14 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh dan Jenis-Jenis Puasa


Admin jebidal.com pada kesempatan kali ini akan mencoba membahas tentang 14 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh dan Jenis-Jenis Puasa

Silahkan langsung Copypaste saja, tetapi baiknya di teliti dulu barang kali ada yang salah ketik baik judul maupun isi postingan 14 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh dan Jenis-Jenis Puasa, jika sudah yakin silahkan dipergunakan sebagaimana mestinya, jika anda beruntung ada link downloadnya, jangan ragu dan bimbang lansung download saja, semoga blog ini memberi manfaat.

Alangkah baiknya Anda membaca dengan teliti, supaya apa apa yang ada di blog ini bisa bermanfaat, jika hasil dari postingan di blog ini kurang memuaskan, silahkan cari di kotak pencarian [Search Here] atau [Search], kalau tidak salah admin taro di bawah artikel postingan [untuk view handphone/ smartphone atau sejenisnya] dan bagian samping kanan [untuk view via destop/ PC/ Laptop dan sejenisnya], dan semoga hasil dari pencarian blog ini dapat mempermudah Anda dalam menjelajah isi blog jebidal.com ini. selamat berselancar.

Postingan Lainnya yang berhubungan dengan 14 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh dan Jenis-Jenis Puasa

  • 15 Manfaat Vitamin A Bagi Kesehatan dan Kecantikan Tubuh
  • 20 Manfaat Vitamin E Bagi Kesehatan dan Kecantikan Tubuh
  • 16 Manfaat Jagung Bagi Kesehatan Tubuh
  • Cara Menyembuhkan Maag Kronis Tanpa Kambuh
  • 5 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga
  • Waspada Jantung Koroner Pada Remaja
  • SKRIPSI TENTANG PELAYANAN KESEHATAN PASIEN PESERTA JAMKESMAS
  • 15 Cara Menambah Berat Badan Secara Alami dan Efektif
  • semoga dengan mengunjungi jebidal.com, anda mendapatkan informasi menarik dan dapat bermanfaat bagi anda, dalam situs jebidal.com menitik beratkan pembahasan yang berkaitan dengan pendidikasn, seperti makalah, materi pelajaran, contoh soal ujian dengan jawabannya, contoh skripsi, contoh tesis, dan info menarik serta unik lainnya. Anda sedang membaca postingan yang berjudul 14 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh dan Jenis-Jenis Puasa
    Admin jebidal.com juga mempermudah pengunjung untuk mendapatkan manfaat dari blog jebidal.com, silahkan jelajahi setiap sudut dari blog ini, semoga menemukan yang Anda cari. Selamat menelusuri blog ini. Anda sedang membaca postingan yang berjudul 14 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh dan Jenis-Jenis Puasa.

    Jika Anda ingin mendapatkan update dari blog jebidal.com, silahkan follow twitter @jebidal, ini link langsungnya @jebidal
    Jika Anda lebih suka mainan facebook jangan ragu untuk like fan page jebidal.com ini link langsungnya Jebidal.com on Facebook
    dan jika Anda lebih betah menggunakan akun Gplus Anda, jebidal.com juga punya silahkan follow saja, ini link langsungnya jebidal.com on Gplus

    Mari Kita simak lebih detailnya tentang 14 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh dan Jenis-Jenis Puasa

    Manfaat puasa. Khusunya pada saat bulan Ramadhan, umat Islam diharuskan untuk berpuasa sesuai dengan syariat Islam. Puasa didefinisikan sebagai tindakan untuk menahan diri, tidak mengkonsumsi makanan dan minuman, untuk jangka waktu tertentu. Selain sebagai kegiatan ibadah umat Islam, puasa juga memberikan berbagai manfaat kesehatan. Bahkan, puasa juga dapat dijadikan sebagai salah satu gaya hidup sehat.

    Jenis Puasa

      1. Religious Fasting
      2. Agama Islam mengharuskan umat Islam untuk berpuasa pada bulan Ramadhan selama satu bulan. Puasa bulan Ramadhan merupakan puasa dari matahari terbit sampai terbenam. Puasa di bulan Ramadhan tidak hanya menahan lapar, namun puasa ini juga menahan hawa nafsu.

      3. Juice Fasting
      4. Seperti namanya, juice fasting merupakan puasa yang melibatkan konsumsi jus buah dan sayuran selama periode puasa. Tidak terdapat makanan padat yang dimakan selama periode ini. Jenis puasa ini membutuhkan perencanaan yang cermat. Salah satu kebutuhan untuk mendapatkan cukup mineral dan vitamin dari berbagai buah-buahan dan sayuran segar. Hal tersebut dimaksudkan untuk mempercepat detoksifikasi dan menyembuhkan tubuh serta menurunkan berat badan.

      5. Water Fasting
      6. Water fasting merupakan puasa yang hanya mengkonsumi air selama puasa. Water fasting bermanfaat untuk mengatur tekanan darah.

      1. protein Cleansing Fasting
      2. Cleansing fasting merupakan puasa yang bertujuan untuk membersihkan usus dari racun. Cleansing fasting hanya mengkonsumsi jus lemon, lada merah, atau rempah-rempah lainnya. Cleansing fasting dapat berlangsung selama 1 sampai 14 hari. Konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu.

      3. Liquid Protein Fasting
      4. Liquid protein fasting bertujuan untuk menurunkan berat badan bagi penderita obesitas. Liquid

        fasting dapat menurunkan berat badan antara 10 hingga 100 lb. Puasa ini memerlukan pengawasan medis yang tepat.

      1. Diagnostic Fasting
      2. Diagnostic fasting merupakan puasa yang diharuskan karena kondisi medis tertentu. Puasa ini merupakan puasa dengan tidak mengkonsumsi makan dan minum apapun kecuali air selama 8 sampai 12 jam. Misalnya, Anda diharuskan berpuasa diagnostic fasting untuk mengambil tes glukosa puasa. Hal ini dimaksudkan untuk mengukur kadar glukosa darah untuk mendiagnosis diabetes atau hipoglikemia.

    Manfaat Puasa
    1. Partial Fasting
    2. Puasa ini pada dasarnya membatasi beberapa jenis makanan tertentu seperti beras, gandum, atau daging. Puasa ini membatasi mengkonsumsi makanan padat tetapi membatasi jumlah makanan menjadi kurang dari 1 sampai 3 makanan.

     

    Manfaat Puasa

    Sebagian besar puasa, terutama bagi umat Islam, bersifat religius. Tetapi juga dapat dilakukan karena berbagai alasan lainnya seperti mendetoksifikasi tubuh, menurunkan berat badan, pengobatan kondisi medis, dan sebagainya.

      1. Detoksifikasi
    Detoksifikasi
        Puasa dapat mendetoksifikasi tubuh Anda. Makanan olahan yang banyak mengandung zat aditif yang Anda konsumsi dapat berubah menjadi racun dalam tubuh. Sebagian makanan tersebut dapat menyebabkan

    advanced glycation end products (AGEs)

        . Sebagian besar racun disimpan dalam lemak yang dibakar selama puasa dalam jangka waktu yang cukup lama. Apabila Anda tidak makan atau minum pada siang hari, tubuh Anda akan mulai mengkonsumsi menjadi cadangan lemak untuk menciptakan energi. Hal ini dapat membantu dalam menghancurkan racun berbahaya yang terdapat dalam timbunan lemak. Hati, ginjal, dan organ tubuh lainnya terlibat dalam detoksifikasi ini.

     

      1. Menurunkan Berat Badan
    Menurunkan Berat Badan
        Menurunkan berat badan merupakan salah satu manfaat puasa. Hal ini karena ketika Anda lapar pada saat berpuasa, tubuh Anda dipaksa untuk menggunakan lemak yang tersimpan untuk mendapatkan energi. Mengkonsumsi sedikit makanan akan memperlambat metabolisme untuk menghemat energi.

     

      1. Mengurangi Nafsu Makan
    Mengurangi Nafsu Makan
        Puasa merupakan salah satu pilihan yang baik untuk menurunkan berat badan. Dengan tidak mengkonsumsi berbagai makanan pada saat berpuasa dapat menurunkan berat badan Anda. Puasa merupakan gaya hidup yang sehat. Ketika puasa selesai, nafsu makan akan menjadi berkurang dari sebelumnya dan Anda lebih cenderung untuk tidak makan berlebihan.

     

      1. Mengistirahatkan Sistem Pencernaan
    Mengistirahatkan Sistem Pencernaan
        Puasa dapat mengistirahatkan organ pencernaan Anda meskipun fungsinya untuk proses sekresi akan berkurang. Hal ini dapat membantu dalam menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Penghancuran makanan berlangsung pada tingkat yang stabil. Energi juga didapatkan dalam proses bertahap. Pasien yang menderita ulkus peptikum disarankan untuk konsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum berpuasa.

     

      1. Menormalkan Tekanan Darah
    Menormalkan Tekanan Darah
        Puasa merupakan salah satu pengobatan yang dapat menormalkan tekanan darah. Oleh karena itu, puasa dapat bermanfaat untuk mengurangi risiko aterosklerosis serta penyumbatan arteri oleh partikel lemak. Puasa dapat membuat tubuh untuk menguraikan glukosa dan lemak untuk menghasilkan energi. Selama puasa, tingkat metabolisme serta hormon adrenalin dan noradrenalin berkurang. Hal ini membuat metabolisme Anda stabil dan dalam batasan, sehingga dapat mengurangi tekanan darah.

     

      1. Menurunkan Kolesterol
    Menurunkan Kolesterol
        Salah satu manfaat puasa adalah dapat menurunkan kolesterol dalam darah. Hal ini dapat meningkatkan peningkatan kesehatan kardiovaskular dan menurunkan risiko penyakit jantung, serangan jantung, atau stroke. Tingkat kolesterol dapat dipertahankan dengan berpuasa.

     

      1. Menurunkan Gula Darah
    Menurunkan Gula Darah
        Seperti yang dinyatakan sebelumnya, puasa dapat menguraikan glukosa untuk menyediakan energi untuk tubuh. Hal ini akan mengurangi produksi insulin yang terdapat pada pankreas. Glukagon diproduksi yang menyebabkan pemecahan glukosa, sehingga dapat menurunkan gula darah.

     

      1. Mengatasi Inflamasi
    Mengatasi Inflamasi
        Penelitian telah menunjukkan bahwa puasa dapat mengatasi penyakit radang dan alergi. Penyakit radang termasuk arthritis dan penyakit kulit seperti psoriasis. Puasa diyakini dapat dijadikan sebagai salah satu cara penyembuhan penyakit radang usus seperti kolitis ulserativa.

     

      1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
    Meningkatkan Kekebalan Tubuh
        Puasa dapat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menghilangkan racun, dan mengurangi lemak. Berbuka puasa dengan mengkonsumsi buah-buahan dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Buah-buahan mengandung

    vitamin

        esensial dan mineral. Vitamin A dan E merupakan antioksidan yang baik yang membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

     

      1. Membantu Mengatasi Kecanduan
    Membantu Mengatasi Kecanduan

     

        Puasa dapat membantu dalam mengurangi kecanduan merokok, alkohol, dan kafein. Puasa dapat membantu perokok untuk mengatasi kecanduan mereka. Mendorong keinginan untuk mengkonsumsi makanan yang menyehatkan tubuh seperti buah-buahan.

     

      1. Meningkatkan Kemampuan Otak
    Meningkatkan Kemampuan Otak
        Puasa dapat membantu dalam meningkatkan neurotropik yang diturunkan dari otak, yang membantu tubuh untuk dapat memproduksi lebih banyak sel-sel otak, sehingga dengan berpuasa dapat meningkatkan fungsi otak. Jumlah hormon kortisol yang menurun pada saat sedang berpuasa yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal dapat membantu dalam menurunkan tingkat stres.

     

      1. Menyehatkan ginjal
    Menyehatkan ginjal
        Ginjal berfungsi sebagai saringan zat berbahaya dari apa yang telah dikonsumsi. Fungsi ginjal dapat bekerja secara maksimal apabila kekuatan osmosis urin mencapai 1000 hingga 12.000 ml osmosis/kg air. Asupan air yang berkurang pada saat sedang berpuasa, target dalam mencapai kekuatan osmosis dalam urin akan mudah tercapai sehingga dapat berdampak positif pada kesehatan ginjal.

     

      1. Mengatasi Sakit Sendi atau Encok
    Mengatasi Sakit Sendi atau Encok
        Berpuasa dapat meningkatkan sel penetral alami yang terdapat dalam tubuh, sehingga akan membuat sakit sendi atau encok tersebut sedikit demi sedikit dapat sembuh. Sebuah penelitian menyimupulkan adanya korelasi antara meningkatnya kemampuan sel penetral alami dengan membaiknya radang sendi atau encok itu sendiri.

     

      1. Berpikir Tajam dan Kreatif
    Berpikir Tajam dan Kreatif
      Dengan berpuasa dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang dan melambat. Menurut sebuah studi, bahwa pikiran yang melambat dapat membuat pikiran tersebut menjadi lebih tajam. Rasa lapar pada saat berpuasa merupakan hal yang wajar apabila rasa lapar tersebut akan memaksa untuk berpikir lebih tajam dan lebih kreatif dari biasanya.

    Hindari makan berlebihan pada saat berbuka puasa. Disarankan untuk mengkonsumsi lebih banyak makanan padat dibandingkan dengan makanan ringan. Itulah 14 manfaat puasa bagi kesehatan tubuh. Cukupi kebutuhan air pada saat berpuasa sebanyak 8-10 gelas sehari. 2 gelas pada saat sahur, 4 gelas pada saat berbuka puasa, dan 2 gelas pada saat malam.

    Other articles you might like;

    Postingan Lainnya;


Terimakasih sudah membaca postingan yang berjudul
Semoga isi dari postingan blog ini bisa bermanfaat, sekali lagi admin jebidal.com ucapkan terima kasih atas kunjungan Anda. Jangan sungkan dan jangan ragu untuk membagikan isi dari blog ini. Silahkan Share Postingan yang membahas tentang 14 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh dan Jenis-Jenis Puasa

cari di kotak pencarian ini