Pemanfaatan Alam Sekitar Sebagai Media Pembelajaran


Admin jebidal.com pada kesempatan kali ini akan mencoba membahas tentang Pemanfaatan Alam Sekitar Sebagai Media Pembelajaran

Silahkan langsung Copypaste saja, tetapi baiknya di teliti dulu barang kali ada yang salah ketik baik judul maupun isi postingan Pemanfaatan Alam Sekitar Sebagai Media Pembelajaran, jika sudah yakin silahkan dipergunakan sebagaimana mestinya, jika anda beruntung ada link downloadnya, jangan ragu dan bimbang lansung download saja, semoga blog ini memberi manfaat.

Alangkah baiknya Anda membaca dengan teliti, supaya apa apa yang ada di blog ini bisa bermanfaat, jika hasil dari postingan di blog ini kurang memuaskan, silahkan cari di kotak pencarian [Search Here] atau [Search], kalau tidak salah admin taro di bawah artikel postingan [untuk view handphone/ smartphone atau sejenisnya] dan bagian samping kanan [untuk view via destop/ PC/ Laptop dan sejenisnya], dan semoga hasil dari pencarian blog ini dapat mempermudah Anda dalam menjelajah isi blog jebidal.com ini. selamat berselancar.

Postingan Lainnya yang berhubungan dengan Pemanfaatan Alam Sekitar Sebagai Media Pembelajaran

  • Contoh Soal Anggaran Produksi dan Penyelesaiannya
  • Hadits Tentang Larangan Korupsi dan Kolusi
  • Faktor Penyebab Terjadinya Monopoli
  • makalah tentang pajak kendaraan bermotor
  • Makalah SUMBER-SUMBER HUKUM ISLAM
  • PENGERTIAN BERKAH
  • Makalah Manajemen Perpustakaan
  • Makalah Kecerdasan Matematis Logis
  • semoga dengan mengunjungi jebidal.com, anda mendapatkan informasi menarik dan dapat bermanfaat bagi anda, dalam situs jebidal.com menitik beratkan pembahasan yang berkaitan dengan pendidikasn, seperti makalah, materi pelajaran, contoh soal ujian dengan jawabannya, contoh skripsi, contoh tesis, dan info menarik serta unik lainnya. Anda sedang membaca postingan yang berjudul Pemanfaatan Alam Sekitar Sebagai Media Pembelajaran
    Admin jebidal.com juga mempermudah pengunjung untuk mendapatkan manfaat dari blog jebidal.com, silahkan jelajahi setiap sudut dari blog ini, semoga menemukan yang Anda cari. Selamat menelusuri blog ini. Anda sedang membaca postingan yang berjudul Pemanfaatan Alam Sekitar Sebagai Media Pembelajaran.

    Jika Anda ingin mendapatkan update dari blog jebidal.com, silahkan follow twitter @jebidal, ini link langsungnya @jebidal
    Jika Anda lebih suka mainan facebook jangan ragu untuk like fan page jebidal.com ini link langsungnya Jebidal.com on Facebook
    dan jika Anda lebih betah menggunakan akun Gplus Anda, jebidal.com juga punya silahkan follow saja, ini link langsungnya jebidal.com on Gplus

    Mari Kita simak lebih detailnya tentang Pemanfaatan Alam Sekitar Sebagai Media Pembelajaran

    Pemanfaatan Alam Sekitar Sebagai Media Pembelajaran

    Pemanfaatan Alam Sekitar Sebagai Media Pembelajaran

    Alam adalah merupakan media yang tak terbatas bagi anak didik untuk berekplorasi dan berinteraksi dalam mengembangkan dan membangun pengetahuan mereka. Menurut Susanto (2011) bahwa “alam sekitar bisa dijadikan sebagai media pembelajaran”, diantaranya sebagai berikut:

    a. Taman (dirancang sebagai tempat bermain sambil mempelajari berbagai hal tentang etika, bahasa, intelektual, motorik, disiplin, emosi, dan sosiobilitas, serta menumbuhkan berbagai inovasi). Diantara kegiatan yang dapat dilakukan di taman ialah brainstorming, perdebatan, perangkuman atau intisari suatu bacaan, story reading, story telling.

    b. Tanah liat (dimanfaatkan untuk membuat berbagai ciptaan dengan penuh daya eksplorasi, komunikasi dan informasi, serta daya imajinasi dan persepsi seni).

    c. Air (dimanfaatkan untuk menjelaskan sifat air dan berbagai peristiwa alam).
    Sifat air : (1) mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah, (2) mudah berubah menjadi padat atau es jika didinginkan sampai suhu tertentu, menjadi gas atau uap jika dipanaskan sampai suhu tertentu dan hilang di udara, menjadi air kembali jika mengalami pendinginan di udara, (3) memiliki kekuatan bisa merubah bentuk tanah (erosi), dan menghancurkan batuan keras di pantai (abrasi). Air untuk menjelaskan peristiwa alam: (1) Peristiwa mengapung dan tenggelam, (2) Mengamati tumbuhan minum.

    d. Tanah (dimanfaatkan untuk menjelaskan terbentuknya tanah oleh pengaruh cuaca pada bebatuan di permukaan tanah), bahan yang terkandung didalamnya (mineral dan humus/sisa tumbuhan), serta benda yang ada didalamnya (bakteri, hewan kecil, air dan udara).

    e. Pasir (dimanfaatkan untuk mengembangkan daya motorik siswa/bermain sambil belajar).
    Menurut Lighart (Hartati, 2005: 78) menjelaskan bahwa “beliau mengutamakan pembelajaran melalui lingkungan di sekitar anak. Alam merupakan barang sesungguhnya yang dapat menjadi bahan belajar bagi anak”.

    Sedangkan menurut Vaquette (Hartati,2005:32) menjelaskan bahwa terdapat tiga aspek penting dalam alam, yaitu:

    a. Alam merupakan ruang lingkup untuk menemukan kembali jati diri secara kolektif dan menyusun kembali kehidupan sosial.

    b. Alam merupakan ruang lingkup yang dapat dieksplorasi. Jika anak-anak tidak mengenal lokasi kegiatannya, maka anak akan menggunakan sebagian besar waktu yang tersedia untuk mengetahui apa kira-kira yang akan mereka kerjakan di tempat itu.

    c. Peranan pendidik di lokasi kegiatan. Seorang pendidik harus sekaligus menjadi pengajar, pendidik, serta pembimbing kegiatan. Sebagai pengajar yang baik harus dapat memberikan pengetahuan yang dapt diterapkan oleh para muridnya.

    Berdasarkan beberapa pendapat tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa alam sekitar anak adalah merupakan ciptaan Tuhan yang dapat dimanfaatkan oleh manusia salah satunya yaitu dapat digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses belajar mengajar pada anak Taman Kanak-kanak. Maka dari itu orang tua maupun guru harus mengajarkan anak, agar selalu menjaga dan melindungi alam sekitar mereka, karena alam sangat bermanfaat bagi manusia.

    Other articles you might like;

    Postingan Lainnya;


Terimakasih sudah membaca postingan yang berjudul
Semoga isi dari postingan blog ini bisa bermanfaat, sekali lagi admin jebidal.com ucapkan terima kasih atas kunjungan Anda. Jangan sungkan dan jangan ragu untuk membagikan isi dari blog ini. Silahkan Share Postingan yang membahas tentang Pemanfaatan Alam Sekitar Sebagai Media Pembelajaran

cari di kotak pencarian ini