Metode Pengembangan Ide

Metode Pengembangan Ide

1. Brain Stroming


Brian Stroming atau curah pendapat merupakan teknik pemecahan masalah secara klompok. Masing-masing orang dalam kelompok dapat mengeluarkan ide/ pendapat secara bebas dalam membahas suatu masalah atau mencari gagasan yang baru.

Yang perlu diperhatikan dalam teknik ini adalah jangan ada usaha untuk menevaluasi gagasan selama proses curah ide berlangsung. Ide-ide ynag keluar dicatat pada lembar kertaqs yang lebar, jika dira ide sudah tidak keluar lagi, maka fasilitator memndu menidentifikasi ide yang sama sampai didapaykan butir-butir yang penting yang berhubungan dengan masalah yang dibahas.

2. Brian Writing

Seperti halnya Brian storming, Brian Writing juga merupakan teknik curah ide/pendapat, hanaya saja pada pelaksanaannya yang sedikit berbeda, brian writng menggunakan tulisan di atas potongan kertas, keuntugan setiap orang didorong untuk mengeluarkan pendapatnaya dengan menulisakan di papan. Proses selanjutnya sama halnya dengan Brian Storming.

3. Synectic

Menekankan aktivitas spontan dari otak dan sistem syaraf dalam mengadakan ekplorasi dan trensformasi permasalahan.

Prosesnya adalah:

Persoalan di berikan —> analisis —> perumusan inti persoalan —>   pengembangan gagasan —> menentukan jalan keluar (solusi terbaik)

4. Attitude Listing

Teknik diterapkan pada suatu objek jika ingin mengadakan pengembangan manfaat maupun bentuknya. Bentuk dan karakteristik objek itu diidentifikasi dan dicatat, kemudian masing-masing dari bentuk dan karakteristiknya secara terpisah-pisah dipelajari, dianalisa apakah mungkin ada yang dapat ditingkatkan atau dirubah.

5. Forced Relationship

Teknik ini adalah menggabungkan dua atau lebih objek yang tidak memiliki kaitan untuk menghasilkan sesuatu yang baru.

6. Morphological Analysis

Teknik inni hampir sama dengan Attitude Listing; dalam pelaksanaannya semua kemungkinan variasi permasalahan dicatat dan di daftar, dicari kemungkinan kombinasi yang baru. Caranya variabel didaftar dalam kertas lebar yang sejajar satu dengan lainnya kemudian digerakan/digeser untuk mendapatkan kombinasi baru.

7. SCAMPER

Metode ini merupakan suatu daftar pertanyaan untuk merangsang keluarnya ide-ide yang baik. SCAMPER adalah akronim dari masing-masing huruf yang mengandung suatu arti untuk pengembangan ide.

  • S = Substitute –> Dapatkah ini diganti denagn yang lain?
  • C = Combine –> Dapatkah ini di kombinasikan dengan yang lain?
  • A = Adapt –> Dapatkah hal ini disesuaikan dengan kondisi yang ada?
  • M = Modify, Minify, Magnify –> Dapatkah ini dirubah, diperkecil, dan atau diperbeasr?
  • P = Put to orther uses –> Dapatkah ini digunakan untukkepentingan yang lain?
  • E = Eleminate –> Daptkah bagian-bagian ini dihilangkan?
  • R = Rearange, Reverse –> Dapakah hal ini disusun kembali, atau dapatkah halini dikerjakan dari sebaliknya?

 

Incoming search terms:

Comments are closed.

Wordpress SEO Plugin by SEOPressor