Validitas dan Realibilitas


Admin jebidal.com pada kesempatan kali ini akan mencoba membahas tentang Validitas dan Realibilitas

Silahkan langsung Copypaste saja, tetapi baiknya di teliti dulu barang kali ada yang salah ketik baik judul maupun isi postingan Validitas dan Realibilitas, jika sudah yakin silahkan dipergunakan sebagaimana mestinya, jika anda beruntung ada link downloadnya, jangan ragu dan bimbang lansung download saja, semoga blog ini memberi manfaat.

Alangkah baiknya Anda membaca dengan teliti, supaya apa apa yang ada di blog ini bisa bermanfaat, jika hasil dari postingan di blog ini kurang memuaskan, silahkan cari di kotak pencarian [Search Here] atau [Search], kalau tidak salah admin taro di bawah artikel postingan [untuk view handphone/ smartphone atau sejenisnya] dan bagian samping kanan [untuk view via destop/ PC/ Laptop dan sejenisnya], dan semoga hasil dari pencarian blog ini dapat mempermudah Anda dalam menjelajah isi blog jebidal.com ini. selamat berselancar.

Postingan Lainnya yang berhubungan dengan Validitas dan Realibilitas

  • Contoh Soal Anggaran Produksi dan Penyelesaiannya
  • Hadits Tentang Larangan Korupsi dan Kolusi
  • Faktor Penyebab Terjadinya Monopoli
  • makalah tentang pajak kendaraan bermotor
  • Makalah SUMBER-SUMBER HUKUM ISLAM
  • PENGERTIAN BERKAH
  • Makalah Manajemen Perpustakaan
  • Makalah Kecerdasan Matematis Logis
  • semoga dengan mengunjungi jebidal.com, anda mendapatkan informasi menarik dan dapat bermanfaat bagi anda, dalam situs jebidal.com menitik beratkan pembahasan yang berkaitan dengan pendidikasn, seperti makalah, materi pelajaran, contoh soal ujian dengan jawabannya, contoh skripsi, contoh tesis, dan info menarik serta unik lainnya. Anda sedang membaca postingan yang berjudul Validitas dan Realibilitas
    Admin jebidal.com juga mempermudah pengunjung untuk mendapatkan manfaat dari blog jebidal.com, silahkan jelajahi setiap sudut dari blog ini, semoga menemukan yang Anda cari. Selamat menelusuri blog ini. Anda sedang membaca postingan yang berjudul Validitas dan Realibilitas. Jika Anda ingin mendapatkan update dari blog jebidal.com, silahkan follow twitter @jebidal, ini link langsungnya @jebidal
    Jika Anda lebih suka mainan facebook jangan ragu untuk like fan page jebidal.com ini link langsungnya Jebidal.com on Facebook
    dan jika Anda lebih betah menggunakan akun Gplus Anda, jebidal.com juga punya silahkan follow saja, ini link langsungnya jebidal.com on Gplus

    Mari Kita simak lebih detailnya tentang Validitas dan Realibilitas

    Validitas dan Realibilitas

    1.1 Pengertian Validitas

    Validitas berasal dari kata validity yang mempunyai arti sejauh mana ketepatan dan kecermatan suatu alat ukur dalam melakukan fungsi ukurnya.suatu tes atau instrument pengukur dapat dikatakan mempunyai validitas yang tinggi apabila alat tersebut menjalankan fungsi ukurnya, atau memberikan hasil ukur yang sesuai dengan maksud dilakukannya pengukuran tersebut.

    1.2 Jenis-jenis Validitas

    1.2.1 Validitas Logis yaitu instrument yang memenuhi persyaratan valid berdasarkan hasil penalaran, kondisi valid tersebut dipandang terpenuhi karena instrument yang bersangkutan sudah dirancang dengan baik, mengikuti teori dan ketentuan yang ada. Ada dua macam validitas logis, yaitu validitas isi dan validitas konstruksi.

      1.2.2 Validitas Empirik yaitu Instrumen dapat dikatakan memiliki validitas apabila sudah diuji dari pengalaman. Ada dua macam validitas empiric, yaitu validitas concurrent/congruent dan validitas presiksi.

    1.4 Pengertian Realibilitas

    Menurut Arikunto kata realibilitas dalam bahasa Indonesia diambil dari kata reliability dalam bahasa Inggris, berasal dari kata reliable yang artinya dapat dipercaya. Realibilitas merupakan kata benda, sedangkan reliable merupakan kata sifat atau kata keadaan. Sebuah tes dikatakan reliable apabila hasil-hasil tes tersebut menunjukkan ketetapan.

    1.5 Hal-hal yang Mempengaruhi Reliabilitas

    • Hal yang berhubungan dengan tes itu sendiri baik panjangnya maupun kualitasnya (keluasan sample yang diambil)
    • Perbedaan bakat dan kemampuan siswa yang dites
    • Hal yang berhubungan dengan penyelenggaraan tes

    1.6 Jenis-jenis Realibilitas

    1.6.1 Metoda Tes Ulang, dilakukan untuk menghindari penyusun dua seri tes. Dalam menggunakan teknik atau metode ini pengetes hanya memiliki satu seri tes tetapi dicoba dua kali.

    1.6.2 Metode Bentuk Setara, mengembangkan dua perangkat tes yang diturunkan dari ruang lingkup materi yang sama, sehingga memiliki dua bentuk yang berbeda.

    1.6.3 Cara Belah Dua (Metode Belah Dua), ada dua cara membelah butir soal, yaitu : (1) Membelah atas item-item genap dan item-item ganjil yang selanjutnya disebut belahan ganjil-genap, dan (2) Membelah atas item-item awal dan item-item akhir yaitu separo jumlah pada nomor-nomor awal dan separo pada nomor-nomor akhir yang selanjutnya disebut belahan awal-akhir.

    1.6.4 Cara Kuder Richardson, cara mengkorelasikan skor-skor setiap item dengan total keseluruhan tes. Indeks reliabilitas yang didapat metode paruhan, koefesien internal. Menurut cara ini bahwasannya butir soal yang reliable harus berkorelasi satu sama lain karena setiap butir soal mengukur karakteristik yang sama.



    Postingan Lainnya;


Terimakasih sudah membaca postingan yang berjudul
Semoga isi dari postingan blog ini bisa bermanfaat, sekali lagi admin jebidal.com ucapkan terima kasih atas kunjungan Anda. Jangan sungkan dan jangan ragu untuk membagikan isi dari blog ini. Silahkan Share Postingan yang membahas tentang Validitas dan Realibilitas