Skripsi Analisis Penggunaan Gaya Bahasa Surat Pendengar Dalam Acara Curahan Hati Dan Lagu Di Radio Komunitas X


Admin jebidal.com pada kesempatan kali ini akan mencoba membahas tentang Skripsi Analisis Penggunaan Gaya Bahasa Surat Pendengar Dalam Acara Curahan Hati Dan Lagu Di Radio Komunitas X

Silahkan langsung Copypaste saja, tetapi baiknya di teliti dulu barang kali ada yang salah ketik baik judul maupun isi postingan Skripsi Analisis Penggunaan Gaya Bahasa Surat Pendengar Dalam Acara Curahan Hati Dan Lagu Di Radio Komunitas X, jika sudah yakin silahkan dipergunakan sebagaimana mestinya, jika anda beruntung ada link downloadnya, jangan ragu dan bimbang lansung download saja, semoga blog ini memberi manfaat.

Alangkah baiknya Anda membaca dengan teliti, supaya apa apa yang ada di blog ini bisa bermanfaat, jika hasil dari postingan di blog ini kurang memuaskan, silahkan cari di kotak pencarian [Search Here] atau [Search], kalau tidak salah admin taro di bawah artikel postingan [untuk view handphone/ smartphone atau sejenisnya] dan bagian samping kanan [untuk view via destop/ PC/ Laptop dan sejenisnya], dan semoga hasil dari pencarian blog ini dapat mempermudah Anda dalam menjelajah isi blog jebidal.com ini. selamat berselancar.

Postingan Lainnya yang berhubungan dengan Skripsi Analisis Penggunaan Gaya Bahasa Surat Pendengar Dalam Acara Curahan Hati Dan Lagu Di Radio Komunitas X

  • kumpulan judul skripsi sejarah kebudayaan islam
  • PERNIKAHAN DIBAWAH UMUR DI KECAMATAN KURANJI DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NO 1 TAHUN 1974 DAN KOMPILASI HUKUM ISLAM (STUDI DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN KURANJI)
  • SKRIPSI TENTANG PELAYANAN KESEHATAN PASIEN PESERTA JAMKESMAS
  • SKRIPSI HUBUNGAN FAKTOR LINGKUNGAN FISIK RUMAH DENGAN KE JADIAN PENYAKIT MALARIA DI DESA X
  • SKRIPSI ANALISIS PENGARUH EKSPOR SEKTOR INDUSTRI DAN PENANAMAN MODAL ASING SEKTOR INDUSTRI TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA
  • SKRIPSI PTK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE PADA KONSEP PENGENALAN HARDWARE (MATA PELAJARAN : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI) – (KELAS VII)
  • SKRIPSI IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI TAMAN KANAK-KANAK
  • SKRIPSI PENGARUH METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS ANAK
  • semoga dengan mengunjungi jebidal.com, anda mendapatkan informasi menarik dan dapat bermanfaat bagi anda, dalam situs jebidal.com menitik beratkan pembahasan yang berkaitan dengan pendidikasn, seperti makalah, materi pelajaran, contoh soal ujian dengan jawabannya, contoh skripsi, contoh tesis, dan info menarik serta unik lainnya. Anda sedang membaca postingan yang berjudul Skripsi Analisis Penggunaan Gaya Bahasa Surat Pendengar Dalam Acara Curahan Hati Dan Lagu Di Radio Komunitas X
    Admin jebidal.com juga mempermudah pengunjung untuk mendapatkan manfaat dari blog jebidal.com, silahkan jelajahi setiap sudut dari blog ini, semoga menemukan yang Anda cari. Selamat menelusuri blog ini. Anda sedang membaca postingan yang berjudul Skripsi Analisis Penggunaan Gaya Bahasa Surat Pendengar Dalam Acara Curahan Hati Dan Lagu Di Radio Komunitas X. Jika Anda ingin mendapatkan update dari blog jebidal.com, silahkan follow twitter @jebidal, ini link langsungnya @jebidal
    Jika Anda lebih suka mainan facebook jangan ragu untuk like fan page jebidal.com ini link langsungnya Jebidal.com on Facebook
    dan jika Anda lebih betah menggunakan akun Gplus Anda, jebidal.com juga punya silahkan follow saja, ini link langsungnya jebidal.com on Gplus

    Mari Kita simak lebih detailnya tentang Skripsi Analisis Penggunaan Gaya Bahasa Surat Pendengar Dalam Acara Curahan Hati Dan Lagu Di Radio Komunitas X

    Skripsi Analisis Penggunaan Gaya Bahasa Surat Pendengar Dalam Acara Curahan Hati Dan Lagu Di Radio Komunitas X

    BAB I
    PENDAHULUAN

    1.1 Latar Belakang
    Bahasa adalah alat komunikasi antara anggota masyarakat yang merupakan lambang bunyi suara yang dikeluarkan oleh alat ucap manusia (Keraf, 1997:1). Dengan menggunakan bahasa, orang dapat mengemukakan buah pikiran atau isi hatinya, baik secara lisan maupun tertulis. Bahasa lisan digunakan apabila mereka yang berbicara tidak berhadapan langsung, tetapi dengan media lambang grafis, yang dalam salah satunya adalah dalam bentuk surat.
    Yang dimaksud dengan surat adalah sehelai kertas atau lebih yang memuat suatu bahan komunikasi yang akan disampaikan seseorang kepada orang lain, baik atas nama pribadi maupun kedudukannya dalam organisasi atau kantor (Panji, 1997:1). Bahasa komunikasi ini dapat berubah lewat suatu pemberitahuan, pernyataan, permintaan, laporan atau buah pikiran lain atau isi hati yang ingin disampaikan kepada orang lain.
    Macam surat dapat dilihat dari berbagai tinjauan, salah satunya menurut wujudnya. Surat dapat diklasifikasikan menjadi: 1) Kartu Pos (Post Card), 2) Warkat Pos, 3) Surat Bersampul, 4) Memorandum, dan 5) Nota (Panji, 1997:7).
    Yang termasuk golongan kartu pos adalah segala macam surat yang dibuat dari kertas kartun berukuran 15 cm X 10 cm (Panji, 1997:7). Kartu pos digunakan untuk mengirim berita yang isinya singkat dan tidak mengapa bila dibaca orang lain. Ada dua macam kartu pos, yaitu: 1) Kartu Pos yang dikeluarkan oleh PN POSTEL yang disebut kartu pos resmi, dan 2) Kartu pos yang tidak tidak resmi yang dikeluarkan oleh kantor atau perusahaan (contoh: surat pendengar dalam suatu acara di sebuah radio).
    Surat pendengar merupakan kartu pos resmi yang bertujuan untuk menyampaikan pesan atau isi hati kepada orang lain melalui seorang penyiar pada sebuah stasiun radio yang bisa didengar oleh orang banyak. Penyampaian isi hati melalui surat pendengar ini bermacam-macam tujuannya, ada yang menyampaikan pesan, pemberitahuan, hanya memberi salam pada pendengar yang lain. Semua bisa disampaikan melalui surat pendengar. Bahasa yang digunakan pun sangat beragam, mulai dari bahasa Indonesia, Jawa, Inggris, bahkan banyak yang menggunakan bahasa campuran.
    Penggunaan gaya bahasa surat pendengar bervariasi sementara karakteristik pendengar juga sangat bervariasi, maka memungkinkan terjadinya ada sebagian pendengar yang kurang memahami isi atau makna yang dibacakan pembawa acara. Menurut Aminuddin (1987:72) dijelaskan bahwa gaya bahasa adalah cara mengarang menyampaikan gagasannya dengan menggunakan media bahasa yang indah dan harmonis serta mampu menuansakan makna dan suasana yang dapat menyentuh daya intelektual dan emosi pembaca.
    Di Radio Komunitas Mustika FM, pendengarnya mulai anak-anak sampai bapak-bapak, dan rata-rata di lingkungan pedesaan. Tentu saja penggunaan bahasa mereka dalam surat pembaca sangat beragam. Acara-acara yang disuguhkan di Radio Komunitas Mustika FM juga bermacam-macam. Pagi hari acara dibuka dengan Musik Free, siang hari diisi Pop Indonesia, Sore hari adalah Indiana Jonz, dan di malam hari setiap Jumat diisi dengan acara curahan hati dan lagu.
    Dalam acara curahan hati dan lagu, tiap seminggu sekali tidak kurang dari 10 surat pendengar yang masuk pada acara tersebut. Surat-surat pendengar tersebut bermacam-macam maksud dan tujuannya. Penggunaan bahasanya pun bermacam-macam. Campuran bahasa Indonesia dengan bahasa lain banyak dijumpai pada acara tersebut. Gaya bahasa yang digunakan juga sangat beragam. Bagi mereka, yang penting suratnya bisa terbaca oleh penyiar dan didengar oleh pendengar yang lain.
    Dari uraian di atas, peneliti terdorong untuk menganalisis gaya bahasa yang dipergunakan para pendengar dalam mengungkapkan isi hatinya. Gaya bahasa yang akan diteliti adalah gaya bahasa yang sering dipergunakan pada surat pendengar pada acara Curahan Hati dan lagu di Radio X. Oleh karenanya penulisan ini diberi judul “Analisis Penggunaan Gaya Bahasa Surat Pendengar dalam Acara Curahan Hati dan Lagu di Radio X”.

    1.2 Pembatasan Masalah
    Melihat sangat kompleksnya pembahasan masalah di atas dan terbatasnya waktu, tenaga serta biaya, peneliti hanya membatasi penggunaan gaya bahasa yang dipergunakan pada surat pendengar dalam acara Curahan Hati dan Lagu di Radio X.

    1.3 Rumusan Masalah
    Masalah adalah kesenjangan antara harapan akan sesuatu yang seharusnya (das sollen) dengan kenyataan yang ada (das sain) (Sucipto, 2006:7). Oleh karena itu, dalam penulisan skripsi ini masalah yang hendak dibahas adalah sebagai berikut:
    Bagaimana analisis penggunaan gaya bahasa pada surat pendengar dalam acara Curahan Hati dan Lagu di Radio X?

    1.4 Tujuan Penelitian
    Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan gaya bahasa pada surat pendengar dalam acara Curahan Hati dan Lagu di Radio X.

    1.5 Manfaat Penelitian
    1. Manfaat Teoritis
    Penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan kepada ilmu bahasa terutama dalam analisis penggunaan gaya bahasa.
    2. Manfaat Praktis
    – Bagi penyiar radio dapat menggunakan berbagai macam gaya bahasa
    – Bagi pendengar bisa memahami berbagai macam gaya bahasa.
    Penelitian ini juga diharapkan agar para pembaca dapat mengetahui analisis penggunaan gaya bahasa pada surat pendengar dalam acara Curahan Hati dan lagu di Radio X.

    1.6 Penjelasan Judul
    Judul penelitian ini adalah “Analisis Penggunaan Gaya Bahasa Surat Pendengar dalam Acara Curahan Hati dan Lagu di Radio X”. Penjelasan judul yang dapat diberikan dalam penulisan ini adalah sebagai berikut:
    1. Analisis adalah penyelidikan atau penguraian atas suatu penemuan (Windi, 2006:39).
    2. Penggunaan gaya bahasa adalah merupakan cara penggunaan bahasa secara khusus untuk mendapatkan efek tertentu. Ada beberapa jenis gaya bahasa, yaitu gaya bahasa individu, gaya bahasa golongan sastrawan, aliran tertentu dan gaya bahasa periode. Karena itu penelitian gaya bahasa dapat dilakukan dalam bidang-bidang tersebut, sesuai dengan keperluan. Pengertian gaya bahasa meliputi gaya pada semua aspek bahasa: bunyi, kata dan kalimat. Oleh karena itu penelitian gaya bahasa meliputi gaya kalimat, gaya kata dan gaya bunyi bahasa.
    3. Gaya bahasa adalah sebagai cara pengungkapan pikiran melalui bahasa yang khas yang memperlihatkan jiwa dan kepribadian penulis (pemakai bahasa).
    4. Surat pendengar adalah sehelai kertas yang memuat bahan komunikasi yang disampaikan oleh pendengar radio kepada seorang penyiar untuk dibacakan dan disampaikan kepada pendengar yang lain (Panji, 1997:1).
    5. Acara Curahan Hati dan Lagu adalah salah satu acara yang dikemas stasiun Radio X dengan iringan sajian lagu-lagu pop Kenangan.
    6. Radio X merupakan stasiun radio swasta yang berada di kawasan XX dengan frekwensi 9,5 M.Hz. Radio Komunitas adalah stasiun radio yang hanya dipakai sekelompok komunitas yang ada di sekitar sebagai media hiburan dan informasi.



    Postingan Lainnya;


Terimakasih sudah membaca postingan yang berjudul
Semoga isi dari postingan blog ini bisa bermanfaat, sekali lagi admin jebidal.com ucapkan terima kasih atas kunjungan Anda. Jangan sungkan dan jangan ragu untuk membagikan isi dari blog ini. Silahkan Share Postingan yang membahas tentang Skripsi Analisis Penggunaan Gaya Bahasa Surat Pendengar Dalam Acara Curahan Hati Dan Lagu Di Radio Komunitas X