dan pembahasan supremum dan infimum,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 102,lusi mempunyai uang 150.000 lebihnya dari uang sinta. jika,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 9,cara menghitung anggaran produksi,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 105,pdf buku ekonomi kelas x kurikulum 2013,contoh soal anggaran produksi kuartal,jawaban matematika kelas 12 halaman 64,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 83,rumusan masalah prakerin,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 88,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 107,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 108,contoh soal akuntansi pertanggungjawaban,jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 102,rumus anggaran produksi,contoh soal dan jawaban supremum dan infimum,buku ekonomi kelas 10 pdf,soal anggaran produksi,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 103,kunci jawaban lks intan pariwara kelas 12,kunci jawaban sejarah kelas 12 halaman 46,buku cetak ekonomi kelas x kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 110,contoh soal supremum dan infimum,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 2 halaman 94,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 126,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 96,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 18-19,pertanyaan tentang merajut manusia dan masyarakat berdasarkan pancasila,unsur intrinsik cerpen sulaiman pergi ke tanjung cinta,kunci jawaban tugas bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 100 sampai 105,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 30,faktor yang menimbulkan monopoli,smk swasta di cirebon,lk tugas kelompok 4 estetika dan gaya yang berkembang saat ini,contoh soal anggaran produksi triwulan,buku ekonomi k13,kunci jawaban matematika kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban lks kreatif bahasa indonesia kelas xii,kunci jawaban matematika kelas 12 halaman 190 nomor 3,pembuktian supremum dan infimum,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 96 semester 2,pertanyaan tentang anggaran produksi,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 134,kunci jawaban buku paket ekonomi kelas 10 kurikulum 2013,buku ekonomi k13 kelas 10,buku ekonomi erlangga kelas x kurikulum 2013,buku ekonomi kls 10 kurikulum 2013,tugas mandiri 3.2 pkn kelas 12,kunci jawaban sejarah halaman 76,jawaban matematika kelas 12 hal 64,parafrase syair nyanyian anak,contoh soal supremum dan infimum pada analisis real,ekonomi kelas x kurikulum 2013 pdf,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 18,kunci jawaban matematika kelas 12 smk,kunci jawaban bahasa inggris kelas 12 kurikulum 2013 halaman 9,contoh judul skripsi tentang bpjs kesehatan,kunci jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 21,unsur intrinsik sulaiman pergi ke tanjung cina,kunci jawaban bahasa indonesia hal 18 kelas 12 semester 2,kunci jawaban buku pr intan pariwara kelas 12 ktsp,download salam pramuka,mengonversi teks cerita sejarah menjadi puisi,kunci jawaban prakarya dan kewirausahaan kelas 12,jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 14,

  1. Family: The Importance of Regular Communication and How to Achieve It  
  2. Family:  The Importance of Keeping the Romance Alive in Your Relationship 
  3. Family:  How to Spend Quality Time with Your Kids  
  4. Family:  How to Handle Family Disagreements as an Adult  
  5. Family:  How to Balance Having a Family and a Career  
  6. Beauty:  Your Hair Removal Options  
  7. Beauty:  Workplace Fashions:  The Importance of Not Overdoing It  
  8. Beauty: Should You Undergo Cosmetic Surgery?  
  9. Beauty: Makeovers: Should You Undergo One?  
  10. Beauty:  How a Spa Visit Can Help You In More Ways Than One  
kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 70,skripsi membaca permulaan,tugas kelompok 3.3 pkn kelas 12,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 14,kunci jawaban pkn kelas 12 bab 1,makalah pkn,jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 102-103,soal ujian ut semester 5,kunci jawaban buku pr intan pariwara kurikulum 2013,contoh dialog admiration dalam bahasa inggris,cerpen sulaiman ke tanjung cina,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 10,kunci jawaban bahasa indonesia hal 96 kelas 12,contoh kumpulan soal kasus keperawatan gerontik,soal dan jawaban kewirausahaan kelas 12,tugas bahasa indonesia hal 28 kelas 12,kunci jawaban cerdas berbahasa indonesia untuk sma/ma kelas xii,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 16 kelas 12 semester 2,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii halaman 28,supremum dan infimum,buku ekonomi k13 kelas x,jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 semester 1 halaman 9,mengonversi teks sejarah menjadi cerpen,contoh soal bahasa indonesia kelas 9 kurikulum 2013,lusi mempunyai uang 150.000 lebihnya,kunci jawaban pkn kelas 12 kurikulum 2013 bab 2,soal tentang bela negara beserta jawabannya,judul skripsi 2 variabel,makalah tentang pembelahan sel,contoh soal pendekatan produksi,buku cetak ekonomi kelas 10 kurikulum 2013,jawaban tugas 2 membandingkan teks cerita sejarah,jawaban bahasa indonesia kelas xii halaman 35 semester 1,video salam pramuka,jawaban sejarah kelas 12 halaman 46,tesis kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru,video salam pramuka hot,konversikan teks cerita sejarah huruf braille menjadi bentuk teks lain,paket ekonomi kelas 10 k13,kunci jawaban lks intan pariwara kelas xii,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 75,mengonversi teks cerita sejarah huruf braille menjadi dialog,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 77,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 1,kunci jawaban sejarah indonesia kelas 12 halaman 46,download video hot anak sma,rumusan masalah laporan prakerin,tugas pkn bab 7 kelas 10 merajut kebersamaan dalam kebhinekaan,unsur ekstrinsik cerpen sulaiman pergi ke tanjung cina,kunci jawaban bahasa indonesia kelas vii kurikulum 2013,kunci jawaban sejarah hal 46,kunci jawaban buku bahasa indonesia kelas 8 kurikulum 2013,kunci jawaban buku ips kelas 9 kurikulum 2013,jawaban pkn kelas 12 halaman 34,kunci jawaban buku pr intan pariwara kelas 12 tahun 2015,buku ekonomi kelas xii kurikulum 2013 penerbit erlangga,pengertian biaya bahan baku dan contohnya,kunci jawaban lks pkn kelas 12 viva pakarindo,dialog membeli obat di apotik,jawaban sejarah indonesia kelas 12 halaman 46,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 semester 1 halaman 35,salam pramuka full asli,tugas bahasa indonesia halaman 18 kelas 12,pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa,buku ekonomi kelas xi kurikulum 2013 esis pdf,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 35 kelas 12,soal teks deskripsi bahasa indonesia kelas 7,judul skripsi dakwah bpi,jawaban bahasa indonesia kelas xii halaman 9,download buku ekonomi kelas xii kurikulum 2013 esis,kunci jawaban lks intan pariwara kelas 12 bahasa indonesia,salam pramuka full video,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 112,salam pramuka video asli,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 80,soal pilihan ganda tentang teks cerita sejarah,kunci jawaban tugas bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 132 sampai 135,buku ekonomi kurikulum 2013 kelas x,download buku ekonomi k13,dialog bahasa inggris tentang hobi dan artinya,innahu min sulaiman,contoh surat keterangan cerai dari desa,lk tugas kelompok 1 prakarya kelas 12,innahu min sulaimana 7x,tugas mandiri 3.4 pkn kelas 12,soal pilihan ganda teks cerita sejarah kelas xii,mengonversi teks cerita sejarah huruf braille,makalah biologi sel,temukan adverbia pada kalimat kalimat berikut,kunci jawaban agama islam kelas 12 halaman 14,soal kewirausahaan kelas xii semester ganjil,contoh masalah nasionalisme di indonesia,kunci jawaban tugas bahasa indonesia kelas 12 halaman 13,latihan uji kompetensi sejarah hal 46,judul tesis notaris,jawaban pkn kelas 12 hal 10,link salam pramuka full,
  1. The Importance of Knowing and Following All YouTube Rules 
  2. What to Consider When Making a YouTube Video 
  3. What to Consider Before Posting a Video on YouTube  
  4. Why You Should Rate YouTube Videos You Watch  
  5. Why You Should Join the YouTube Community 
  6. Why You Need to Refrain from Documenting Illegal Activities on YouTube  
  7. Making a YouTube Video: Pieces You Should Try  
  8. Making YouTube Videos: Why You Need to Be Cautious of Work from Others  
  9. Pros and Cons of Making Your Own YouTube Videos 
  10. The Importance of Discussing YouTube with Your Children 
contoh percakapan asking and giving attention,ekonomi erlangga kelas x kurikulum 2013,paket ekonomi kelas 10 kurikulum 2013,superordinat,contoh soal teks deskripsi pilihan ganda,contoh soal pilihan ganda expressing certainty and uncertainty,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 1 halaman 28,contoh skripsi hukum ketenagakerjaan,hana menabung uangnya sebesar 500.000 dengan bunga tunggal,kunci jawaban pkn halaman 10 kelas 12,cara mengonversi teks cerita sejarah menjadi puisi,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 31,tugas kelompok 3.2 pkn kelas 12,contoh soal bahasa indonesia kelas 7 dan kunci jawaban,contoh surat undangan resmi acara hut ri,skripsi pln,kunci jawaban buku paket bahasa indonesia kelas xii kurikulum 2013,video salam pramuka asli,unsur ekstrinsik cerpen banun,contoh soal teks iklan pilihan ganda,ya allohu yaa rozzaaqu yaa wahhaabu,kunci jawaban fisika kurikulum 2013 kelas 12,contoh rpp pkr model 221,contoh soal teks editorial dan jawaban,laporan penelitian pertumbuhan kacang hijau ditempat gelap dan terang,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 32,pkn erlangga kelas 12,soal try out bahasa indonesia kelas 6 dan kunci jawaban,analisis alih kode dalam lirik lagu,soal pancasila pilihan ganda,contoh dialog uncertainty,dialog certainty dan uncertainty tentang alam,makalah pancasila dan uud 1945,contoh pkp ipa kelas 3 semester 1,tugas pkn halaman 42 kelas 12,jawaban bahasa indonesia halaman 47 kelas 12,contoh proposal penelitian kualitatif pendidikan pdf,bacaan ratib al haddad latin,contoh soal harga pokok proses,kunci jawaban buku bahasa inggris kelas xi kurikulum 2013 halaman 14,rpp konsep dasar keperawatan smk,buku paket ekonomi kelas 11 kurikulum 2013 pdf,contoh skripsi administrasi negara,kunci jawaban pkn kelas 12 hal 8,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 kurikulum 2013 halaman 22 semester 1,download buku biologi kelas xi kurikulum 2013 penerbit erlangga,contoh dialog bahasa inggris 2 orang tentang congratulation,download novel marga t gratis,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 8 semester 2,verba relasional,skripsi public relations pdf,kumpulan soal ips kelas 6 semester 1 dan kunci jawaban,kunci jawaban buku paket kelas 12,buku intan pariwara kurikulum 2013,contoh soal pilihan ganda tentang cerpen beserta jawabannya,pengaruh penerimaan pajak kendaraan bermotor terhadap pendapatan asli daerah,flora di bagian tengah,makalah demokrasi,soal keperawatan komunitas pilihan ganda,jawaban bahasa indonesia halaman 32 kelas 12,kunci jawaban pkn halaman 35 kelas 12 kurikulum 2013,smp terbaik di cirebon,laporan pkp matematika kelas 2 semester 1,kunci jawaban pkn hal 18 kelas 12,kunci jawaban buku mandiri matematika kelas 12,hereditas dan lingkungan,kasus dan penyelesaiannya,kunci jawaban sejarah indonesia halaman 30 kelas 12,soal pdgk4405 materi dan pembelajaran ips sd,mengapa pemerintah komisaris jenderal mengambil kebijakan jalan tengah,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 72 semester 1,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 halaman 22,kunci jawaban pkn kelas 12 kurikulum 2013 hal 42,materi bahasa inggris kelas 12 smk semester 1,download novel marga t,3gp salam pramuka,jawaban bahasa indonesia halaman 28,proposal skripsi pai kualitatif pdf,fungsi doa innahu min sulaimana,buku paket matematika kelas 12 semester 1,pembuktian rumus sudut pertengahan trigonometri,jawaban bahasa indonesia halaman 30 kelas 12,link salam pramuka,judul skripsi tentang bulog,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 138,dita meminjam uang di dua bpr yang berbeda dengan masa pinjaman keduanya adalah 3 tahun,viva pakarindo bahasa indonesia,soal pilihan ganda tentang tanah longsor,percakapan bahasa inggris dan artinya,tesis pendidikan agama islam doc,contoh soal ungkapan dan jawabannya,perkembangan teori atom ppt,kunci jawaban bahasa inggris kelas 12 kurikulum 2013 halaman 11,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 37,kunci jawaban mandiri bahasa indonesia kelas 12,full video salam pramuka,formasi te,rumus identitas trigonometri lengkap,ppc proposal doc,jawaban bahasa indonesia halaman 22 kelas 12,
  1. Uploading Your Videos to YouTube  
  2. Video Categories Found On YouTube  
  3. Videos You Can Find Available for Viewing on YouTube  
  4. YouTube and Its Competition Reviewed 
  5. YouTube’s Test Tube: What Is It?  
  6. Why it’s So Popular 
  7. YouTube: Why You Should Check It Out 
  8. Advantages to Making Your Own YouTube Videos  
  9. Benefits of Registering With YouTube  
  10. Cons of Making Your Own YouTube Videos 
kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 1 halaman 21,kunci jawaban pkn hal 42 kelas 12,kunci jawaban lks matematika kelas 12 viva pakarindo,download novel habiburrahman el shirazy pudarnya pesona cleopatra,contoh fakta dan opini dalam iklan tv,kurikulum paket a b dan c,mengonversi teks cerita sejarah huruf braille menjadi teks eksposisi,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 11,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 hal 9,kunci jawaban buku paket kelas 12 bahasa indonesia,jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 36 semester 1,skripsi full day school,rpp bahasa indonesia smk ktsp,judul skripsi tentang pln,lks ipa smp kelas 7 semester 1 kurikulum 2013,kata pengantar makalah geografi,kunci jawaban matematika kelas 12 kurikulum 2013 intan pariwara,soal prakarya kelas 12 pilihan ganda,tema sulaiman pergi ke tanjung cina,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 28,smp darul musyawirin,buatlah dua kalimat untuk mengkritik suatu masalah yang berkaitan dengan hiburan di televisi,buku paket bahasa indonesia kelas 12,download buku matematika peminatan kelas x kurikulum 2013 erlangga,permainan te,penelitian ex post facto,download salam pramuka mp4,innahu min sulaimana wa innahu bismillahirrohmanirrohim alla ta lu alayya wa tuni muslimin,kali silat evolution,rpp prakarya sma,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii halaman 22,kumpulan soal kasus askeb komunitas,kunci jawaban lks prakarya kelas 8 kurikulum 2013,jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 32,mengabstraksi teks sajak,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 28 kelas 12 semester 1,kunci jawaban tema 1 indahnya kebersamaan kelas 4,jual wall climbing,kunci jawaban buku bahasa indonesia kelas 7 kurikulum 2013 semester 2,kunci jawaban pkn tugas mandiri 1.5 kelas 12,kunci jawaban buku paket pkn kelas 12 semester 1,verba modifikatif koordinatif apositif,pengertian pendidikan menurut ahli,judul skripsi manajemen pemasaran 3 variabel,pkn hal 42 kelas 12,soal teks deskripsi kelas 7 kurikulum 2013,judul skripsi kesehatan,skripsi peran kepala desa dalam pembangunan desa,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 8,jawaban pkn halaman 8 kelas 12,target pencapaian selama kuliah,unsur ekstrinsik sulaiman pergi ke tanjung cina,kunci jawaban pkn halaman 9 kelas 12,download salam pramuka full,asal mula suatu negara,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 35 kurikulum 2013,tugas bahasa indonesia kelas 12 halaman 21,rpp dan silabus grow with english sd,kunci jawaban pkn kelas 12 bab 2,jawaban pkn kelas 12 halaman 56,download buku bse gratis,pengertian pendidikan kesetaraan,kunci jawaban pkn kelas 9 semester 1,judul skripsi pg paud,buku kimia kelas 10 kurikulum 2013 erlangga pdf,soal ujian ut pdgk 4405,kunci jawaban seni budaya kelas 12 kurikulum 2013,jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013,skripsi hukum administrasi negara pdf,mengonversi cerpen juru masak menjadi puisi,contoh dialog repetition 4 orang,skripsi perusahaan manufaktur,lks intan pariwara pegangan guru,jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 1 halaman 74,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 77,kunci jawaban lks pkn kelas 12 semester 1 kurikulum 2013,judul skripsi ilmu pemerintahan,analisis kesulitan belajar siswa,lks matematika sma kelas xii ipa,jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 8,soal pkn tentang nilai nilai pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintah negara,tugas mandiri pkn kelas 12,kunci jawaban pkn kelas 12 intan pariwara,lebih susah akuntansi atau manajemen?,skripsi keterampilan berbicara,contoh laporan ppl pgsd,soal kewirausahaan kelas xii dan jawabannya,buku cetak pkn kelas 12,dialog congratulation 2 orang singkat beserta artinya,materi analisis real lengkap,kunci jawaban matematika intan pariwara,kunci jawaban pkn kelas 10 kurikulum 2013 bab 5,skripsi pengaruh komunikasi interpersonal terhadap kinerja pegawai,sistem pemerintahan desa,kunci jawaban buku pr bahasa inggris intan pariwara kelas 9,download novel mira w sampai maut memisahkan kita,judul proposal keuangan,pkn kelas 12 halaman 8,xxxanak sd,kelas internasional its,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 30 kelas 12,
  1. Have a Question About YouTube? Why You Should Visit YouTube’s Help Center  
  2. High School Students: Why You Must Display Caution When Using YouTube  
  3. How and Why You Should Market Your YouTube Videos  
  4. Google Adsense Alternatives  
  5. Adsense and the Surfer  
  6. The Disadvantages of Adsense 
  7. The Future of Google Adsense 
  8. Adsense is for Everyone  
  9. Click Fraud  
  10. Where Adsense Should Appear 
download buku pr intan pariwara,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 29,kunci jawaban buku pr matematika intan pariwara kelas 7 semester 1,kunci jawaban pkn kelas 12 hal 42,materi pkn kelas 12 semester 1,contoh dialog certainty and uncertainty 2 orang,macam macam langit,contoh soal teks observasi beserta jawabannya,download soal uji kompetensi bidan dan kunci jawaban pdf,9 dari 10 pintu rezeki adalah berdagang,kunci jawaban buku pr intan pariwara kelas 12 tahun 2017,contoh dialog certainty and uncertainty beserta artinya,pemilihan portofolio investasi,kunci jawaban buku pr intan pariwara kurikulum 2013 kelas 7,sex pkn,judul skripsi tentang pajak kendaraan bermotor,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 44,soal pkn kelas 12 semester 2 dan kunci jawaban,soal bahasa indonesia kelas 12 semester 1 dan kunci jawaban,percakapan bahasa inggris di hotel 4 orang,kunci jawaban buku paket sejarah indonesia kelas x kurikulum 2013,skripsi arsitektur pdf,buku ipa kelas 9 kurikulum 2013 pdf,belajar autocad 2007 untuk pemula pdf,contoh soal essay teks eksplanasi dan jawaban,kunci jawaban kumon level j full,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 36,sikap mengintimidasi pemeluk agama lain bertentangan dengan nilai - nilai pancasila,parafrasa,dialog bahasa inggris 4 orang tentang hobi,kunci jawaban pkn kls 12 hal 8,skripsi pengaruh kompensasi terhadap produktivitas kerja karyawan,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 47,contoh soal akuntansi manajemen,kumpulan skripsi diare pada balita,isi teks berita,kunci jawaban pkn hal 10 kelas 12,tesis kinerja pegawai,ppt tentang bola basket,contoh soal pkn kelas 9 bab 1 kurikulum 2013,fcpa course,tugas bahasa indonesia kelas 12 halaman 20,buku paket bahasa indonesia kelas 12 smk,video salam pramuka original,kunci jawaban buku pr ipa intan pariwara kelas 7,jawaban paket pkn kelas 12,kunci jawaban lks kreatif bahasa indonesia kelas xii semester 1,skripsi campur kode dalam lirik lagu,jawaban buku bahasa indonesia kelas 12 semester 1,jawaban pkn kelas 12,contoh power point skripsi manajemen,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 13,tugas bahasa indonesia kelas xii semester 1,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 126,contoh skripsi analisis pengaruh pemberian kredit terhadap pendapatan pedagang kecil,nilai-nilai sumpah pemuda dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan di indonesia pada masa kini,lusi mempunyai uang 150,contoh judul pkp paud,skripsi tentang menghafal al qur'an,soal pilihan ganda tentang ham kelas 12,kunci jawaban buku bahasa inggris kelas 12 kurikulum 2013 halaman 105,jawaban pkn hal 31 kelas 12,kunci jawaban pkn halaman 8-9 kelas 12,kunci jawaban buku paket ekonomi kelas 12,contoh teks cerita sejarah tsunami aceh,judul skripsi ekonomi manajemen keuangan,fauna,blog mapenda kab bogor,judul skripsi peran orang tua,contoh gambar pemandangan,tugas bahasa indonesia kelas 12 halaman 37,contoh kasus pancasila dalam kehidupan sehari hari,kesadaran berbangsa dan bernegara,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 74,makalah pembangunan hukum nasional,contoh analisis puisi lengkap,skripsi perhitungan harga pokok produksi dengan menggunakan metode full costing,judul skripsi ketenagakerjaan,contoh proposal penelitian ekonomi manajemen,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 28-29,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 42,google adwords proposal pdf,kunci jawaban sejarah indonesia kelas 12 halaman 142,skripsi administrasi perkantoran,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 159,soal pilihan ganda dan pembahasan trigonometri kelas 11,kunci jawaban lks intan pariwara kurikulum 2013,fungsi hormon auksin,jawaban kegiatan 2 kerjasama membangun teks anekdot,contoh bidal,pentingnya kekuasaan negara,contoh soal cerita fantasi kelas 7,streaming salam pramuka,kunci jawaban matematika intan pariwara kelas 12,contoh proposal.doc,kunci jawaban sejarah kelas 12 intan pariwara,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 31,makalah ketenagakerjaan dan pengangguran,proposal tesis psikologi pendidikan,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 181,buku pr ips terpadu kelas 9 intan pariwara,
  1. What is Google adsense? 
  2. Ways to Identify and Tackle Click Fraud  
  3. Turning Traffic in to Adsense Traffic  
  4. Top Paying Keywords  
  5. Tools for Adsense  
  6. Text v Graphic on Adsense  
  7. Adsense - Pros and Cons 
  8. Why Use Google Adsense?  
  9. Why Advertisers support Adsense 
  10. Success on Adsense – 5 Quick Tips  
merubah celcius ke fahrenheit,kunci jawaban matematika viva pakarindo,jawaban pkn kelas 12 halaman 16,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 35,kunci jawaban buku sukino kurikulum 2013,buku bahasa indonesia sma kelas 12 kurikulum 2013,proposal penelitian keperawatan medikal bedah pdf,jawaban lk-1 prakarya,definisi kesulitan belajar,download buku kimia kelas xi kurikulum 2013 erlangga,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 104,jawaban pkn kelas 12 halaman 42,kunci jawaban lks penerbit viva pakarindo,kunci jawaban pkn kelas xii k13 bab 1,kunci jawaban lks bahasa indonesia kelas 12,percakapan bahasa inggris 3 orang di bank,contoh soal akuntansi dasar dan jawabannya,kunci jawaban buku mandiri matematika kelas 9,manfaat ratib al attas,kunci jawaban buku pr intan pariwara kelas 12,skripsi kualitatif manajemen pemasaran,soal pkn kelas 12 semester 1 dan kunci jawaban,ebook belajar piano bahasa indonesia,makalah metode harga pokok proses,contoh soal tentang ham kelas 11,kunci jawaban buku pr intan pariwara kurikulum 2013 kelas xii,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 62,buku paket ekonomi kurikulum 2013,tugas bahasa indonesia kelas 12 halaman 32,bahasa indonesia kelas 12 hal 18,kunci jawaban ekonomi esis kelas xi kurikulum 2013 bab 1,salam pramuka full version,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 semester 1 halaman 12,skripsi tentang kreativitas belajar siswa,kunci jawaban pkn halaman 35 kelas 11 semester 2,contoh latihan soal limit dan penyelesaiannya,contoh verba relasional,jual buku pr intan pariwara,kunci jawaban matematika kelas 12 halaman 30,skripsi gizi kesehatan masyarakat,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 35 kelas 12 semester 1,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 125,jawaban hal 42 pkn kelas 12,contoh album kenangan,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 32,contoh dialog certainty uncertainty dan repetition,contoh soal teks berita kelas 12,kunci jawaban pkn kelas 12 hal 16,contoh soal dan jawaban giving suggestion,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 75,kunci jawaban paket pkn kelas 12 semester 1,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 72 kelas 12,supremum dan infimum pada analisis real,kunci jawaban pkn kelas 12 hal 125,contoh dialog certainty and uncertainty 2 orang beserta artinya,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 36 semester 1,kunci jawaban pkn halaman 42 kelas 12,buku ekonomi kelas 10 kurtilas,buku pkn kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban pkn halaman 141,garis dan sudut kelas 7,contoh soal nilai mutlak dan pembahasannya pdf,download video salam pramuka,kunci jawaban pkn halaman 31,salam pramuka hd,soal pkn kelas 10 semester 1 beserta jawabannya kurikulum 2013,skripsi keperawatan medikal bedah,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii semester 1 halaman 18,jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 32 semester 1,kunci jawaban matematika kelas xii kurikulum 2013,skripsi tentang tqm,skripsi pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah,download buku biologi kelas xi erlangga pdf,contoh proposal manajemen keuangan pdf,50 soal bahasa indonesia beserta jawabannya,jawaban buku paket pkn kelas 12 halaman 42,
  1. SEO for Adsense 
  2. Positioning of Adverts  
  3. Google PPC: Content or Search?  
  4. How Much Money Will I earn Through Adsense?  
  5. How Adsense Changed the Internet  
  6. Getting Started With Adsense  
  7. Adsense Alternatives 
  8. Online Education Offers Unparalleled Learning Freedom 
  9. Scholarships are Excellent Source of Financial Aid 
  10. Student Loans Should be Last Resort  
tempat angker di pare kediri,penggunaan bahasa indonesia di malaysia,jawaban buku pkn kelas 12 halaman 42,smp swasta terbaik di bogor,kunci jawaban buku pr matematika intan pariwara kelas 12,tugas pkn hal 8 kelas 12,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 2 halaman 31,soal pilihan ganda teks cerita sejarah beserta jawaban,urutkanlah secara kronologis kemudian tuliskan urutan waktu peristiwa dan tempatnya,jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 66,tugas bahasa indonesia halaman 28 kelas 12,persamaan dan perbedaan teks berita,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 9 kelas 12 semester 1,soal uas askeb komunitas,pertumbuhan gereja pdf,skripsi pengaruh rekrutmen terhadap kinerja karyawan,lks pkn kelas 12 semester 1 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 18 kelas 12,unsur intrinsik cerpen sulaiman pergi ke tanjung cina,jawaban buku paket,membandingkan teks cerita sejarah dengan teks lain,konversi teks cerita sejarah,download video hot salam pramuka,jawaban uji kompetensi bab 3 pkn kelas 11 hal 91,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 20 kelas 12,analisis penentuan harga pokok produksi dengan metode full costing,salam pramuka asli,kunci jawaban pai kelas 12 halaman 14,nilai keindahan dalam puisi hujan bulan juni,tugas bahasa indonesia halaman 21,kunci jawaban pkn kelas 12 hal 14,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 35,makalah biologi,soal bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 dan kunci jawaban,contoh dialog uncertainty 2 orang,buku ekonomi esis kelas 12 kurikulum 2013,metode bermain peran untuk anak usia dini,pembelajaran kelas rangkap,contoh makalah pencurian,kunci jawaban lks pkn kelas 12 intan pariwara,contoh sikap cinta tanah air di lingkungan masyarakat,jawaban uji kompetensi bab 1 ipa kelas 9 kurikulum 2013,anggaran kebutuhan bahan baku,ciri kebahasaan teks editorial,kunci jawaban intan pariwara,contoh skripsi manajemen sdm 3 variabel,tugas bahasa indonesia kelas 12 halaman 36,video hot salam pramuka full,soal asking for repetition,pdf buku ekonomi kelas x,anaksmpxxx,contoh skripsi tentang ketenagakerjaan,jawaban pkn kelas 12 hal 42,kunci jawaban buku pkn kelas 9 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 1 halaman 31,soal trigonometri kelas 11 dan jawabannya,pkn kelas 12 halaman 42,skripsi motivasi terhadap kinerja karyawan,buku paket ekonomi kelas 10 k13,jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 18,skripsi sejarah murni pdf,menganalisis teks sejarah,contoh skripsi public relations,metode z score,judul skripsi manajemen keuangan 3 variabel,buku esis biologi kelas xi pdf,skripsi nilai nilai pendidikan islam,skripsi pendidikan agama islam kualitatif pdf,skripsi dana desa,jawaban hal 5 pkn kelas 12,kunci jawaban tema 6 kelas 5,buku ekonomi kelas xii kurikulum 2013 esis,pengertian pembelajaran,tugas pkn halaman 8 kelas 12,contoh konversi teks cerita sejarah,kunci jawaban pr intan pariwara kelas 12,kunci jawaban ekonomi kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban pkn halaman 35 kelas 11,kunci jawaban buku agama islam kelas 12 penerbit erlangga,tugas bahasa indonesia kelas 12 halaman 29,ratib al haddad latin,
  1. The Benefits of Online Learning  
  2. The Dollars and Cents of a Four-Year Degree  
  3. Making YouTube Videos: Safety Tips You Should Know 
  4. University Disadvantages  
  5. How to Make a YouTube Video  
  6. Why a University Education?  
  7. Graduate Degree Options 
  8. Great Reasons to Complete your Degree  
  9. Is an Online Education Right for You?  
  10. Free Application for Federal Student Aid  
kunci jawaban buku pr pkn intan pariwara kelas 9,lirik mars abita,contoh proposal pembuatan sim kolektif,sebutkan 3 tokoh yang sangat berkesan dalam pikiranmu,contoh soal studi kelayakan bisnis npv,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 29 semester 1,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 9,power point motivasi belajar siswa,kunci jawaban pkn intan pariwara kelas 12,contoh soal merajut manusia dan masyarakat berdasarkan pancasila,kunci jawaban matematika kelas 12 halaman 207,tugas 2 mengabstraksi teks sajak,teks tanggapan kritis sma atau smk,buku wawasan nusantara pdf,kunci jawaban pkn halaman 42 kelas 12 smk,skripsi pendidikan agama islam doc,contoh mengonversi teks cerita sejarah menjadi puisi,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 141,perbedaan cerpen juru masak dan sulaiman pergi ke tanjung cina,kunci jawaban bahasa inggris kelas 12 halaman 64,jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 36,contoh laporan ppl pgsd doc,definisi hukum menurut aristoteles,perkembangan teori atom ppt download,jawaban ppkn kelas 12 halaman 8,kunci jawaban hal 22 bahasa indonesia kelas 12,skripsi strategi public relations dalam mempertahankan citra perusahaan,makalah pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan,buku pr ipa terpadu kelas 9 intan pariwara ktsp,contoh surat cerai,makalah trigonometri kelas 10,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 56,kunci jawaban pkn halaman 56,buku paket ipa kelas 9 semester 2,download proposal skripsi manajemen keuangan,jawaban tematik kelas 6 tema 1,download buku esis,contoh soal tes perangkat desa dan kunci jawaban,koloid pdf,model layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus,contoh laporan perpustakaan sekolah smp,simpulan paragraf,contoh skripsi ekonomi manajemen pdf,jawaban sejarah kelas 12 hal 46,kumpulan soal keperawatan gerontik,mapenda kab bogor nrg,download buku yudhistira sd,jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 55,irfan dan roni bekerja di pabrik kaos,kunci jawaban pkn halaman 20 kelas 12,jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 1 halaman 28,contoh soal selisih kas dan jawabannya,doa penunduk musuh,download video salam pramuka hot,download video salam pramuka full movie,kunci jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013,teks editorial contoh,kunci jawaban buku pkn kelas 7 kurikulum 2013,kunci jawaban pkn hal 42,contoh pkp paud tentang bahasa,rpp kelas rangkap model 221 kelas 1 dan 2 semester 1,contoh percakapan yang isinya seseorang yang tidak senang berolahraga,kecerdasan kinestetik,jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 1 halaman 29,skripsi ptk pai,formasi top eleven 2017,makalah logika matematika,contoh kti analis kesehatan,kunci jawaban intan pariwara kelas 12,top eleven formasi,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 35 semester 1,download lks intan pariwara kelas 12,rumus fahrenheit ke reamur,judul skripsi d4 kebidanan klinik terbaru,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 106,contoh soal hidrologi beserta jawabannya,bahasa indonesia halaman 18 kelas 12,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 208,download buku pkn kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban sejarah kelas 12 halaman 29,soal akuntansi manajemen dan jawabannya,salam pramuka google drive,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 28,contoh verba pewarta,judul skripsi tentang pendidikan pesantren,contoh soal barisan bilangan real,salam pramuka part 2,pendidikan menurut para ahli,rpp kelas rangkap model 221 kelas rendah,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 28 kelas 12,buku matematika kelas 10 erlangga pdf,tugas mandiri 4.3 pkn kelas 12,konsep keselamatan di pusat pendidikan awal kanak-kanak,kunci jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12,skripsi model pembelajaran circ,fcpa or "praktik korupsi asing" or kriminal or kejahatan or jahat or menipu or tipu or penipuan or curang or kecurangan or suap or penyuapan or disuap or korup or korupsi "pt bni securities",jawaban buku paket pkn kelas 12 halaman 8,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 10,top eleven token gratis,judul skripsi msdm yang unik,contoh dialog admiration,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 194,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 149,kunci jawaban pkn kelas 12 hal 35,kunci jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 20,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 semester 1,video salam pramuka part 2,jawaban paket bahasa indonesia kelas 12,contoh proposal keperawatan komunitas,gambar jj,teori bela negara pdf,kunci jawaban ukk akuntansi 2017 paket 2,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 28 semester 1,tugas bahasa indonesia kelas 12 halaman 18,video asli salam pramuka,kunci jawaban sejarah indonesia kelas 12 halaman 30,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 66,salam pramuka video,surat undangan hut ri,adwords account banned,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 16,pengertian asking for attention,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 67,judul skripsi tentang full day school,download video salam pramuka part 2,latih uji kompetensi sejarah hal 46,belajar gitar otodidak pdf,soal pkn kelas 9 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 59 kelas 12,rpp kelas rangkap universitas terbuka,tugas mandiri 3.3 pkn kelas 12,
  1. Finding the Right College Program for You  
  2. Financial Motivation for Two-Year Education  
  3. Financial Aid Options for Students  
  4. Educational Savings Accounts  
  5. HAVING A MASTER’S DEGREE  
  6. How Internet or technology did change the standards of studying?  
  7. Getting Into Law School  
  8. Status of Education in Developing Countries  
  9. Distance learning education program 
  10. Community College Disadvantages  
soal administrasi negara dan jawaban,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 2 halaman 14,referensi judul kti analis kesehatan,parafrasa dari syair nyanyian anak,contoh keterampilan anak tk,materi geopolitik,strategi belajar secara berkesan,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 19,soal identitas trigonometri kelas 11,buku biologi kelas 10 penerbit erlangga pdf,kunci jawaban paket bahasa indonesia kelas 12,anaksmaxxx,paket ekonomi kelas 10,pengertian anggaran fleksibel,salam pramuka hot video,buatlah struktur teks cerita pendek sulaiman pergi ke tanjung cina,soal pilihan ganda teks cerita sejarah,tugas bahasa indonesia kelas 12 halaman 30,download buku matematika sukino,contoh wawancara dengan pedagang,contoh mengonversi teks sejarah,skripsi tentang pajak,jawaban paket pkn kelas 12 halaman 42,pertanyaan geopolitik,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 96,jawaban lks bahasa indonesia kelas 12 semester 1,kunci jawaban biologi erlangga kelas xi kurikulum 2013 bab 1,contoh proposal dalam bentuk power point,kunci jawaban buku intan pariwara kelas 8 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 31-32,kunci jawaban pkn halaman 8 kelas 12,kunci jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 35,percakapan bahasa inggris perawat dan pasien beserta artinya,jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 9,judul skripsi hubungan,menyusun anggaran perusahaan,kunci jawaban matematika sukino 3a,kata kunci yang aku temukan dalam iklan,yousuve,pertanyaan akuntansi pertanggungjawaban,jawaban bahasa indonesia hal 28 kelas 12,buku ekonomi kurikulum 2013 kelas 10,mind map untuk anak sd,makalah perkembangan teori atom,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 23,contoh anggaran penjualan,metode pengendalian bahan baku,pengertian tari layang-layang,contoh teks editorial tentang lingkungan,makalah kecerdasan emosional,salam pramuka full movie,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 11,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii halaman 55,contoh power point tugas akhir d3,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 53,kunci jawaban buku ekonomi kelas xi kurikulum 2013 esis,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 59,jawaban pkn kelas 12 halaman 70,kunci jawaban sejarah indonesia kelas 12 hal 46,belajar bahasa thailand pemula pdf,soal sejarah kelas xii ips semester 1 dan kunci jawaban,soal uas ut,kunci jawaban lks ipa kelas 7 semester 1 intan pariwara,notochord adalah,hereditas adalah,karmila marga t,jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 1 halaman 35,download buku ekonomi kelas x kurikulum 2013 alam s,pertanyaan tentang akuntansi pertanggungjawaban,jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 35,kunci jawaban buku pr kimia intan pariwara kelas 12,contoh laporan pkp pgsd terbaru,soal dan jawaban uji kompetensi kesehatan lingkungan,kunci jawaban pkn kelas 12 kurikulum 2013,contoh soal koloid dan jawabannya,buku paket kelas 9,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 20,cara belajar renang otodidak,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 2 halaman 13,kunci jawaban biologi kelas 10 kurikulum 2013,kunci jawaban ekonomi kelas 10 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 15,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 95,skripsi pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan doc,kunci jawaban buku pr intan pariwara kelas 9,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 37 semester 1,soal pilihan ganda tentang identitas nasional,kunci jawaban matematika sukino 2a,kunci jawaban matematika kelas 12 halaman 66,pdf ekonomi kelas x,video salam pramuka full,kalimat verba material,jawaban pkn kelas 12 halaman 3,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 47 semester 1,contoh soal dan pembahasan barisan monoton,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 34,kunci jawaban buku paket pkn kelas 10 kurikulum 2013,makalah tentang pelestarian lingkungan,kunci jawaban lks intan pariwara,contoh x banner penelitian,contoh peristiwa bela negara,salam pramuka new version,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12,salam pramuka crot,fungsi hormon prolaktin,jawaban paket pkn kelas 12 hal 42,ciri kebahasaan teks cerita ulang,buku matematika peminatan kelas xii kurikulum 2013 pdf,salam pramuka semprot,contoh soal uji kompetensi keperawatan medikal bedah,jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 22,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 20,skripsi pengaruh motivasi terhadap kinerja pegawai negeri sipil,kunci jawaban buku matematika kelas 8 kurikulum 2013 semester 1,amalan innahu min sulaimana wainnahu bismillahirrohmanirrohim,lks kreatif penerbit viva pakarindo,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 59,sebutkan tiga tokoh yang sangat berkesan dalam pikiranmu,jawaban lk tugas kelompok 1 produk kerajinan khas daerah hal 7,judul skripsi msdm 3 variabel,menelusuri dinamika kehidupan bernegara dalam konteks geopolitik indonesia,contoh soal matriks dan jawabannya kelas 12,contoh soal gelombang berjalan beserta penyelesaiannya,salam pramuka hot full,tugas 2 memproduksi teks cerita sejarah secara mandiri,makalah penganggaran perusahaan,jelaskan faktor faktor yang menyebabkan suatu negara mengadakan hubungan internasional,rumus kelvin ke reamur,proposal skripsi pendidikan anak usia dini download,contoh proposal skripsi ekonomi pembangunan pdf,paket pkn kelas 12,efek pakarindo pt gaji,proposal bpjs kesehatan,judul kti kesehatan lingkungan,soal matematika kelas 6 semester 1 dan kunci jawaban 2015,contoh kalimat tidak baku dalam kehidupan sehari-hari,jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 semester 1,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 12,rumus fahrenheit ke celcius,sma nu lemahabang,kunci jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 30,disadvantages of a 32 day notice account,video hot salam pramuka,mengonversi teks cerita sejarah huruf braille menjadi puisi,kunci jawaban lks matematika kelas 11 semester 1 intan pariwara,contoh percakapan bahasa inggris perkenalan,buku fisika kelas 12 kurikulum 2013,materi bahasa indonesia kelas 9 semester 2 kurikulum 2013,skripsi pajak pdf,kunci jawaban buku paket matematika,kunci jawaban sejarah indonesia kelas 12 hal 30,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 35,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 71,kunci jawaban buku pr intan pariwara smp kelas 9,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 34,contoh dialog certainty and uncertainty 2 orang singkat,makalah lingkungan hidup,makalah lompat jauh doc,skripsi bulutangkis pdf,lusi mempunyai uang 150.000,menghitung bb,contoh soal manajemen persediaan dan penyelesaiannya,buku sejarah indonesia kelas 12,tugas bahasa indonesia kelas 11 halaman 18,contoh makalah penjas,innahu min sulaiman wainnahu,cara membuat miniatur wall climbing,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 kurikulum 2013 halaman 12,jawaban bahasa indonesia halaman 8 kelas 12,kunci jawaban pkn halaman 56 kelas 12 kurikulum 2013,technowizards,kunci jawaban pkn halaman 14 kelas 12,kunci jawaban lks fisika kelas 12 intan pariwara,sikap komitmen apa saja yang ditunjukkan para pendiri negara dalam merumuskan pancasila