Pengertian Hormon dan Fungsi Hormon, Lengkap!


Admin jebidal.com pada kesempatan kali ini akan mencoba membahas tentang Pengertian Hormon dan Fungsi Hormon, Lengkap!

Silahkan langsung Copypaste saja, tetapi baiknya di teliti dulu barang kali ada yang salah ketik baik judul maupun isi postingan Pengertian Hormon dan Fungsi Hormon, Lengkap!, jika sudah yakin silahkan dipergunakan sebagaimana mestinya, jika anda beruntung ada link downloadnya, jangan ragu dan bimbang lansung download saja, semoga blog ini memberi manfaat.

Alangkah baiknya Anda membaca dengan teliti, supaya apa apa yang ada di blog ini bisa bermanfaat, jika hasil dari postingan di blog ini kurang memuaskan, silahkan cari di kotak pencarian [Search Here] atau [Search], kalau tidak salah admin taro di bawah artikel postingan [untuk view handphone/ smartphone atau sejenisnya] dan bagian samping kanan [untuk view via destop/ PC/ Laptop dan sejenisnya], dan semoga hasil dari pencarian blog ini dapat mempermudah Anda dalam menjelajah isi blog jebidal.com ini. selamat berselancar.

Postingan Lainnya yang berhubungan dengan Pengertian Hormon dan Fungsi Hormon, Lengkap!

  • Pengertian Akomodasi, Bentuk-Bentuk Akomodasi, dan Tujuannya
  • Sejarah Bahasa Indonesia dan Perkembangannya, Lengkap!
  • Pengertian Manajemen dan Fungsi Manajemen, Lengkap!
  • Pengertian Lemak dan Fungsi Lemak, Lengkap!
  • Pengertian Masyarakat dan Ciri-Ciri Masyarakat, Lengkap!
  • Pengertian Cerpen, Struktur Cerpen, Ciri-Ciri Cerpen, Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Cerpen
  • Pengertian Darah, Fungsi Darah, dan Komponennya
  • Pengertian Bioteknologi Modern dan Konvensional, Lengkap!
  • semoga dengan mengunjungi jebidal.com, anda mendapatkan informasi menarik dan dapat bermanfaat bagi anda, dalam situs jebidal.com menitik beratkan pembahasan yang berkaitan dengan pendidikasn, seperti makalah, materi pelajaran, contoh soal ujian dengan jawabannya, contoh skripsi, contoh tesis, dan info menarik serta unik lainnya. Anda sedang membaca postingan yang berjudul Pengertian Hormon dan Fungsi Hormon, Lengkap!
    Admin jebidal.com juga mempermudah pengunjung untuk mendapatkan manfaat dari blog jebidal.com, silahkan jelajahi setiap sudut dari blog ini, semoga menemukan yang Anda cari. Selamat menelusuri blog ini. Anda sedang membaca postingan yang berjudul Pengertian Hormon dan Fungsi Hormon, Lengkap!.

    Jika Anda ingin mendapatkan update dari blog jebidal.com, silahkan follow twitter @jebidal, ini link langsungnya @jebidal
    Jika Anda lebih suka mainan facebook jangan ragu untuk like fan page jebidal.com ini link langsungnya Jebidal.com on Facebook
    dan jika Anda lebih betah menggunakan akun Gplus Anda, jebidal.com juga punya silahkan follow saja, ini link langsungnya jebidal.com on Gplus

    Mari Kita simak lebih detailnya tentang Pengertian Hormon dan Fungsi Hormon, Lengkap!

    Pengertian Hormon

    Pengertian Hormon dan Fungsi Hormon Lengkap,Hormon dan Fungsi Hormon,fungsi hormon estrogen dan progesteron,fungsi hormon bagi tubuh,fungsi hormon pada tumbuhan,fungsi hormon auksin,fungsi hormon adrenalin,fungsi hormon insulin,fungsi hormon prolaktin,fungsi hormon lh

    Secara umum, pengertian hormon merupakan suatu zat kimia yang dihasilkan oleh organ-organ tubuh tertentu dari kelenjar endokrin yang berfungsi guna memacu fungsi organ-organ tubuh tertentu. Istilah kata hormon berasal dari kata “hormein” yang merupakan bahasa yunani yaang berarti memacu, atau kata hormao yang berarti membangkitkan atau menggairahkan. Semua organisme yang termasuk bersifat multiseluler antara lain : manusia, tumbuhan, dan hewan memproduksi hormon. Hormon mempunyai peran penting untuk mengendalikan proses metabolisme, pertumbuhan, reproduksi, kekebalan, serta pola hidup manusia itu sendiri.

    Berbagai jenis hormon diproduksi oleh kelenjar yang bernama kelenjar endokrin. Kelenjar endokrin sangatlah bermacam-macam, antara lain : macam-macam kelenjar endokrin adalah kelenjar pankreas, kelenjar hipotalamus, kelenjar ovarium, kelenjar pencernaan, kelenjar timus, kelenjar tiroid, kelenjar hipofisis, kelenjar adrenal.

    Pengertian Hormon,Pengertian Hormon dan Fungsi Hormon Lengkap,Hormon dan Fungsi Hormon,fungsi hormon estrogen dan progesteron,fungsi hormon bagi tubuh,fungsi hormon pada tumbuhan,fungsi hormon auksin,fungsi hormon adrenalin,fungsi hormon insulin,fungsi hormon prolaktin,fungsi hormon lh
    Pengertian Hormon

    Hormon tidak mempunyai suatu saluran sehingga pada sekresinya sehingga masuk ke aliran darah dengan mengikuti peredaran darah tersebut ke seluruh tubuh, jika sudah sampai ke organ tertentu, hormon tersebut kemudian merangsang terjadinya perubahan. Perubahan yang dimaksud tersebut pada umumnya dengan jangka waktu panjang, contohnya pertumbuhan serta pemasakan seksual, akan tetapi terdapat suatu hormon yang mempunyai waktu relatif lebih pendek seperti kejadian yang menakutkan.

    Pengertian hormon mempunyai peran penting dalam proses metabolisme, sama seperti hal nya enzim. Namun terdapat perbedaan antara hormon dengan enzim. Enzim mempunyai kemampuan guna mempercepat reaksi metabolisme. Pengertian hormon memiliki peran dalam menentukan tingkat metabolisme dan mengontrol fungsi tubuh. Peranan penting pada hormon antara lain :

    Peranan Hormon

    Peranan Hormon,Pengertian Hormon dan Fungsi Hormon Lengkap,Hormon dan Fungsi Hormon,fungsi hormon estrogen dan progesteron,fungsi hormon bagi tubuh,fungsi hormon pada tumbuhan,fungsi hormon auksin,fungsi hormon adrenalin,fungsi hormon insulin,fungsi hormon prolaktin,fungsi hormon lh
    Peranan Hormon
        1) Peranan Psikologis, yaitu mengatur mood dan suasana hati.

     

        2) Peranan Fisik, yaitu dapat menyebabkan munculnya bentuk fisik yang menjadikan perbedaan antara pria dan wanita.

     

        3) Peranan sistem reproduksi, yaitu guna mengontrol kinerja organ-organ reproduksi.

    Hormon diproduksi oleh sel-sel yang terdapat pada kelenjar hormon yang tersebar dibagian-bagian tubuh. Kelenjar tersebut dinamakan kelenjar endokrin, yaitu kelenjar yang memiliki kemampuan untuk memproduksi hormon. Produksi hormon yang dilakukan dalam kelenjar endokrin di atur oleh hipotalamus. Hipotalamus tersebut terdapat dalam otak.

    Terdapat yang namanya kelenjar pituitari atau dapat disebut dengan kelenjar hipofisis, yaitu suatu kelenjar endokrin yang banyak memproduksi hormon. Setiap hormon tersebut memiliki berbagai fungsi yang berbeda-beda, akan tetapi terdapat juga hormon yang mempunyai fungsi yang saling mendukung, contohnya : menghambat atau merangsang produksi hormon lainnya. Hormon mempunyai banyak fungsi dan juga peranannya masing-masing. Untuk lebih lengkapnnya, berikut dijelaskan tentang fungsi hormon.

    Fungsi Hormon

    Fungsi HormonmPeranan Hormon,Pengertian Hormon dan Fungsi Hormon Lengkap,Hormon dan Fungsi Hormon,fungsi hormon estrogen dan progesteron,fungsi hormon bagi tubuh,fungsi hormon pada tumbuhan,fungsi hormon auksin,fungsi hormon adrenalin,fungsi hormon insulin,fungsi hormon prolaktin,fungsi hormon lh
    Fungsi Hormon

    Hormon sangatlah penting keberadaannya, berikut fungsi hormon :

        1) Fungsi hormon dapat mempengaruhi metabolisme glukosa, lemak, dan protein seluruh tubuh.

     

        2) Mengendalikan tekanan darah.

     

        3) Mengendalikan perkembangan pada sistem reproduksi dan ciri-ciri seksual.

     

        4) Merangsang dalam proses pembentukan sel darah merah atau eritrosit.

     

        5) Fungsi hormon dapat mengendalikan pelepasan dan pembentukan hormon yang dilakukan oleh korteks adrenal.

     

        6) Merangsang pelepasan dan pembentukan dari kelenjar tiroid.

     

        7) Mempertahankan homeostasis atau keseimbangan pada keadaan tubuh terhadap lingkungan sekitarnya.

     
    Pengertian Hormon dan Fungsi Hormon Lengkap,Hormon dan Fungsi Hormon,fungsi hormon estrogen dan progesteron,fungsi hormon bagi tubuh,fungsi hormon pada tumbuhan,fungsi hormon auksin,fungsi hormon adrenalin,fungsi hormon insulin,fungsi hormon prolaktin,fungsi hormon lhPada hewan, terdapat hormon yang paling dikenal yaitu hormon yang diproduksi oleh sebuah kelenjar endokrin vertebrata. Hormon dapat dihasilkan oleh hampir semua sistem-sistem organ serta berbagai jenis jaringan yang ada pada tubuh hewan. Molekul hormon kemudian dilepaskan langsung ke aliran darah, akan tetapi terdapat juga jenis hormon yang disebut ectohormone atau ektohormon, dimana hormon tersebut tidak langsung dialirkan ke aliran darah, tetapi dengan melalui sirkulasi ataupun difusi ke sel target.

    Biasanya pengaturan produksi suatu hormon dilakukan oleh hipotalamus. Hipotalamus berfungsi untuk mengontrol sekresi dari kelenjar yang lain, khususnya dengan melalui kelenjar pituitari, dimana kelenjar tersebut akan mengontrol kelenjar yang lainnya. Hipotalamus dapat memerintahkan kelenjar pituitari untuk mensekresikan hormonnya tersebut dengan cara mengirim faktor regulasi ke lobus anterior serta impuls saraf ke posteriornya dan dengan mengirim impuls saraf ke lobus posteriornya.

    Untuk tumbuhan, hormon akan dihasilkan khususnya pada bagian-bagian tumbuhan yang memiliki sel-sel yang masih aktif membelah diri atau pada saat tahap perkembangan pesat. Transfer hormon dari satu bagian ke bagian yang lainnya dapat dilakukan melalui sistem pembuluh ataupun transfer antarsel. Tumbuhan tidak mempunyai kelenjar tertentu yang dapat menghasilkan hormon.

    Itulah pengertian hormon dan fungsi hormon. Dapat disimpulkan bahwa pengertian hormon adalah sebuah zat kimia yang dihasilkan oleh organ-organ tubuh tertentu dari kelenjar endokrin yang berfungsi guna memacu fungsi organ-organ tubuh tertentu tersebut.

    Other articles you might like;

    Postingan Lainnya;


Terimakasih sudah membaca postingan yang berjudul
Semoga isi dari postingan blog ini bisa bermanfaat, sekali lagi admin jebidal.com ucapkan terima kasih atas kunjungan Anda. Jangan sungkan dan jangan ragu untuk membagikan isi dari blog ini. Silahkan Share Postingan yang membahas tentang Pengertian Hormon dan Fungsi Hormon, Lengkap!

cari di kotak pencarian ini