Makalah Fisika Atom – Fisika inti – Radioaktifitas


Admin jebidal.com pada kesempatan kali ini akan mencoba membahas tentang Makalah Fisika Atom – Fisika inti – Radioaktifitas

Silahkan langsung Copypaste saja, tetapi baiknya di teliti dulu barang kali ada yang salah ketik baik judul maupun isi postingan Makalah Fisika Atom – Fisika inti – Radioaktifitas, jika sudah yakin silahkan dipergunakan sebagaimana mestinya, jika anda beruntung ada link downloadnya, jangan ragu dan bimbang lansung download saja, semoga blog ini memberi manfaat.

Alangkah baiknya Anda membaca dengan teliti, supaya apa apa yang ada di blog ini bisa bermanfaat, jika hasil dari postingan di blog ini kurang memuaskan, silahkan cari di kotak pencarian [Search Here] atau [Search], kalau tidak salah admin taro di bawah artikel postingan [untuk view handphone/ smartphone atau sejenisnya] dan bagian samping kanan [untuk view via destop/ PC/ Laptop dan sejenisnya], dan semoga hasil dari pencarian blog ini dapat mempermudah Anda dalam menjelajah isi blog jebidal.com ini. selamat berselancar.

Postingan Lainnya yang berhubungan dengan Makalah Fisika Atom – Fisika inti – Radioaktifitas

  • Contoh Soal Anggaran Produksi dan Penyelesaiannya
  • Hadits Tentang Larangan Korupsi dan Kolusi
  • Faktor Penyebab Terjadinya Monopoli
  • makalah tentang pajak kendaraan bermotor
  • Makalah SUMBER-SUMBER HUKUM ISLAM
  • PENGERTIAN BERKAH
  • Makalah Manajemen Perpustakaan
  • Makalah Kecerdasan Matematis Logis
  • semoga dengan mengunjungi jebidal.com, anda mendapatkan informasi menarik dan dapat bermanfaat bagi anda, dalam situs jebidal.com menitik beratkan pembahasan yang berkaitan dengan pendidikasn, seperti makalah, materi pelajaran, contoh soal ujian dengan jawabannya, contoh skripsi, contoh tesis, dan info menarik serta unik lainnya. Anda sedang membaca postingan yang berjudul Makalah Fisika Atom – Fisika inti – Radioaktifitas
    Admin jebidal.com juga mempermudah pengunjung untuk mendapatkan manfaat dari blog jebidal.com, silahkan jelajahi setiap sudut dari blog ini, semoga menemukan yang Anda cari. Selamat menelusuri blog ini. Anda sedang membaca postingan yang berjudul Makalah Fisika Atom – Fisika inti – Radioaktifitas. Jika Anda ingin mendapatkan update dari blog jebidal.com, silahkan follow twitter @jebidal, ini link langsungnya @jebidal
    Jika Anda lebih suka mainan facebook jangan ragu untuk like fan page jebidal.com ini link langsungnya Jebidal.com on Facebook
    dan jika Anda lebih betah menggunakan akun Gplus Anda, jebidal.com juga punya silahkan follow saja, ini link langsungnya jebidal.com on Gplus

    Mari Kita simak lebih detailnya tentang Makalah Fisika Atom – Fisika inti – Radioaktifitas

    Judul : Makalah Fisika Atom – Fisika inti – Radioaktifitas

    Isi :
    HALAMAN JUDUL, LEMBAR PERSETUJUAN, MOTTO, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, BAB I PENDAHULUAN, A. Latar Belakang , B. Rumusan Masalah, C. Tujuan dan Manfaat, D. Metode, E. Sistematika Penulisan, BAB II KAJIAN TEORI, A. Struktur Atom, B. Laser, C. Inti Atom, D. Radioaktivitas, E. Transmutasi Inti dan Piranti Eksperimen Fisika Inti, F. Radioisotop, Difraksi Sinar-X dan Pita Energi, G. Semikonduktor, BAB III PENYAJIAN DATA, ANALISIS DAN PEMECAHAN MASALAH, A. Radiasi dalam Kehidupan Sehari-hari, B. Keselamatan Radiasi Lingkungan dalam Pengelolaan Limbah Radioaktif di Indonesia, BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN, A. Kesimpulan , B. Saran , DAFTAR PUSTAKA.

    Rangkuman :
    A. STRUKTUR ATOM
    – TEORI ATOM DALTON

    John Dalton pada tahun 1803 mengemukakan teorinya sebagai berikut :
    a. Atom merupakan bagian terkecil suatu zat yang tidak dapat dibagi lagi.
    b. Atom tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan.
    c. Sifat unsur memiliki sifat yang sama dengan sifat atom penyusunnya.
    d. Dua atom atau lebih yang berasal dari unsur-unsur yang berlainan dapat bersenyawa membentuk molekul, dengan jumlah massa sebelum dan sesudah persenyawaan adalah sama.
    e. Dalam suatu senyawa, atom-atom setiap unsur bergabung dengan perbandingan tertentu dan sederhana (misalnya : atom C dan atom O membentuk CO dan CO2).
    Kelemahan teori Dalton adalah :
    a. Ternyata atom masih dapat dibagi lagi seperti proton, neutron dan electron.
    b. Tidak dapat menjelaskan sifat kelistrikan pada atom.

    – TEORI THOMSON
    Dalam percobaannya menggunakan tabung sinar katoda, menunjukkan bahwa partikel sinar katoda jauh lebih ringan dari pada atom. Partikel ini oleh Thomson dinamakan electron. Dengan tabung sinar katoda ini, Thomson dapat menentukan harga perbandingan muatan electron dengan massa electron.
    Pada tahun 1904, J.J. Thomson mengemukakan model atomnya sebagai berikut : “Atom berbentuk bola dan bermuatan positif yang tersebar merata ke seluruh bagian atom dan dinetralkan oleh electron yang melekat pada permukaannya”. Model atom Thomson ini dikenal sebagai model roti kismis.

    – TEORI ERNST RUTHERFORD
    Rutherford melakukan percobaannya dengan menembakkan partikel a ke arah lempeng emas, sehingga dapat menyimpulkan: Atom terdiri dari inti atom yang bermuatan positif dan dikelilingi oleh elektron yang berputar pada lintasan-lintasan tertentu  (seperti susunan tata surya).
    Bila lintasan elektron dianggap lingkaran, maka energi total elektron:
    E = Ek + Ep
    E = – k e²/2r tanda (-) menunjukkan keterikatan terhadap inti
    (menunjukkan bahwa untuk mengeluarkan elektron
    diperlukan energi).
    r = jari-jari orbit elektron
    k = 9 x 109 newton.m²/cou
    Jadi jika r membesar maka E juga membesar, sehingga elektron pada kulit paling luar memiliki energi terbesar.
    Kelemahan teori Rutherford:
    1. Elektron dapat “runtuh” ke inti atom karena dipercepat dan memancarkan energi.
    2. Spektrum atom hidrogen berupa spektrum kontinu (kenyataannya spektrum garis).
    3. Tidak dapat menjelaskan spectrum cahaya yang dipancarkan atom hidrogen.
    4. Menurut teori ini, karena memancarkan gelombang elektromagnetik maka energi total electron akan semakin berkurang sehingga akhirnya akan jauh ke inti.



    Postingan Lainnya;


Terimakasih sudah membaca postingan yang berjudul
Semoga isi dari postingan blog ini bisa bermanfaat, sekali lagi admin jebidal.com ucapkan terima kasih atas kunjungan Anda. Jangan sungkan dan jangan ragu untuk membagikan isi dari blog ini. Silahkan Share Postingan yang membahas tentang Makalah Fisika Atom – Fisika inti – Radioaktifitas