SKRIPSI PTK UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA MELALUI MEDIA DONGENG


Admin jebidal.com pada kesempatan kali ini akan mencoba membahas tentang SKRIPSI PTK UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA MELALUI MEDIA DONGENG

Silahkan langsung Copypaste saja, tetapi baiknya di teliti dulu barang kali ada yang salah ketik baik judul maupun isi postingan SKRIPSI PTK UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA MELALUI MEDIA DONGENG, jika sudah yakin silahkan dipergunakan sebagaimana mestinya, jika anda beruntung ada link downloadnya, jangan ragu dan bimbang lansung download saja, semoga blog ini memberi manfaat.

Alangkah baiknya Anda membaca dengan teliti, supaya apa apa yang ada di blog ini bisa bermanfaat, jika hasil dari postingan di blog ini kurang memuaskan, silahkan cari di kotak pencarian [Search Here] atau [Search], kalau tidak salah admin taro di bawah artikel postingan [untuk view handphone/ smartphone atau sejenisnya] dan bagian samping kanan [untuk view via destop/ PC/ Laptop dan sejenisnya], dan semoga hasil dari pencarian blog ini dapat mempermudah Anda dalam menjelajah isi blog jebidal.com ini. selamat berselancar.

Postingan Lainnya yang berhubungan dengan SKRIPSI PTK UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA MELALUI MEDIA DONGENG

  • kumpulan judul skripsi sejarah kebudayaan islam
  • PERNIKAHAN DIBAWAH UMUR DI KECAMATAN KURANJI DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NO 1 TAHUN 1974 DAN KOMPILASI HUKUM ISLAM (STUDI DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN KURANJI)
  • SKRIPSI TENTANG PELAYANAN KESEHATAN PASIEN PESERTA JAMKESMAS
  • SKRIPSI HUBUNGAN FAKTOR LINGKUNGAN FISIK RUMAH DENGAN KE JADIAN PENYAKIT MALARIA DI DESA X
  • SKRIPSI ANALISIS PENGARUH EKSPOR SEKTOR INDUSTRI DAN PENANAMAN MODAL ASING SEKTOR INDUSTRI TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA
  • SKRIPSI PTK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE PADA KONSEP PENGENALAN HARDWARE (MATA PELAJARAN : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI) – (KELAS VII)
  • SKRIPSI IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI TAMAN KANAK-KANAK
  • SKRIPSI PENGARUH METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS ANAK
  • semoga dengan mengunjungi jebidal.com, anda mendapatkan informasi menarik dan dapat bermanfaat bagi anda, dalam situs jebidal.com menitik beratkan pembahasan yang berkaitan dengan pendidikasn, seperti makalah, materi pelajaran, contoh soal ujian dengan jawabannya, contoh skripsi, contoh tesis, dan info menarik serta unik lainnya. Anda sedang membaca postingan yang berjudul SKRIPSI PTK UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA MELALUI MEDIA DONGENG
    Admin jebidal.com juga mempermudah pengunjung untuk mendapatkan manfaat dari blog jebidal.com, silahkan jelajahi setiap sudut dari blog ini, semoga menemukan yang Anda cari. Selamat menelusuri blog ini. Anda sedang membaca postingan yang berjudul SKRIPSI PTK UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA MELALUI MEDIA DONGENG.

    Jika Anda ingin mendapatkan update dari blog jebidal.com, silahkan follow twitter @jebidal, ini link langsungnya @jebidal
    Jika Anda lebih suka mainan facebook jangan ragu untuk like fan page jebidal.com ini link langsungnya Jebidal.com on Facebook
    dan jika Anda lebih betah menggunakan akun Gplus Anda, jebidal.com juga punya silahkan follow saja, ini link langsungnya jebidal.com on Gplus

    Mari Kita simak lebih detailnya tentang SKRIPSI PTK UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA MELALUI MEDIA DONGENG

    SKRIPSI PTK UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA MELALUI MEDIA DONGENG (FISIKA KELAS VII)-L 

     
     
    BAB I 
    PENDAHULUAN
     
    A. Latar Belakang Masalah
    Pendidikan merupakan bagian penting dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDA). Pembelajaran yang terjadi di dalamnya merupakan sebuah interaksi antara guru dan siswa. Dan pembelajaran tersebut dikatakan berhasil jika terjadi proses perubahan siswa dari yang belum paham menjadi paham.
    Minat anak dalam belajar sangat menentukan proses dan hasil belajar anak. Anak yang berminat belajar cenderung akan bersemangat dalam pembelajaran, suka memperhatikan penjelasan dari guru, mencatat dan memiliki prestasi belajar yang baik. Hal ini berlawanan dengan siswa yang tidak berminat untuk belajar, mereka cenderung malas untuk belajar.
    SMPN X merupakan salah satu sekolah berprestasi di X. Namun sebagian besar siswa disana masih menjadikan mata pelajaran fisika sebagai momok atau hal yang membosankan. dan hal ini dipengaruhi oleh rendahnya minat belajar fisika siswa.
    Berdasarkan hasil wawancara dengan seorang guru mata pelajaran IPA (fisika) kelas VIIA dan VIIB SMP Negeri X bahwa minat belajar siswa dalam belajar IPA (fisika) masih sangat rendah dengan indikator-indikator sebagai berikut : kurangnya perhatian siswa terhadap penjelasan guru saat kegiatan belajar mengajar berlangsung, siswa malas mencatat konsep-konsep materi, banyak siswa yang ramai dengan aktivitas di luar instruksi guru dan sikap duduk siswa yang kelihatan malas-malasan.
    Minat belajar siswa dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal mencangkup kebutuhan, tipe-tipe khusus orang dan usia. Sedangkan faktor eksternal dipengaruhi oleh lingkungan dan tradisi yang berkembang dalam masyarakat.
    Dengan melihat kondisi sosial dan kultur yang berkembang dalam masyarakat X, dimana keyakinan terhadap mitos masih melekat kuat dan letak daerah yang jauh dari perkotaan. Maka media dongeng sebagai alternatif dalam upaya meningkatkan minat belajar siswa terhadap fisika perlu diterapkan.
    B. Penegasan Istilah
    1. Upaya
    Upaya merupakan usaha yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan. Dalam hal ini adalah suatu usaha dalam meningkatkan belajar siswa.
    2. Minat
    Minat adalah suatu rasa lebih suka dan rasa keterikatan pada suatu hal atau aktivitas tanpa ada yang menyuruh (Rooijakkers, 1990 : 180)
    3. Tinjauan Belajar
    Sebagai landasan penguraian mengenai apa yang dimaksud dengan belajar terlebih dahulu akan dikemukakan beberapa definisi antara lain :
    a. Menurut B.F. Skinner
    Belajar adalah suatu proses adaptasi atau penyesuaian tingkah laku yang berlangsung secara progresif.
    b. Menurut Chaplain
    Belajar adalah perolehan perubahan tingkah laku yang relative menetap sebagai akibat latihan dan pengalaman, serta proses memperoleh respon-respon sebagai akibat adanya latihan khusus.
    c. Hintzman
    Belajar adalah suatu perubahan yang terjadi dalam diri organisme (manusia atau hewan) disebabkan oleh pengalaman yang dapat mempengaruhi tingkah laku organisme tersebut.
    Sehingga dapat disimpulkan pembelajaran fisika adalah proses atau cara orang dalam belajar fisika.
    4. Tinjauan Tentang Media
    Media berasal dari bahasa latin “Medius” yang berarti di tengah, sarana, bahan-bahan atau alat-alat ungkapan dalam suatu bidang seni. Dalam proses komunikasi media dapat dijadikan media untuk dapat saling memahamkan antara penyampai dengan penerima informasi. Dalam metodologi pengajaran ada dua aspek yang paling menonjol yakni metode mengajar dan media pengajaran.
    5. Tinjauan Tentang Dongeng
    Dongeng adalah cerita singkat tentang hal-hal yang aneh dan tidak masuk akal, berbagai keajaiban dan kesaktian; biasanya mengisahkan dewa, raja, pangeran dan puteri. Dongeng terbagi beberapa tipe; dongeng kosmogoni tentang penciptaan alam semesta, dongeng etiologi tentang asal-usul sesuatu, dongeng mitologi, dongeng hewan (fabula), dongeng jenaka, dan sebagainya. Dongeng merupakan pengungkapan diri manusia, tempat mencari hiburan dan memenuhi angan-angannya (ensiklopedi Indonesia 1987 : 854).
    C. Perumusan Masalah
    Sesuai latar belakang yang diuraikan diatas, maka permasalahan penelitian ini adalah “Apakah pembelajaran melalui media dongeng dapat meningkatkan minat belajar fisika pada siswa kelas VII SMP Negeri X”.
    D. Tujuan Penelitian
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan minat belajar siswa dengan pembelajaran melalui media dongeng pada siswa kelas VII SMP Negeri X.
    E. Manfaat Penelitian
    Manfaat dari penelitian ini adalah :
    1. Bagi Siswa
    Dengan pembelajaran melalui media dongeng, diharapkan :
    a. Siswa dapat lebih siap dalam mengikuti proses belajar mengajar.
    b. Meningkatkan kepekaan sosial bagi siswa.
    2. Bagi Guru
    Dengan melakukan pembelajaran melalui media dongeng, guru dapat mendeskripsikan materi pelajaran dengan jelas. Hal ini didukung penerapan materi dalam dongeng.
    3. Bagi Sekolah
    Untuk mendapatkan kontribusi guna memperbaiki media pembelajaran guna meningkatkan kualitas siswa sebagai subyek didik.

    Other articles you might like;

    Postingan Lainnya;


Terimakasih sudah membaca postingan yang berjudul
Semoga isi dari postingan blog ini bisa bermanfaat, sekali lagi admin jebidal.com ucapkan terima kasih atas kunjungan Anda. Jangan sungkan dan jangan ragu untuk membagikan isi dari blog ini. Silahkan Share Postingan yang membahas tentang SKRIPSI PTK UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA MELALUI MEDIA DONGENG

cari di kotak pencarian ini