SKRIPSI KEBIJAKAN PEMERINTAH KABUPATEN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS GURU TAMAN KANAK-KANAK


Admin jebidal.com pada kesempatan kali ini akan mencoba membahas tentang SKRIPSI KEBIJAKAN PEMERINTAH KABUPATEN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS GURU TAMAN KANAK-KANAK

Silahkan langsung Copypaste saja, tetapi baiknya di teliti dulu barang kali ada yang salah ketik baik judul maupun isi postingan SKRIPSI KEBIJAKAN PEMERINTAH KABUPATEN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS GURU TAMAN KANAK-KANAK, jika sudah yakin silahkan dipergunakan sebagaimana mestinya, jika anda beruntung ada link downloadnya, jangan ragu dan bimbang lansung download saja, semoga blog ini memberi manfaat.

Alangkah baiknya Anda membaca dengan teliti, supaya apa apa yang ada di blog ini bisa bermanfaat, jika hasil dari postingan di blog ini kurang memuaskan, silahkan cari di kotak pencarian [Search Here] atau [Search], kalau tidak salah admin taro di bawah artikel postingan [untuk view handphone/ smartphone atau sejenisnya] dan bagian samping kanan [untuk view via destop/ PC/ Laptop dan sejenisnya], dan semoga hasil dari pencarian blog ini dapat mempermudah Anda dalam menjelajah isi blog jebidal.com ini. selamat berselancar.

Postingan Lainnya yang berhubungan dengan SKRIPSI KEBIJAKAN PEMERINTAH KABUPATEN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS GURU TAMAN KANAK-KANAK

  • kumpulan judul skripsi sejarah kebudayaan islam
  • PERNIKAHAN DIBAWAH UMUR DI KECAMATAN KURANJI DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NO 1 TAHUN 1974 DAN KOMPILASI HUKUM ISLAM (STUDI DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN KURANJI)
  • SKRIPSI TENTANG PELAYANAN KESEHATAN PASIEN PESERTA JAMKESMAS
  • SKRIPSI HUBUNGAN FAKTOR LINGKUNGAN FISIK RUMAH DENGAN KE JADIAN PENYAKIT MALARIA DI DESA X
  • SKRIPSI ANALISIS PENGARUH EKSPOR SEKTOR INDUSTRI DAN PENANAMAN MODAL ASING SEKTOR INDUSTRI TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA
  • SKRIPSI PTK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE PADA KONSEP PENGENALAN HARDWARE (MATA PELAJARAN : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI) – (KELAS VII)
  • SKRIPSI IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI TAMAN KANAK-KANAK
  • SKRIPSI PENGARUH METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS ANAK
  • semoga dengan mengunjungi jebidal.com, anda mendapatkan informasi menarik dan dapat bermanfaat bagi anda, dalam situs jebidal.com menitik beratkan pembahasan yang berkaitan dengan pendidikasn, seperti makalah, materi pelajaran, contoh soal ujian dengan jawabannya, contoh skripsi, contoh tesis, dan info menarik serta unik lainnya. Anda sedang membaca postingan yang berjudul SKRIPSI KEBIJAKAN PEMERINTAH KABUPATEN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS GURU TAMAN KANAK-KANAK
    Admin jebidal.com juga mempermudah pengunjung untuk mendapatkan manfaat dari blog jebidal.com, silahkan jelajahi setiap sudut dari blog ini, semoga menemukan yang Anda cari. Selamat menelusuri blog ini. Anda sedang membaca postingan yang berjudul SKRIPSI KEBIJAKAN PEMERINTAH KABUPATEN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS GURU TAMAN KANAK-KANAK.

    Jika Anda ingin mendapatkan update dari blog jebidal.com, silahkan follow twitter @jebidal, ini link langsungnya @jebidal
    Jika Anda lebih suka mainan facebook jangan ragu untuk like fan page jebidal.com ini link langsungnya Jebidal.com on Facebook
    dan jika Anda lebih betah menggunakan akun Gplus Anda, jebidal.com juga punya silahkan follow saja, ini link langsungnya jebidal.com on Gplus

    Mari Kita simak lebih detailnya tentang SKRIPSI KEBIJAKAN PEMERINTAH KABUPATEN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS GURU TAMAN KANAK-KANAK

    SKRIPSI KEBIJAKAN PEMERINTAH KABUPATEN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS GURU TAMAN KANAK-KANAK

     
     
    BAB I 
    PENDAHULUAN
     
    A. Latar Belakang
    Masalah dan tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia dalam memenuhi hak setiap warga negara memperoleh pendidikan yang berkualitas sesuai dengan kemampuan Intelektual dan fisiknya kelihatannya masih belum dapat diatasi secara tuntas. Persoalan mutu Pendidikan Nasional juga masih belum sepenuhnya seperti yang diharapkan.
    Menanggulangi masalah pemerataan dan perluasan akses memperoleh pendidikan dan peningkatan mutu, relevansi, dan daya saing sekaligus di dalam waktu yang bersamaan merupakan hal yang rumit. Permasalahan pendidikan tidaklah berdiri sendiri tetapi terkait dengan aspek masukan, proses, dan keluaran. Masukan pendidikan mencakup antara lain peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan, kurikulum, sarana dan prasarana pendidikan, dana dan perangkat peraturan-peraturan dan perundang-undangan yang berlaku serta lingkungan. Masing-masing komponen masukan ini memiliki karakteristik yang sangat majemuk dan sulit dapat distandarkan.
    Salah satu komponen masukan yang sangat strategis adalah ketersediaan Guru TK yang secara kuantitas dan kualitas masih belum memenuhi kebutuhan khususnya di Kabupaten X.
    Di samping jumlah dan kemampuan pendidik yang diperlukan beraneka ragam, karakteristik peserta didiknya juga sangat majemuk dilihat dari usia, latar belakang pendidikan sosial, ekonomi dan budaya. Rentang dan jangkauan Guru TK semakin meluas apabila dibawa ke konteks pendidikan sepanjang hayat yang berarti permasalahannya pun semakin kompleks termasuk berkaitan dengan Guru TK yang dibutuhkan.
    Untuk menanggulangi masalah mutu pendidik itu program peningkatan mutu Guru TK di bertujuan untuk meningkatkan kecukupan jumlah Guru TK, meningkatkan kemampuannya, kemampuan melaksanakan administrasi, pengelolaan, pengembangan, pengawasan dan pelayanan teknis untuk menunjang proses pendidikan dan pembelajaran pada setiap satuan Pendidikan Anak Usia Dini.
    Pasal 5 ayat 1 Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menyatakan setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan yang bermutu, berarti bahwa tanggung jawab penyelenggaraan Sistem Pendidikan Nasional untuk menjamin warga negara Indonesia, siapapun dan dimanapun akan dapat memperoleh pendidikan yang bermutu. Untuk itulah dalam penyelenggaraan pendidikan Nasional dikenal Standar Nasional dan Akreditasi Pendidikan.
    Berkaitan dengan pemahaman tentang pentingnya setiap peserta didik memperoleh pendidikan bermutu yang dapat dipertanggungjawabkan secara kependidikan dan profesional, upaya peningkatan kualitas Guru TK harus dipahami sebagai upaya meratakan mutu pelayanan Guru TK pada Pemerintah Kabupaten X.

    Seiring dengan meningkatnya tuntutan mutu pendidikan, lembaga pendidikan semakin berbenah diri. Salah satu komponen penyelenggaraan pendidikan yang banyak disorot adalah pendidik atau guru, baik secara kualitas maupun secara kuantitas. Disadari bahwa pendidik merupakan garda terdepan pendidikan yang langsung berhubungan dengan peserta didik. Oleh karena itu tidak heran apabila mutu pendidikan sangat ditentukan oleh kualitas pendidikan.

    Kondisi dan fakta yang dapat diamati di wilayah bahwa ketersediaan Guru TK yang secara kuantitas dan kualitas masih belum memenuhi kebutuhan, di samping itu adanya faktor yang sangat mempengaruhi mutu para Guru TK adalah faktor ekonomi sehingga belum dapat memenuhi standar kualifikasi pendidikan yaitu (S1) Sarjana. Hal lainnya adalah belum dibentuknya Peraturan Daerah yang di dalamnya membahas tentang peningkatan kualitas pendidik, khususnya Guru TK di sehingga upaya menuju profesionalitas Guru TK dirasakan masih banyak menemui hambatan, padahal profesionalitas Guru PAUD menjadi investasi berharga bagi kemajuan bangsa, karena berbagai studi telah membuktikan bahwa pengembangan dan pendidikan anak usia dini merupakan investasi yang strategis dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
    Perubahan dalam pengembangan sumber daya manusia yang terjadi sekarang ini, di wilayah dalam pendidikan khususnya dalam komponen tenaga Guru TK prosesnya menemui berbagai permasalahan. Permasalahan tersebut baik bersifat klasikal maupun kontemporer seiring dengan perubahan yang berlangsung. Permasalahan memang tidak dapat dihindari dalam setiap interaksi. Akan tetapi bila tidak diupayakan solusinya dari permasalahan tersebut akan besar. Adapun permasalahan yang melekat dalam pengembangan tenaga Guru TK di yaitu pertama masalah tenaga pendidik yang belum memenuhi persyaratan dan kualifikasi sebagai pendidik atau Guru TK. Yang kedua masalah sistem dan manajemen, yaitu masih lemahnya dalam membangun sistem struktur kendali di Pemerintahan Daerah X, sehingga manajemen belum dapat berjalan sebagaimana mestinya.
    B. Fokus Penelitian
    Penelitian tentang Kebijakan Pemerintah ini akan difokuskan di Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten (DIKPORA) berdasarkan tugas pokok dan fungsi DIKPORA.
    C. Rumusan Masalah
    Adapun permasalahan yang akan dikemukakan selaras dengan fokus penelitian seperti tersebut di atas :
    1. Bagaimana Kebijakan Pemerintah melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga dalam upaya peningkatan kualitas Guru TK ?
    2. Apa saja hambatan-hambatan yang dihadapi dalam upaya peningkatan kualitas Guru TK ?
    3. Bagaimana Strategi dalam peningkatan kualitas Guru TK di Kabupaten Y ?
    D. Tujuan Penelitian
    1. Untuk mengetahui Kebijakan Pemerintah melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga dalam upaya peningkatan kualitas Guru TK.
    2. Untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi dalam upaya peningkatan kualitas Guru TK.
    3. Untuk mengetahui strategi dalam peningkatan kualitas Guru TK.
    E. Manfaat Penelitian
    1. Bagi Mahasiswa
    Sebagai wahana untuk melatih pemikiran dan penerapan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh dalam penyusunan karya ilmiah.
    2. Bagi Pemerintah Daerah
    Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan kajian dalam membuat kebijakan-kebijakan pendidikan yang berkaitan dengan upaya peningkatan kualitas pendidik anak usia dini khususnya Guru Taman Kanak-Kanak.
    3. Bagi Guru Taman Kanak-kanak
    Hasil penelitian ini diharapkan dapat menunjang proses pendidikan dan pembelajaran pada setiap satuan pendidikan Taman Kanak-kanak.
    4. Bagi Ilmu Pengetahuan
    Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah perbendaharaan ilmu pengetahuan yang telah ada.

    Other articles you might like;

    Postingan Lainnya;


Terimakasih sudah membaca postingan yang berjudul
Semoga isi dari postingan blog ini bisa bermanfaat, sekali lagi admin jebidal.com ucapkan terima kasih atas kunjungan Anda. Jangan sungkan dan jangan ragu untuk membagikan isi dari blog ini. Silahkan Share Postingan yang membahas tentang SKRIPSI KEBIJAKAN PEMERINTAH KABUPATEN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS GURU TAMAN KANAK-KANAK

cari di kotak pencarian ini