tips menulis makalah


Admin jebidal.com pada kesempatan kali ini akan mencoba membahas tentang tips menulis makalah

Silahkan langsung Copypaste saja, tetapi baiknya di teliti dulu barang kali ada yang salah ketik baik judul maupun isi postingan tips menulis makalah, jika sudah yakin silahkan dipergunakan sebagaimana mestinya, jika anda beruntung ada link downloadnya, jangan ragu dan bimbang lansung download saja, semoga blog ini memberi manfaat.

Alangkah baiknya Anda membaca dengan teliti, supaya apa apa yang ada di blog ini bisa bermanfaat, jika hasil dari postingan di blog ini kurang memuaskan, silahkan cari di kotak pencarian [Search Here] atau [Search], kalau tidak salah admin taro di bawah artikel postingan [untuk view handphone/ smartphone atau sejenisnya] dan bagian samping kanan [untuk view via destop/ PC/ Laptop dan sejenisnya], dan semoga hasil dari pencarian blog ini dapat mempermudah Anda dalam menjelajah isi blog jebidal.com ini. selamat berselancar.

Postingan Lainnya yang berhubungan dengan tips menulis makalah

  • Contoh Soal Anggaran Produksi dan Penyelesaiannya
  • Hadits Tentang Larangan Korupsi dan Kolusi
  • Faktor Penyebab Terjadinya Monopoli
  • makalah tentang pajak kendaraan bermotor
  • Makalah SUMBER-SUMBER HUKUM ISLAM
  • PENGERTIAN BERKAH
  • Makalah Manajemen Perpustakaan
  • Makalah Kecerdasan Matematis Logis
  • semoga dengan mengunjungi jebidal.com, anda mendapatkan informasi menarik dan dapat bermanfaat bagi anda, dalam situs jebidal.com menitik beratkan pembahasan yang berkaitan dengan pendidikasn, seperti makalah, materi pelajaran, contoh soal ujian dengan jawabannya, contoh skripsi, contoh tesis, dan info menarik serta unik lainnya. Anda sedang membaca postingan yang berjudul tips menulis makalah
    Admin jebidal.com juga mempermudah pengunjung untuk mendapatkan manfaat dari blog jebidal.com, silahkan jelajahi setiap sudut dari blog ini, semoga menemukan yang Anda cari. Selamat menelusuri blog ini. Anda sedang membaca postingan yang berjudul tips menulis makalah. Jika Anda ingin mendapatkan update dari blog jebidal.com, silahkan follow twitter @jebidal, ini link langsungnya @jebidal
    Jika Anda lebih suka mainan facebook jangan ragu untuk like fan page jebidal.com ini link langsungnya Jebidal.com on Facebook
    dan jika Anda lebih betah menggunakan akun Gplus Anda, jebidal.com juga punya silahkan follow saja, ini link langsungnya jebidal.com on Gplus

    Mari Kita simak lebih detailnya tentang tips menulis makalah

    tips menulis makalah

    Tips Menulis Makalah

    Topik makalah yang menurut kamu membosankan, bisa saja menjadi menarik jika kamu berhasil melakukan pendekatan yang tepat. Sayangnya, tidak ada batasan yang pasti tentang bagaimana metode menulis makalah yang baik. Meskipun demikian, ada beberapa tips yang bisa kamu jadikan pedoman sebelum kamu mulai menulis makalah. Tips-tipsnya adalah :

    • Harus mampu menjawab persoalan

    Tujuan utama membuat makalah adalah menjawab suatu persoalan. Kalau makalah yang kamu buat tidak bisa menjawab persoalan yang ada, maka bisa dikatakan makalah kamu telah gagal.

    • Harus original

    Makalah yang kamu buat harus merupakan hasil keringat kamu sendiri, bukan copyan, bukan contekan. Boleh mengutip dari artikel lain tetapi sebutkan sumbernya. Jangan mengaku-aku hasil tulisan orang lain.

    • Jadi diri kamu sendiri

    Menulislah dengan gaya kamu sendiri. Jangan meniru-niru gaya penulisan orang lain. Boleh bereksperimen, asalkan tetap pada koridor menulis makalah yang baik.

    • Jangan terlalu banyak mengumbar kata-kata

    Beberapa pelajar mempunyai pemikiran semakin banyak isi akan menjadikan makalah mereka makin bagus. Isi yang banyak boleh-boleh saja, asalkan tetap menggunakan kaidah penulisan makalah yang baik. Jangan mengulang-ulang penulisan dan jangan berputar-putar.

    • Berikan penekanan pada bab pendahuluan

    Pembaca makalah kamu pertama kali akan melihat bab pendahuluan. Jika pada bab ini dirasa membosankan, maka mereka tidak akan meneruskan membaca makalah kamu. Jadi, berikan penekanan pada bab ini untuk menarik perhatian mereka sejak awal. Akan tetapi, jangan merangkum isi makalah kamu pada bab ini, sebab jika kamu lakukan itu, pembaca akan berhenti membaca makalah kamu segera setelah selesai pada bab ini. Buatlah bab pendahuluan ini menjadi misteri untuk bab selanjutnya, sehingga pembaca akan penasaran untuk membaca kelanjutannya.

    • Bab isi harus berkaitan dengan bab pendahuluan

    Bab pendahuluan harus original, dan bab isi yang mengikutinya harus berkaitan/berhubungan.

    • Beri perhatian ekstra pada bab isi

    Ada beberapa hal yang harus kamu beri perhatian lebih, diantaranya :
    – Struktur kalimat yang bervariasi
    – Gunakan kalimat aktif
    – Apakah penggunaan kata penghubung sudah tepat
    – Apakah isi makalah kamu mudah diingat
    – Apakah bahasanya tidak bertele-tele

    • Kesimpulan adalah penting

    Kesimpulan tidak harus merupakan rangkuman dari bab isi, pembaca tidak harus diingatkan lagi apa yang baru saja mereka baca. Tetapi kesimpulan harus merupakan buah pokok pikiran kamu.

    • Revisi

    Setelah makalah kamu jadi, baca kembali makalah kamu, hapus paragraf yang tidak perlu atau tambah paragraf yang kurang. Lihat kembali apakah ada kesalahan penulisan, kemudian lihat juga apakah pendahuluan dan kesimpulan kamu lebih panjang dari pada isi.
    Mengedit membutuhkan waktu, jadi bersabarlah. Setelah revisi selesai, kamu akan lihat kalau makalah kamu sudah menjadi lebih baik.

    Selamat menulis,



    Postingan Lainnya;


Terimakasih sudah membaca postingan yang berjudul
Semoga isi dari postingan blog ini bisa bermanfaat, sekali lagi admin jebidal.com ucapkan terima kasih atas kunjungan Anda. Jangan sungkan dan jangan ragu untuk membagikan isi dari blog ini. Silahkan Share Postingan yang membahas tentang tips menulis makalah