Pelaksanaan Petugas Praktek Kependidikan Laporan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL II) Di SMP Negeri 18 Kota Cirebon

Pelaksanaan Petugas Praktek Kependidikan Laporan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL II) Di SMP Negeri 18 Kota Cirebon

BAB III

PELAKSANAAN PETUGAS PRAKTEK KEPENDIDIKAN

 

  1. Praktek Mengajar

Interaksi Pembelajaran merupakan suatu hal yang harus dilaksanakan oleh seorang guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Dengan adanya interaksi antara guru dengan siswa maka akan terjalin hubungan yang baik sehingga dapat membantu dalam proses pembelajaran.

Agar interaksi itu bisa tercapai, guru harus memiliki strategi belajar yang baik. Misalnya strategi dalam mengajukan pertanyaan dapat bermanfaat dan digunakan dalam mempertemukan sejumlah tujuan belajar yang banyak dan bervariasi, baik dalam strategi pembelajaran berkelompok maupun pembelajaran secara individual. Kegiatan belajar berkelompok diantaranya adalah diskusi, inkuiri, dan kegiatan laboratorium yang di dalamnya terjadi interaksi, baik antara siswa dengan siswa maupun antara siswa dengan guru melalui aktivitas bertanya dan menjawab.

 

  1. Tujuan Praktek Mengajar

Praktek mengajar ini bertujuan agar praktikan dapat mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan dalam PPL sehingga dapat memperoleh pengalaman dan penghayatan secara langsung dalam kegiatan mengajar (real teaching).

  1. Jenis dan Urutan Kegiatan
    1. Membuat jadwal kegiatan praktek mengajar, yang ditentukan oleh wakil kepala sekolah bagian kurikulum, berkordinasi dengan guru pamong masing-masing bidang study.
    2. Membuat persiapan tertulis untuk setiap pertemuan dalam bentuk silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
    3. Menciptakan dan mengajukan alat peraga.
    4. Menggunakan prosedur yang baik dalam mengajar.
    5. Mengadakan evaluasi setiap kali hasil kegiatan belajar mengajar untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan praktekan dalam pengajaran.
  2. Aspek-aspek Dalam Praktek Mengajar

-                                        Memperhatikan kemampuan tiap siswa

-          Mencatat prestasi belajar siswa

-          Mempertahankan interaksi belajar siswa.

  1. Praktek Kependidikan

PPL dilaksanakan dari tanggal 17 Oktober – 19 November 2011, dimana praktikan mendapat kesempatan mengajar maksimal 16 kali pertemuan dan minimal 8 kali pertemuan atau dikondisikan oleh guru pamong yang bersangkutan, yang setiap pertemuannya mempunyai alokasi waktu 2 x 40 menit.

  1. Evaluasi

Selama pelaksanaan PPL, ada banyak hal yang kurang diperhatikan oleh praktikan, diantaranya :

-          Silabus yang belum disiapkan pada saat pengajaran berlangsung

-          Tata cara dalam mengajar kurang diperhatikan

-          Alat peraga yang kurang disiapkan

 

  1. 1.                                                            Prinsip Kegiatan Ekstrakulikuler

Kegiatan ekstrakulikuler merupakan kegiatan yang dilakukan di luar jam pelajaran. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan aspek kognitif, efektif, dan psikomotor para siswa serta mengembangkan minat dan bakat siswa terhadap seni. Melalui bimbingan, arahan, dan pembina (guru). Di SMP Negeri 18 Kota Cirebon, penyelenggaraan kegiatan ekstrakulikuler dikembangkan atas dasar keinginan dari siswa itu sendiri.

  1. 2.       Partisipasi Dalam Pengolahan Kelas

Proses pembelajaran di SMP Negeri 18 Kota Cirebon berlangsung di dalam kelas. Dengan bimbingan guru proses pembelajaran berlangsung baik serta lancar. Adapun kendala yang masih terjadi adalah ketidaksiapan sebagian siswa untuk mengikuti proses pembelajaran. Hal ini tentu saja menghambat proses pembelajaran di kelas.

 

 

 

Dalam hal ini para praktikan dituntut untuk dapat menerapkan ilmunya tentang bagaimana strategi pengelolaan kelas yang baik sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik. Praktikan juga berupaya menciptakan hubungan yang harmonis dengan siswa, memberi motivasi bagi kegiatan belajar siswa, dan menciptakan metode belajar.

buffer Pelaksanaan Petugas Praktek Kependidikan Laporan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL II) Di SMP Negeri 18 Kota Cirebondiggit Pelaksanaan Petugas Praktek Kependidikan Laporan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL II) Di SMP Negeri 18 Kota Cirebonemail Pelaksanaan Petugas Praktek Kependidikan Laporan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL II) Di SMP Negeri 18 Kota Cirebonfacebook Pelaksanaan Petugas Praktek Kependidikan Laporan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL II) Di SMP Negeri 18 Kota Cirebontwitter Pelaksanaan Petugas Praktek Kependidikan Laporan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL II) Di SMP Negeri 18 Kota Cirebontumblr Pelaksanaan Petugas Praktek Kependidikan Laporan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL II) Di SMP Negeri 18 Kota Cirebongoogle Pelaksanaan Petugas Praktek Kependidikan Laporan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL II) Di SMP Negeri 18 Kota Cirebonreddit Pelaksanaan Petugas Praktek Kependidikan Laporan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL II) Di SMP Negeri 18 Kota Cirebonprint Pelaksanaan Petugas Praktek Kependidikan Laporan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL II) Di SMP Negeri 18 Kota Cirebonpinterest Pelaksanaan Petugas Praktek Kependidikan Laporan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL II) Di SMP Negeri 18 Kota Cirebonlinkedin Pelaksanaan Petugas Praktek Kependidikan Laporan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL II) Di SMP Negeri 18 Kota Cirebonflattr Pelaksanaan Petugas Praktek Kependidikan Laporan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL II) Di SMP Negeri 18 Kota Cirebonstumbleupon Pelaksanaan Petugas Praktek Kependidikan Laporan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL II) Di SMP Negeri 18 Kota Cirebon

Comments are closed.